Celebrity

Ulang Tahun Ke-37, Ini 20 Momen Memorable Beyoncé

  by: Alexander Kusumapradja       4/9/2018
  • Telah mulai tampil di atas panggung sejak umur 7 tahun, di usianya yang telah menginjak angka 37 hari ini, Beyoncé Giselle Knowles-Carter telah menjelma sebagai salah satu mega bintang terbesar dalam jagad hiburan planet ini dengan lebih dari 100 juta penjualan musik di seluruh dunia serta memenangkan 22 Grammy Awards. As a birthday celebration for Queen Bey, berikut adalah 20 momen paling memorable dalam perjalanan kariernya.


    1. Star Search

    Tahun 1993, di usianya yang baru berusia 12 tahun, Beyoncé tampil di acara pencarian bakat bernama Star Search sebagai bagian dari girl group asal Houston bernama Girls Tyme yang juga beranggotakan Kelly Rowland. Walaupun gagal meraih juara utama dalam kompetisi tersebut, namun grup ini menjadi cikal bakal dari grup legendaris Destiny’s Child yang melambungkan nama Beyoncé. 




    2. Destiny’s Child

    Tahun 1997, Beyoncé bersama Kelly Rowland, LaTavia Robertson, dan LeToya Luckett membentuk kuartet Destiny’s Child lalu merilis self-titled debut di bawah Columbia Records. Namun, drama belakang panggung di antara personelnya mencuat begitu video klip untuk “Say My Name” dirilis dan menampilkan dua anggota baru yaitu Michelle Williams dan Farrah Franklin yang menggantikan LaTavia dan LeToya. Tak bertahan lama, Farrah pun hengkang dan Destiny’s Child resmi menjadi trio yang terbukti menjadi keputusan terbaik karena lagu mereka “Independent Women Part 1” yang menjadi soundtrack untuk Charlie’s Angels (2000) menembus peringkat nomor satu di Billboard selama 11 minggu berturut-turut dan membuat nama mereka tak hanya terkenal di Amerika saja tapi di seluruh dunia. 


    3. Foxxy Cleopatra

    Tahun 2002, Beyoncé terjun ke dunia akting dengan berperan sebagai Foxxy Cleopatra dalam film Austin Powers in Goldmember. Selain akting, ia juga mengisi soundtrack film tersebut dengan lagu single berjudul “Work It Out”.


    4. 03 Bonnie & Clyde

    Aksi solo Beyoncé diteruskan dengan berduet dengan Jay-Z untuk pertama kalinya di lagu “03 Bonnie & Clyde” di tahun 2002. Duet tersebut berlanjut lewat “Crazy in Love” yang menjadi single pertama album solo Beyoncé, Dangerously in Love, dan menegaskan bahwa Bey and Jay-Z are the power couple in the making. 


    5. Destiny Fulfilled

    Tiga tahun setelah hiatus, tiga anggota Destiny’s Child kembali berkumpul dan merilis album keempat sekaligus terakhir mereka, Destiny Fulfilled di tahun 2004. Berisi single “Lose My Breath” dan “Girl”, album ini mendapat respons positif, begitu juga dengan tur dunia Destiny’s Child untuk mempromosikan album ini. Tanggal 11 Juni 2005, di Barcelona, Spanyol, Destiny’s Child mengumumkan secara resmi bubarnya mereka di hadapan 16 ribu penonton. 


    6. B’Day

    Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-25, pada tanggal 4 September 2006 Beyoncé merilis album keduanya, B’Day, yang memperkenalkan single ikonik “Irreplaceable”. Single tersebut berhasil menjadi juara satu di banyak negara dan memantapkan kariernya sebagai solois.


    7. Dreamgirls

    Tahun 2006, Beyoncé tampil di dua film, yaitu The Pink Panther dan Dreamgirls. Di film Dreamgirls yang terinspirasi kisah grup legendaris The Supremes, Bey beradu akting dengan Jennifer Hudson, Jamie Foxx dan Eddie Murphy lewat karakter yang berdasarkan Diana Ross. Untuk promo, ia pun merilis single “Listen” dari album soundtrack film tersebut.


    8. Sasha Fierce

    Tanggal 4 April 2008, Bey resmi menikah dengan Jay-Z dalam sebuah pesta pernikahan yang sangat private. Ia baru mengumumkan pernikahan mereka ke publik 6 bulan setelahnya lewat cuplikan video yang diputar dalam sebuah pesta perkenalan album ketiganya, I Am… Sasha Fierce di Manhattan. Judul album ini memperkenalkan alter ego Bey bernama Sasha Fierce lewat lagu “Single Ladies (Put a Ring On It)” yang berhasil menjadi Song of the Year di Grammy Awards 2010.


    9. Lady Gaga collaborations

    Di tahun 2009 kita melihat kolaborasi bersejarah antara dua mega bintang paling bersinar dekade tersebut, Beyoncé dan Lady Gaga dalam dua lagu, “Video Phone” dan “Telephone”, which honestly still our jam sampai hari ini. 


    10. Taylor Swift incident

    Memenangkan banyak penghargaan dan menciptakan tren di seluruh dunia, “Single Ladies” juga dinominasikan dalam kategori Best Female Video di ajang MTV Video Music Awards 2009 yang sayangnya dikalahkan oleh video “You Belong with Me” milik Taylor Swift. Hal ini membuat Kanye West naik ke atas panggung dan menginterupsi speech Taylor Swift dengan berkata bahwa penghargaan itu seharusnya milik Beyoncé. As gracious as ever, ketika Beyoncé diumumkan sebagai peraih Video of the Year, ia mempersilakan Taylor untuk maju ke depan dan melanjutkan speech-nya yang terpotong. Girl support girl? Yes we’re in!


    11. I Was Here

    Sempat hiatus selama 9 bulan dari dunia musik yang ia habiskan untuk berkeliling dunia dan mencari inspirasi, pada bulan Juni 2011 ia merilis album keempat dengan judul 4 yang berisi girl power anthem “Run the World (Girls)” dan “Love on Top”. Di album yang sama juga terdapat lagu “I Was Here” dengan video musik yang menampilkan Beyoncé menyanyikan lagu itu di hadapan United Nations General Assembly dan hasil penjualan yang disumbangkan dalam rangka Hari Kemanusiaan Sedunia.




    12. Blue Ivy

    Membawakan lagu “Love On Top” di MTV Video Music Awards 2011, Bey tampil mengenakan tuksedo dan high heels lalu di akhir penampilan she drops the mic dan memperlihatkan perutnya yang tengah mengandung. Putri pertama Bey lahir pada 7 Januari 2012 dengan nama Blue Ivy Carter di New York dan lima bulan kemudian Beyoncé kembali ke atas panggung. Uniknya, tidak seperti artis lain yang menjual foto bayi mereka ke majalah dengan harga fantastis, Beyoncé malah menunjukkan foto pertama Blue Ivy di Tumblr.


    13. Super Bowl

    3 Februari 2013, bertempat di Mercedes-Benz Superdome di New Orleans, Beyoncé tampil sebagai pengisi acara di Super Bowl XLVII halftime show. Membawakan deretan hits andalannya dan mengajak Kelly dan Michelle untuk tampil sebagai reuni Destiny’s Child, penampilannya di acara ini disebut sebagai momen paling banyak di-tweet kedua dalam sejarah dengan jumlah tweet mencapai 268 ribu tweet per menit. 


    14. Beyoncé

    Tanggal 13 Desember 2013, tanpa ada kode, Bey secara tiba-tiba merilis album kelimanya, Beyoncé, lewat iTunes Store. Meski tanpa promosi, album itu langsung menjadi nomor satu di Billboard dan membuat Beyoncé sebagai wanita pertama dalam sejarah tangga lagu tersebut dengan lima album yang langsung debut di peringkat satu. Dibanding album-album sebelumnya, album ini terasa lebih gelap dan berat dengan topik seputar feminisme, motherhood, hingga bulimia.


    15. Life Is But a Dream

    Dengan statusnya sebagai salah satu bintang terbesar di dunia, pada tahun 2013 Beyoncé mengajak kita mengintip kehidupan pribadinya lewat film dokumenter HBO bertajuk Life Is But a Dream di mana ia juga menjadi sutradara dan produsernya.



    16. Time 100 Most Influential People

    Beyoncé menghiasi sampul majalah Time edisi 100 Most Influential People di tahun 2014 bersama dengan sosok-sosok besar lainnya seperti Pope Francis, Barack Obama, dan Pharrell Williams. Dalam majalah tersebut, profil Beyoncé ditulis oleh eksekutif wanita dari Facebook, Sheryl Sandberg. Keduanya pernah bekerjasama dalam sebuah kampanye untuk melarang penggunaan kata “bossy” untuk mendeskripsikan wanita dalam dunia karier.


    17. Lemonade

    Tak mau mengulangi taktik yang sama dengan perilisan album sebelumnya, untuk album berikutnya, Beyoncé meminta para penggemarnya untuk stay tune di HBO pada tanggal 23 April 2016 di mana ia merilis album terbarunya, Lemonade, dengan sebuah sajian visual berdurasi satu jam yang menampilkan semua lagu di album itu. Album ini menjadi salah satu album terbaiknya sepanjang masa berdasarkan para kritikus musik yang menilai album ini kental dengan cerita personal sekaligus statement politik.



    18. Rumi & Sir Carter

    Dalam kondisi hamil tua, Beyoncé tampil memukau para penonton Grammy Awards 2017 dengan membawakan medley dari “Love Drought” dan “Sandcastles” dalam sebuah penampilan yang didedikasikan untuk motherhood. Tanggal 13 Juni 2017, Bey melahirkan sepasang anak kembar bernama Rumi dan Sir Carter di Los Angeles.



    19. Beychella

    14 April 2018, Beyoncé menjadi penampil utama dalam festival musik Coachella setelah awalnya dijadwalkan tampil tahun sebelumnya yang harus batal karena kondisi kehamilannya. Ditonton oleh 125 ribu orang, penampilan Beyoncé di Coachella disebut sebagai momen bersejarah dalam dunia musik dan menjadi video live performance paling banyak ditonton di YouTube. Dalam show ini Beyoncé merayakan black culture dan menampilkan live band serta 100 penari dan kembali mengajak Kelly dan Michelle untuk tampil sebagai Destiny’s Child di beberapa lagu. Saking ikoniknya, Coachella tahun ini sering disebut sebagai Beychella because she’s obviously the biggest highlight.


    20. The Carters

    Sempat diterpa berbagai isu soal orang ketiga, Beyoncé dan Jay-Z seolah membuktikan keutuhan rumah tangga mereka dengan kembali bekerjasama merilis album Everything Is Love dengan nama The Carters dan merilis single “Apeshit” yang videonya dibuat di Museum Louvre, Paris di antara karya-karya seni legendaris. Hail to the King and Queen!


    (Ilustrasi: Maya Putri)