Fashion

Tips Agar Nyaman Memakai Sepatu High Heels

  by: Cindy Herin       23/9/2017
  • Well, tak bisa dipungkiri memakai high heels adalah jalan pintas untuk menunjang penampilan Anda. Tampilan yang lebih cantik dan feminin serta dapat membuat postur tubuh lebih tinggi membuat fashion item satu ini menjadi incaran wajib setiap wanita. Tetapi istilah beauty is pain memang bisa dinobatkan bagi Anda yang mengenakan sepatu hak tinggi ini. Yup, seringkali Anda merasa sakit, lecet, dan jari-jari kaki atau tumit Anda pun kapalan. Berikut beberapa tips dari Cosmo agar tetap nyaman saat mengenakan high heels. Simak!

    1. Pilih sepatu yang haknya tidak terlalu tinggi atau terlalu runcing. Batas yang aman untuk mengenakan high heels setiap hari adalah 5 cm. Jika Anda ingin memakai sepatu yang lebih tinggi, sebaiknya jangan dipakai terlalu sering, ladies!  

    2. Pastikan kalo ukuran sepatu hak tinggi Anda tidak terlalu kekecilan atau kebesaran. Sebaiknya, Anda membelinya pada saat malam hari, karena pada saat malam hari ukuran kaki akan memuai. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan ukuran high heels yang nyaman untuk dikenakan.



    3. Gunakan stocking, sol tambahan khusus atau kaos kaki yang khusus melindungi kaki Anda agar tidak mudah lecet.

    [Baca juga : Efek Buruk High Heels Bagi Kesehatan]

    4. Bagi Anda yang tetap ingin gaya saat memakai high heels namun belum terbiasa, pilihlah sepatu hak tinggi dengan bagian depan kaki yang lebar dan terbuka. Hindari menggunakan high heels dengan bagian depan kaki yang runcing dan tertutup seperti stiletto, ladies! Jika Anda menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, maka akan muncul benjolan pada ibu jari atau jari kelingking kakimu.

    5. Jika sepatu Anda tidak terlalu sering digunakan sebaiknya dicoba dulu selama beberapa jam agar kaki Anda bisa menyesuaikan dengan sepatu tersebut.

    6. Usai mengenakan sepatu hak tinggi, rendam kaki Anda di air hangat yang telah dicampur garam selama 20 menit. Dijamin kaki Anda akan terasa lebih rileks dan nyaman.

    7. Cobalah untuk melakukan peregangan sebelum menggunakan high heels agar aliran darah dapat berjalan dengan lancar. Ambil posisi dengan meletakkan kedua tangan di lantai lalu tarik kaki ke belakang dengan jarak sekitar satu meter sehingga posisi tubuh membentuk seperti segitiga.



    [Baca juga : Bahaya Mengenakan Sepatu Hak Tingg]

    8. Esoknya istirahatkan sejenak sepatu hak tinggi Anda, pilih dulu flat shoes yang gaya. Atau jika tetap tidak bisa meninggalkan high heels, gunakan bantalan gel khusus kaki yang banyak dijual di tempat servis sepatu.

    9. Oleskan krim pelembab khusus kaki setiap sebelum tidur. Jika tidak ada Anda bisa mengoleskan body butter terutama di bagian yang keras atau kapalan.

    10. Berikan kesempatan kepada kaki Anda untuk beristirahat. Carilah kesempatan untuk Anda melonjorkan kaki atau paling tidak duduk di tengah berlangsungnya acara. Anda bisa mencuri waktu untuk mengistirahatkan kaki atau paling tidak setiap lima jam sekali.

     

    (Cindy Herin/AP/Foto : instagram @louboutinworld)