Lifestyle

10 Tempat Terbaik di 2018 Yang Wajib Dikunjungi

  by: Redaksi       7/9/2018
  • Kamu butuh referensi tempat-tempat terbaik yang wajib dan layak kamu kunjungi tahun ini? Berikut majalah TIME melakukan survei tahunannya untuk membuat daftar World’s Greatest Place 2018. Berbagai kategori tempat masuk ke dalam daftar, termasuk salah satu museum di Indonesia lho. Tempat-tempat yang terpilih dinilai berdasarkan kulitas, originalitas, inovasi, ketahanan, dan dampaknya. Total dari daftar tempat terbaik ini ada 100, Cosmo akan coba rangkum daftar tersebut menjadi 10 tempat terbaik dan ini dia daftarnya.

    1. Perpustakaan Tianjin Binhai, China


    Image source: Instagram @kaia.ruan

    Heran kenapa perpustakan bisa masuk daftar tempat terbaik yang wajib dan layak kamu kunjungi? Perpustakaan Tianjin Binhai ini tidak seperti perpustakaan pada umumnya yang hanya terdapat rak buku dari kayu membentuk lorong-lorong. Kalau di Perpustakaan Tianjin Binhai, buku-buku disusun di sebuah ziggurat (menara persegi panjang yang dapat ditapaki) yang berkilauan dan telah menarik lebih dari 1,8 juta pengunjung sejak dibuka pada Oktober 2017. Berkunjung ke perpustakaan ini rasanya tidak akan bosan dan merasa tidak seperti berada di perpustakaan deh.



    2. Bersepeda di Atas Air, Belgia


    Image source: Instagram @nadine.smeyers

    Jalan di atas air mungkin tidak semua orang bisa melakukannya, tapi jalur sepeda di utara Belgia ini menawarkan pengalaman yang hampir sama dan semua orang bisa merasakannya. Ya, trek sepanjang 212 meter ini dijuluki “Bersepeda Melalui Air” karena melewati kolam besar di cagar alam De Wijers. Trek di tengah kolam sengaja sedikit direndahkan agar sejajar dengan air. Sudah bisa membayangkan rasanya bersepeda di atas air belum ladies?

    3. ChangChui: Creative Park, Thailand


    Image source: Changchui Creative Park

    Tempat ini adalah marketplace seluas 290.000 persegi yang merupakan daur ulang dari barang-barang yang sudah tidak digunakan. Di sini ada beberapa kios, bioskop, dan restoran yang terbuat dari seng tidak terpakai bekas jendela dan pintu rumah tua. Bahkan ada restoran mewah terbuat dari jet Thailand yang sudah tidak digunakan. (Wow keren ya girls!). Menurut founder ChangChui ini tidak ada yang tidak berguna jika kreativitas selalu ada. Cosmo setuju banget!

    4. Casa Vicens, Spanyol


    Image source: Instagram @adamsakkas

    Seorang arsitektur Spanyol yaitu Antoni Gaudí membangun rumah pribadi miliki Casa Vicens tahun 1883 dan 1885 yang semula tertutup untuk pengunjung. Namun, hal itu berubah pada November, ketika pemiliki barunya yang tinggal di Andorra, MoraBanc menjadikan rumah tersebut sebagai museum. Rumah dengan desain arsitektur menarik itu pun sekarang menjadi Situs Warisana Dunia UNESCO yang kemudian dipugar untuk membangkitkan kemegahan aslinya— termasuk fasad keramik berkaca, taman yang rimbun, dan atap miring dengan ubin berwarna-warni.

    5. Warner Bross. World, Abu Dhabi (Uni Emirat Arab)


    Image source: Instagram @wbworldad

    Ladies, tahu tidak kalau Warner Bross World di Abu Dhabi ini adalah indoor theme parks terbesar di dunia yang dibuka bulan Juli lalu. Taman Abu Dhabi Yas Island – yang bernilai 1 miliar dolar dengan lebar seluas 38 hektar yang hanya sedikit lebih kecil dari taman Istana Buckingham (Wow just wow!) ini dirancang untuk menghibur semua penggemar Warner Bross. Atraksi dibagi menjadi enam bagian seperti Gotham dan Metropolis (dari dunia DC Comics, menampilkan superhero seperti Batman, Superman dan Wonder Woman) dan Dynamite Gulch dan Cartoon Junction (dengan animasi klasik seperti Road Runner dan Looney Tunes).

    6. Museum Macan, Indonesia


    Image source: Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara

    Ya, salah satu tempat terbaik yang wajib kamu kunjungi salah satunya berada di Jakarta. Seperti yang mungkin kebanyakan sudah kamu tahu, museum ini menampilkan karya-karya lokal dari pelukis dan seniman pertunjukan Tisna Sanjaya dan pemahat kayu Gatot Indrajati, bersama dengan ikon internasional Yayoi Kusama dari Jepang dan Ai Weiwei dari China. Sebagian besar karya seni berasal dari milik pribadi Haryanto Adikoesoemo, seorang kolektor dan pengusaha lokal terkemuka. Nah, untuk memperluas jangkauannya, fasilitas yang dibuka pada November 2017 ini juga melakukan penjangkauan ke masyarakat dengan menawarkan sumber daya kepada guru untuk berbicara tentang seni kepada siswa. Kamu sudah ke sini belum girls?



    7. Skygarden Seoullo 7017, Korea Selatan


    Image source: Instagram @mvrdv 

    Seoullo 7017 Skygarden adalah sebuah trotoar yang melintang di atas jalan raya kota Seoul. Ini merupakan renovasi dari jalan layang sebelumnya, di sini kamu akan diperlihatkan 17 bagiannya yang berisi kafe, kebun, bahkan tempat duduk untuk merendam kaki agar relaks. Jalur pejalan kaki di atas jalan raya ini dirancang oleh perusahaan dari Belanda yaitu MVRDV. Pada malam hari akan lebih menakjubkan ketika pilar-pilar yang diterangi lampu mengubah skygarden seakan-akan menjadi urat nadi ungu yang bersinar.

    8. Museum Seni Bawah Air, Florida


    Image source: Underwater Museum of Art

    Bagaimana ya rasanya mengunjungi museum di bawah air? Kalau penasaran coba datang ke museum yang berada di Florida satu ini ladies. Di Museum Seni Bawah Air ini kamu akan menemukan patung nanas yang terbuat dari baja tahan karat setinggi delapan kaki. Patung tersebut adalah salah satu dari tujuh patung yang ditempatkan di museum bawah laut pertama di Amerika, dibuka musim panas ini. Nantinya karya seni baru akan ditambahkan setiap tahunnya. Untuk kamu yang tidak bisa scuba diving, tenang saja kamu bisa melihat karya-karya seni itu dari permukaan (tapi ingat jangan melabuhkan perahu terlalu dekat, nanti kamu bisa merusak karya seninya). Namun, untuk menikmatinya lebih dekat memang perlu keahlian scuba diving.

    9. Pusat Kebudayaan Dunia King Abdulaziz, Arab Saudi


    Image source: King Abdulaziz Center for World Culture

    Bentuknya yang mencolok menjulang tinggi setinggi 295 kaki di gurun, membuatnya terlihat seperti sebuah karya seni. King Abdulaziz Center yang baru juga dikenal sebagai Ithra yang menurut direktur Ali al-Mutairi merupakan pusat budaya di mana mencerminkan “perubahan besar Arab Saudi”. Bangunan yang dirancang oleh perusahaan Norwegia Snohetta ini memiliki auditorium, ruang pameran, dan perpustakaan dengan koleksi buku berjumlah 200.000.

    10. National Memorial for Peace and Justice, Alabama


    image source: Instagram @rovingphotog

    Tempat yang bisa dibilang pemakaman ini merupakan sebuah penghormatan kepada para korban ketidakadilan di Amerika Selatan. Pada sudut rendah, atap National Memorial for Peace and Justice ini terlihat seperti ditopang dengan tiang. Saat kamu mulai memasuki area dalam, di atap akan terlihat 800 lempengan baja Corten yang menggantung di langit. Pada masing-masing lempengan tersebut tertulis nama daerah, tanggal dan nama orang, beberapa tidak diketahui. Mereka menghormati sekitar 4.400 orang kulit hitam Amerika yang dibunuh dalam hukuman mati antara tahun 1877 dan 1950.


    (Shintia Savitri / Image: various)