Love & Sex

Tips Untuk Hubungan Beda Agama

  by: Salli Sabarrang       26/9/2017
  • Untuk Anda yang tinggal di Indonesia, hubungan beda agama memang terbilang perihal yang pelik, seakan tidak ada jalan keluar. Bahkan tidak jarang kasus ini membuat kandasnya hubungan dua orang yang saling menyayangi dan sudah cocok satu dengan yang lainnya. Sepertinya kalau sudah beda keyakinan, dua orang tak mungkin bisa disatukan lagi. Bagi Anda yang terlibat hubungan beda agama, mungkin beberapa tips dari Cosmo berikut bisa memberikan jalan keluar.

    Pikirkan Secara Matang

    Sebelum memulai hubungan beda agama, sebaiknya Anda pikirkan secara matang karena tentunya beda agama butuh perjuangan ekstra. Kadang hambatan itu datang dari pihak keluarga yang menentang pernikahan beda agama dan memaksa agar Anda mengakhiri hubungan. Jika Anda dan si dia tidak siap dengan segala konsekuensi, hindarilah untuk memulai hubungan ini. Lebih baik Anda merasa patah hati di awal.



    Bicarakan

    Tentunya Anda wajib membicarakan perbedaan ini dan segala konsekuensinya bersama pasangan. Anda tentu harus kompak dan satu suara. Jangan sampai nanti belakangan Anda atau dia tiba-tiba mengungkapkan bahwa akan berlanjut ke tahap yang lebih serius bila salah satu dari kalian pindah agama.

    Saling Menghargai

    Belum cukup sampai itu saja, menghargai juga berarti Anda harus menghilangkan niatan untuk merubah keyakinannya sesuai dengan Anda. Pindah keyakinan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Keyakinan merupakan relasi vertikal dengan Tuhan sehingga tidak bisa disikapi dengan sembarangan. Toh, pindah keyakinan bukan berarti permasalahan itu akan selesai. Tentunya pihak keluarga dan lingkungan akan ikut berbicara

    Bersikap Toleran



    Selama membangun hubungan dengannya, Anda harus toleran dan sekali-kali berusaha memahami pasangan melalui agamanya. Bukan berarti Anda akan pindah ke agamanya ataupun sebaliknya, tapi paling tidak kalian mau membuka diri pada hal yang sangat bermakna bagi pasangan. Anda bisa mencoba datang ke rumah ibadah masing-masing atau saling menemani saat menjalankan ibadah keagamaan.

    Ungkapkan Pada Keluarga

    Kadang yang menjadi hambatan utama dalam menjalin hubungan beda agama adalah pihak keluarga. Jadi sebaiknya di awal hubungan Anda sudah harus memperkenalkan sekaligus memberitahu background si dia kepada keluarga Anda. Jangan sampai Anda dan dia memilih untuk backstreet. Meski Anda menyembunyikan hubungan ini seperti menyimpan barang berharga di dalam laci yang suatu saat pasti akan terlihat oleh orang tua Anda. Jadi sebelum orang tua mengetahuinya dari mulut orang lain alangkah lebih baik bila Anda yang sharing terlebih dahulu dengan mereka. 

    Mencari Dukungan

    Mencari dukungan dari orang di sekitar terutama keluarga dan sahabat juga perlu dilakukan walaupun pernikahan beda agama kerap tidak direstui. Tunjukkan komitmen dan keseriusan Anda dalam menjalani hubungan dan yakinkan kedua orang tua bahwa Anda dan dia merasa sangat bahagia walaupun ada perbedaan agama. Percayalah lambat laun, orang tua dan keluarga akan luluh melihat keteguhan cinta Anda dan pasangan. 

    (Salli Sabarrang/Image: Elena Efimova/shutterstock/clickphotos)