Career

Tip Hadapi Rekan Kerja yang Tidak Menyukai Anda

  by: Redaksi       21/9/2017
  • Dalam dinamika kantor, sebaik apapun karakter dan kepribadian Anda, ada saja rekan kerja yang tidak menyukai Anda. Eits, sebelum Anda terpikir untuk melakukan konfrontasi, sebaiknya terapkan dulu hal-hal berikut ini.

     

    Introspeksi Diri

    Jangan terbawa emosi dan menyalahkan orang lain. Ada baiknya Anda mengambil waktu sejenak untuk introspeksi diri. Bertanyalah pada diri sendiri; apakah Anda pernah melakukan sebuah kesalahan yang tidak disengaja, atau mungkin Anda pernah mengucapkan sesuatu yang menyinggung rekan kerja. Jika memang pernah, jangan pernah ragu untuk meminta maaf.

     



    Bertanyalah

    Bicaralah dengan jujur dan tanyakan pada rekan kerja Anda apa yang menjadi masalahnya. Katakan bahwa Anda ingin memperbaiki diri dan tunjukkan niat baik Anda. Jika ia tidak menjawab, setidaknya Anda sudah berusaha untuk membangun hubungan baik, kan? Don't waste your time, honey.

     

    Jangan Terpancing

    Apabila ada rekan kerja yang terlihat ingin menjatuhkan citra diri Anda di kantor, jangan sampai Anda ikut terjatuh dalam permainannya. Berusahalah untuk tetap tenang dan kendalikan diri. Jika Anda ikut menyejajarkan diri dengan cara bergosip mengenai dirinya, maka Anda tak ada bedanya dengan dia. Tunjukkan kepada banyak orang bahwa Anda memiliki “kelas” yang berbeda dengan orang-orang yang ingin menjatuhkan Anda.

     



    Hindari Perlahan

    Jika cara-cara di atas sudah ditempuh tapi belum membuahkan hasil, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindarinya perlahan-lahan. Apabila Anda terpaksa bekerja dalam satu tim, bersikaplah profesional. Berbicaralah seperlunya tentang topik yang ingin dibahas dan tetap tunjukkan niat baik Anda dengan tersenyum. Diluar pembicaraan kantor, tidak perlu ada interaksi basa-basi dengannya.

     

    Your Work Say Louder

    Jika rekan kerja sibuk menggunjingkan Anda di kantor, lebih baik habiskan waktu dengan bekerja sebaik mungkin. Berikanlah kemampuan terbaik yang bisa Anda lakukan pada pekerjaan yang diberikan. Apabila Anda berhasil memukau dengan menunjukkan hasil yang luar biasa, saat itulah giliran Anda yang akan membuatnya diam seribu bahasa. (Alvin Yoga / Sky Drupadi / VP / Image: various)