Beauty

5 Trik untuk Bikin Rambut Lebih Sehat dan Berkilau

  by: Kezia Calesta       3/9/2018
  • Ingin rambut yang sehat dan berkilau? It’s hard to maintain healthy hair, khususnya jika kamu sering menggunakan produk rambut atau alat styling yang membuat rabut kering. Ladies, berikut adalah 5 trik yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan rambut agar tampak lebih berkilau!


    1. Perhatikan kebiasaan kamu saat berkeramas.

    Saat menggunakan shampo, apakah kamu suka mengumpulkan semua rambut di atas kepala seperti ini?




    Ladies, kebiasaan ini tidak hanya membuat rambutmu kusut, tetapi juga membuat ujung rambut jadi kering – khususnya bila kamu memiliki rambut ikal atau keriting. “Dengan rambut alami yang lurus, gravitasi menyebabkan minyak dari akar kulit kepala untuk turun ke ujung rambut dengan cepat. Dengan rambut keriting, minyak harus turun melalui batang rambut yang melingkar, maka minyak pun bergerak secara lebih lambat,” jelas ahli rambut Steven Picciano. Maka dari itu, kamu tidak perlu keramas setiap hari bila memiliki rambut keriting! Saat keramas, kamu juga bisa menukar shampo biasa dengan cleansing conditioner agar minyak alami di rambutmu tidak hilang.


    2. Gunakan sisir untuk rambut basah dan brush untuk rambut kering.

    Sering menyisir rambut basahmu menggunakan brush? Waktunya berhenti! Kebiasaan ini bisa membuat rambutmu rontok dan menyebabkan kerusakan pada lapisan luar rambut. Handle with care – gunakan sisir bergigi lebar saat menyisir rambut basah. Mulai menyisir di ujung rambut, lalu pindah ke tengah rambut sebelum menyisir dari akar. Teknik ini juga bisa meminimalisir kerontokan dan rambut kusut.



    3. Gunakan T-shirt untuk mengeringkan rambut.

    Apakah kamu sering mengeringkan rambut yang basah dengan menggesekkan handuk? Nah, kebiasaan ini dapat membuat kutikula rambut lemah dan patah, lho. Gunakan T-shirt dengan bahan katun yang lembut untuk memeras air dari atas hingga ke ujung rambut – teknik ini tidak hanya menyerap air dengan lebih efektif, tetapi juga menjaga rambutmu yang basah agar tidak mudah kusut!




    4. Tidur dengan sarung bantal berbahan sutra.

    Yes, sarung bantal dapat memberikan pengaruh terhadap rambutmu di keesokan paginya! Katun memang berguna untuk mengeringkan rambut basah, namun jika kamu tidur menggunakan sarung bantal berbahan katun semalaman, bahan ini juga bisa menyerap minyak alami dari rambutmu juga, lho. Rahasia untuk meminimalisir rambut kusut di pagi hari? Gunakan sarung bantal berbahan sutra! A silky smooth pillowcase leads to silky smooth hair.


    5. Jalankan diet yang kaya akan lemak baik.

    Bila kamu menginginkan rambut yang sehat dan berkilau, perbaiki diet dengan menambahkan makanan yang kaya akan lemak baik! Kacang-kacangan, buah avokad, dan ikan salmon dapat menaikkan lipid dan membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, perhatikan juga tubuhmu agar tetap terhidrasi. Bila kulitmu kering, rambutmu juga akan kering.


    (Image: doc. Olena [email protected])