Better You

Lakukan Hal Ini Ketika Teman Pamer di Media Sosial

  by: Redaksi       1/9/2018
  • Kamu termasuk orang yang suka sharing semua foto dan video ke media sosial saat liburan, makan siang di restoran mewah, kehidupan romantis dengan pasangan, atau bahkan saat mendapat bonus di kantor? Hati-hati ladies, jika kamu terlalu berlebihan membanggakan sesuatu di hidupmu ke media sosial, tanpa kamu sadari itu bisa membuat kesal temanmu lho. Well, memang ada beberapa pro dan kontra mengenai pamer di media sosial. Ada yang berpendapat, apa gunanya media sosial jika kamu tidak bisa membagikan hal-hal terbaik yang terjadi di hidupmu? Meskipun begitu sesuatu yang berlebihan juga tidak baik untuk diri sendiri maupun orang sekitar. Nah, bagaimana kalau bukan kamu yang suka pamer melainkan temanmu, berikut Cosmo punya beberapa tips untuk menghindarinya.

    Lewatkan Postingan

    Jika kamu tahu teman tersebut sering pamer di media sosial maka kamu bisa berantisipasi ketika melihat posting-an mereka. Tak perlu melihat secara detail caption yang ditulisnya jika hanya berujung membuatmu kesal. Kalau dia teman baik, cukup menyukai posting-an tersebut dan kalau bukan lewatkan saja. Terlebih jika kamu sedang lelah karena pekerjaan atau hal lainnya, melihat posting-an seseorang yang terlalu mebanggakan diri buat harimu jadi kurang menyenangkan. Lebih baik hindari membuka timeline media sosial yang sekiranya akan membuat kesal.

    Jangan Menghina Temanmu

    Kebanyakan orang tidak sadar ketika mereka pamer dapat mengganggu atau bahkan menyakiti orang lain. Mereka mungkin tidak berniat untuk menyinggung perasaan kamu. Untuk itu perlakukan mereka dengan baik dan respek. Jika temanmu hanya pamer di saat-saat tertentu, cobalah untuk memahaminya. Semua orang memang kadang suka membanggakan diri dan berbagi hal terbaik dalam hidup.



    Berterus Terang Tentang Pamer yang Dilakukan

    Jika menurutmu pamer yang dilakukan sudah terlalu berlebihan dan mengganggu, bicaralah pada mereka bahwa posting-an tersebut mengganggu atau menyinggung perasaanmu. Tapi hindari sesuatu yang berkonfrontasi, daripada menyalahkan mereka seperti “Kamu terlalu sombong membagikan hal tersebut ke media sosial.” lebih baik sampaikan persaanmu “Aku merasa tersinggung/terganggu saat kamu terlalu berlebihan membagikan hal tersebut.”

    Gunakan Fitur ‘Mute’

    Melihat fenomena ‘serba tidak enak’, media sosial seperti Instagram dan Twitter menyuguhkan satu fitur yang membantu kita untuk mengatasi rasa tidak enak untuk unfollow, mem-block, atau bahkan menolak permintaan pertemanan di media sosial. Fitur tersebut adalah ‘mute’, dengan fitur ini kamu tidak akan melihat posting-an teman yang sering pamer tanpa dia ketahui bahwa kamu telah menggunakan fitur mute.

    Unfollow atau Block-Unblock

    Hmmmm, ini jalan terakhir jika kamu tetap merasa terganggu dengan apa yang di-posting temanmu. Mungkin saja posting-an tersebut muncul di timeline setelah teman yang lain menyukai. Jika sudah begini, lebih baik kamu berhenti berteman di media sosial dengannya. Well, buat apa tetap mengikuti akun media sosial satu sama lain jika dia hanya membuat kesal dan memberikan dampak negatif lain di hidupmu.




    (Shintia Savitri / Image: doc. Antonio DiazC123RF.com )