Better You

Lakukan 7 Hal Ini Agar Kencan Pertama Berkesan

  by: Redaksi       3/9/2018
  • Kencan pertama biasanya jadi penentu sebuah hubungan akan berlanjut atau tidak. Tak heran, menjelang kencan kamu pun jadi “sibuk” sendiri. Mulai dari memilih baju yang akan dipakai, topik obrolan apa yang menarik, yang pasti bikin kamu deg-degan, bersemangat, bahkan gelisah. Worry not, girl. Jangan sampai panik dan bikin kamu lupa pentingnya menikmati momen kencan ini. Berikut delapan hal yang perlu kamu perhatikan!

    1. Luangkan waktu untuk menenangkan diri.

    Seperti yang Cosmo bilang sebelumnya, sebelum berkencan kamu mungkin akan merasa cemas, gugup, bersemangat, ataupun kombinasi dari ketiganya. Untuk membantu kamu menenangkan diri, lakukan kegiatan yang biasanya bikin kamu relaks. Baca buku, nonton film, atau dengar musik, mungkin? Selain bantu mengalihkan kamu dari rasa cemas berlebih, setelahnya kamu pun akan lebih santai dan menjalani kencan pertama dengan happy mood.

    2. Persiapkan pertanyaan singkat dan sederhana. 

    Bingung kira-kira ngobrol apa saja ya nanti saat kencan? Coba bikin daftar pertanyaan singkat dan sederhana untuk memulai percakapan. Biasanya topik pembicaraan berkisar pada pekerjaan, hobi, seni atau film, atau hal menarik yang tengah kamu lakukan. Jika saat kencan kamu terlalu gugup dan tidak ada pertanyaan yang muncul, yang paling mudah: tanyakan mengenai apa musik, buku, hingga film favorit si dia. Psst, ini biasanya berujung dengan ajakan nonton bareng, lho!



    3. Kenakan pakaian nyaman dan (menurut kamu) gaya.

    Yes girl, kamu tidak salah jika bingung memilih pakaian apa yang akan dikenakan untuk kencan pertama. Siapa yang tidak mau tampil menarik di kencan pertama? Tips dari Cosmo: yang pertama, sesuaikan dengan ke mana kamu akan pergi dan aktivitas apa yang akan kamu lakukan. Kedua, kenakan pakaian yang menurut kamu keren. Kenapa harus menurut kamu? Karena ini bantu kamu tetap jadi diri sendiri saat kencan. Dan yang pasti, harus nyaman. Sehingga kamu lebih percaya diri.

    4. Datang tepat waktu.

    Entah kamu akan dijemput oleh si dia atau pergi sendiri, pastikan kamu siap dan datang tepat waktu. Akan lebih baik jika kamu bisa datang beberapa menit sebelumnya. Tenang saja ladies, ini tidak akan membuat si dia berpikir kamu terlalu bersemangat untuk kencan ini. (Yang juga bukan hal negatif. Well, kamu memang senang mau kencan dengannya). Sebaliknya dia akan mengapresiasi kamu yang sudah datang tepat waktu. Lebih memilih si dia yang menunggu? Tak apa juga, tapi ingat, sebaiknya hanya 10-15 menit saja.

    5. Berkomunikasi secara terbuka dan jujur.

    Tujuan kencan pertama pastinya untuk mengenal satu sama lain, jadi coba untuk terbuka dan jujur saat ngobrol dengan si dia. Berpura-pura hanya akan menimbulkan masalah ke depannya. Tak mau kan memulai hubungan dengan kebohongan? Selain itu, manfaatkan momen ini untuk menunjukkan diri kamu. Tapi perlu diingat, jujur bukan berarti too much information ya! Jangan langsung membahas mantan, atau curhat masalah pribadi kamu. No TMI, please!



    6. Tawarkan untuk membayar pesanan.

    Memutuskan siapa yang akan membayar saat kencan pertama memang tak ada aturan pastinya. Meski banyak yang berasumsi itu kewajiban pria, tapi sebagai fun fearless female, menawarkan diri untuk ikut membayar tentu tak masalah. Si dia mungkin akan bilang ‘tidak’ tapi dengan menawarkan diri sudah menunjukkan gesture kalau kamu wanita mandiri yang open minded. Bayar sendiri atau dibayarin? Not a big deal.

    7. Hubungi kembali pasangan setelah kencan.

    Menikmati waktu yang menyenangkan selama kencan? Akui saja. Jangan jaim dan menunggu si dia saja yang menghubungi kamu. Malam hari seusai kencan, tak ada salahnya kamu mengirimkan pesan semisal, “I’m having a good time! Terima kasih ajakan makan malamnya.” Selanjutnya bagaimana? Cosmo sih berharap akan berlanjut ke kencan-kencan berikutnya. Good luck, girls!


    (Shintia Savitri / Image: doc. [email protected])