Celebrity

Cosmopolitan Exclusive Interview with BLACKPINK

  by: Alvin Yoga       6/9/2018
  • Begitu comeback pada 15 Juni lalu, BLACKPINK langsung memasuki chart tertinggi di US Billboard pada kategori K-Pop grup wanita. Tak hanya itu BLACKPINK juga masuk dalam UK Official Chart dan Japan Oricon, seluruhnya merupakan chart musik terbesar di dunia.

     

    Bagaimana perasaan kalian setelah disebut sebagai ‘the first and the best’, hanya dalam kurun waktu tiga tahun setelah BLACKPINK debut?

    Rosé: Saya rasa sebutan itu terlalu berlebihan. Saya masih belum terbiasa dengan sebutan tersebut.



    Jennie: Sudah hampir setahun sejak BLACKPINK kembali dengan album baru, dan kami tak pernah berharap lebih (seperti mendapatkan peringkat tinggi di chart) saat mempersiapkan mini album – menurut saya pujian ini sangat penting untuk usaha yang sudah kami lakukan. Awalnya kami sempat merasa takut, karena konsep mini album ini cukup berbeda dari konsep album sebelumnya. Syukurlah, ternyata respon para fans sangat positif dan mereka menyukainya, which makes us feel happy. Hal ini mendorong BLACKPINK untuk terus membuat sesuatu yang berbeda ke depannya.

     

    Apakah penghargaan tersebut membuat kalian merasa senang? Atau justru malah tertekan?

    Jennie: Saat mempromosikan mini album, kami berusaha untuk tidak merasa tertekan. Kami selalu berpikir “abaikan saja apa kata orang lain, dan sebisa mungkin bersenang-senanglah,” kami percaya bahwa perasaan kami akan turut membuat penggemar ikut merasa senang dengan karya yang kami tunjukan.

     

    Kalian juga semakin sering hadir di variety shows, bagaimana rasanya?

    Jennie: Saat ini sih, kami sudah tidak takut untuk menunjukan jati diri kami. Dengan begitu, publik bisa melihat sosok BLACKPINK yang sebenarnya.

    Rosé: Seiring berjalannya waktu, kami semakin berusaha untuk selalu enjoy saat menghadiri berbagai acara – meski terkadang memang masih merasa grogi. Untungnya kemampuan bahasa Korea Lisa sudah cukup meningkat, jadi dia bisa banyak bicara saat talkshow. Hahaha!

     

     

    Sejak awal masa latihan, kalian sudah hidup bersama selama tujuh tahun. Bagaimana cara kalian untuk saling memotivasi diri?

    Rosé: Banyak. Seperti misalnya baru-baru ini Jennie sedang melakukan program diet khusus agar tetap fit. Kami semua sebenarnya merasa termotivasi untuk melakukan hal yang sama, namun tetap saja belum ada yang memulai melakukan sesuatu. Hahaha.

    JennieAh, ketika tidak sedang mempromosikan album, saya selalu menyempatkan diri untuk berolahraga dan memerhatikan pola makan. Namun ketika sedang mempromosikan mini album, saya jadi semakin rutin melakukan program diet. Bahkan ketika yang lain sedang menyantap makanan - yang tentu saja terlihat sangat lezat - saya cuma mengonsumsi bubur (tanpa garam atau bumbu apapun) dalam program diet ini - karena saya cenderung makan lebih banyak ketika disodorkan menu yang mengandung garam. Haha. Mereka sebenarnya merasa kasihan dengan saya, apalagi sekarang kegiatan kami sangat padat dengan syuting video musik dan photoshoot.

    Lisa: Saya justru merasa termotivasi ketika kami sedang mempersiapkan comeback. Semisal ketika sedang latihan koreografi selama berjam-jam, dan kami semua merasa kelelahan hingga ingin menyerah. Chaeyoung (Rosé) justru terus berlatih tanpa henti. Saya merasa sangat tersentuh dengan hal seperti itu.....

    RoséHaha! Itu karena saya merasa kemampuan saya masih kurang baik.

    Lisa: Saya tidak berpikir seperti itu! Sebetulnya kemampuan saya juga masih kurang baik, tetapi saya selalu berkata pada diri sendiri, “Sudahlah, lebih baik istirahat. Masih ada hari esok untuk latihan.” Namun setelah melihat semangat yang dimiliki Chaeyoung, saya merasa terpicu untuk berlatih lebih keras lagi.

     

    Kalau Jennie, apa hal inspiratif yang kamu temukan dari para anggota BLACKPINK?

    Jennie: Hal terbaik yang saya dapat dari mereka... Oh! Kami sering berlatih bersama di waiting room sebelum tampil. Selama melakukannya, mereka selalu menggunakan 120% energi untuk saling membangkitkan semangat – walaupun saya tahu, semua sudah sangat lelah. Setiap kali kami mulai merasa lelah, selalu saja ada yang berkata, “Unnie (sebutan untuk kakak dalam bahasa Korea)! Cheer up!” ucapan seperti inilah yang selalu berhasil membangkitkan semangat saya.

     

    Pernahkah kalian menjalani program diet dan workout dengan cara yang berbeda?

    Jennie: Selama ini saya selalu rutin berolahraga. Dan jujur, satu jenis olahraga saja sudah cukup melelahkan bagi saya. Olahraga favorit saya sebenarnya flying yoga, tetapi sekarang sih sedang rutin melakukan pilates. Nah, selain berolahraga, pola makan juga saya jaga – saya suka sekali alpukat, jadi menu andalan saya adalah avocado salad dan jus detoks. Untuk makan malam, sebisa mungkin saya mengonsumsi makanan yang tasteless. Semua orang bisa kok menjalani program diet secara rutin, asalkan mereka sudah tahu cara yang tepat.

    Lisa: Ketika melihat yang lain berolahraga, saya selalu berkata bahwa saya juga ingin workout bersama mereka, namun hal tersebut tak pernah berhasil saya lakukan, haha. Walaupun begitu, saya tetap mengonsumsi jus detoks setiap hari, sama seperti Jennie.

    Rosé: Saya sedang rutin pilates. Setidaknya sekali dalam dua hari. Untuk pola makan sebenarnya saya tak begitu ketat. Walaupun banyak makan, tetapi harus ada sayuran yang dikonsumsi seperti bell pepper dan wortel. Untuk makanan ringan, saya lebih memilih buah-buahan ketimbang keripik kentang.

    Jisoo: Tubuh saya itu tipikal yang mudah naik berat badannya. Tetapi karena sekarang ini sering menghabiskan waktu bersama mereka (BLACKPINK), berat badan jadi lebih seimbang. Saya sebenarnya tak pernah melakukan olahraga khusus karena bagi saya latihan dance juga sudah cukup membantu kok. Apalagi dengan jadwal konser yang padat ke depannya, saya rasa latihan itu saja sudah cukup... Haha.

     

    Hal terkecil apa yang bisa membuat kalian bahagia?

    Lisa: Saat saya menghubungi Ibu, setiap harinya. Beliau sangat bahagia dengan kesibukan yang saya jalani. Hal ini mendorong saya untuk lebih semangat dan bekerja keras.

    Rosé: Saya suka menonton video di Youtube. Konten yang sedang sering saya tonton adalah wawancara artis dan lagu-lagu favorit saya. It’s like a healing for me.

    Jennie: Kalau saya sih lagi senang bermain dengan anjing peliharaan yang ada di asrama.

    Jisoo:  Saya sedang membaca buku karya Okuda Hideo, menurut saya membaca itu sangat menyenangkan.

     



    Apa yang kalian inginkan untuk saat ini?

    Jennie: Hmm... The next comeback? Haha. Rasanya senang sekali, karena biasanya kita hanya merilis single tetapi sekarang kita bisa merilis mini album. Saat orang berkata “saya suka lho lagu-lagu di mini album BLACKPINK,” pujian itu sangat menyentuh. Semua yang ada di album ini adalah pengalaman pertama bagi kami - mulai dari pengambilan foto untuk cover dan lainnya - dan kami merasakan sebuah pengalaman yang luar biasa, semuanya kami lakukan dengan jerih payah dan semangat. Kami semua sudah menunggu saat-saat seperti ini sejak masa latihan. Setelah mini album, kami berkeinginan untuk merilis full album, segera!

     

    Menjadi seorang penyanyi terkadang harus menyeimbangkan antara keinginan publik dan keinginan diri sendiri. Karena kalian sudah membuat banyak lagu dan tampil di berbagai acara, kalian lebih memprioritaskan yang mana: menuruti keinginan publik atau keinginan kalian sendiri?

    Jennie: Hal ini selalu menjadi dilema. Terkadang keinginan penggemar dengan keinginan kami bisa saja berbeda. Seperti konsep mini album ini, yang lebih powerful dibanding sebelumnya, jujur kami tak tahu apakah publik akan menyukainya. Ya, kami memang harus mempertimbangkan keduanya - keinginan publik dan diri kita sendiri. Pembahasan ini sering sekali kami diskusikan, dan selalu berakhir dengan keputusan “lakukan saja semua yang kami sukai”. Justru kalau selalu mengikuti apa kata orang, kami akan kehilangan jati diri, belum lagi kemungkinan bahwa lama kelamaan publik akan bosan dengan kami karena kami selalu menuruti keinginan mereka. Kalau bekerja keras, kami yakin pasti hasilnya tak akan mengecewakan kedua pihak – musisi maupun fans.

     

     

    Menurut kalian, hal apa yang sangat menggambarkan ‘BLACKPINK’?

    Jennie: Hmm... sepertinya apapun yang kami lakukan akan menggambarkan BLACKPINK. Kalau sedang sesi pemotretan, image kami berubah menjadi BLACKPINK yang cool. Namun di berbagai variety show dan acara fans, kami menunjukkan sisi lain yang kami punya, BLACKPINK yang lucu dan menyenangkan. Tampaknya kami semua sudah merasa sangat ‘BLACKPINK’ dengan image yang kami bangun seperti ini.

    Rosé: Kami selalu punya keinginan lebih untuk terus maju. Jika dipikir-pikir lagi, hal ini juga sangat 'BLACKPINK' - semangat yang kami punya untuk menghadapi setiap tantangan cukup menggambarkan BLACKPINK.

    Jisoo: Kami sering menyebutkan hal-hal seperti "Saya ingin menjajal sebuah konsep baru," atau "Saya tidak takut untuk mencoba". Saya rasa hal-hal seperti inilah yang menjelaskan seperti apa BLACKPINK sebenarnya. Ketika kami berhasil mencoba sesuatu yang baru sambil melawan rasa takut kami dan memotivasi satu sama lain – seperti itulah image BLACKPINK.

     

     

    Sekarang ini usia kalian masih sekitar 20an. Bagaimana kalian melihat diri kalian 10 tahun ke depan?

    RoséPersonally, saya berharap masih berkarier di dunia musik, walau belum tahu jenis musik seperti apa yang nanti akan saya jalani ke depannya.

    Lisa: Saya selalu suka tantangan. Berhubung fotografi menjadi salah satu hobi, mungkin saya akan travelling ke seluruh dunia dan mengambil foto-foto yang menarik.

    Jennie: Ke depannya, saya akan terus membahagiakan diri sendiri. Saya masih punya banyak waktu untuk memenuhi mimpi-mimpi yang belum tercapai.

    Jisoo: Menurut saya, yang terpenting adalah menjaga kesehatan.

    Semua: Setuju!

     

    BLACKPINK sedang menjadi panutan bagi kaum milenial. Ada yang ingin kalian sampaikan untuk para perempuan di usia 20an?

    Rosé: Saya harap kamu tak pernah patah semangat dalam meraih mimpi. Saya yakin semua orang pasti memiliki mimpi-mimpi yang belum tercapai, namun seiring berjalannya waktu, ada saja hal-hal yang membuat mimpi itu terkesan mustahil, belum lagi beberapa hal terjadi dan menghalangi kamu untuk meraih mimpi – seperti merasa tak didukung dan selalu diremehkan. Jangan menyerah! Justru kamu harus melalui proses pahit untuk mencapainya. Ingat, usaha akan selalu sebanding dengan hasil yang didapat. Hwaiting! Mari kita berjuang bersama-sama.

    Lisa: Betul sekali. Teruslah mencoba, dan jangan pernah takut untuk menantang dirimu sendiri melakukan hal yang baru.

    Jennie: Saya harap kamu bisa belajar untuk memahami dirimu sendiri, serta percaya pada apa yang bisa kamu lakukan. Jujur, saya juga pernah merasa putus asa. Ada kalanya saya merasa terlalu keras pada diri sendiri, serta tak puas dengan apa yang saya miliki. Namun akhirnya saya menemukan titik kepuasaan saat tampil di depan banyak orang. Seringkali ketika menghadiri acara fansigning, banyak yang bertanya: “Saya juga ingin meraih mimpi, tapi saya tidak percaya diri dengan mimpi tersebut. Apa yang bisa saya lakukan?” Pertanyaan tersebut membuat saya berpikir, dan menurut saya, keinginan untuk berani mengambil langkah pertama saja sudah menjadi awal yang baik. From there, you should find out the things you’re good at, and if you really enjoy doing that process, isn't that enough? Jangan terlalu keras pada diri sendiri, terkadang mengambil waktu sejenak untuk kembali mengumpulkan semangat juga penting.

    Jisoo: Intinya, you own your life, raihlah mimpi dan jauhi perkataan orang lain yang membuat kalian putus asa. Kalian masih muda, jangan membuang waktu untuk hal yang tak berguna.

    Baca Juga: Dua Lipa dan BLACKPINK Akan Berkolaborasi?


    (Perubahan telah dilakukan oleh editor. Feature Editor: Sung Young Joo; Alih Bahasa: Nadhifa Arundhati / Alvin Yoga / FT)