Celebrity

Monica Karina Bahas Lagu Terbarunya dengan Dipha Barus

  by: Kezia Calesta       7/9/2018
  • Have you heard of Monica Karina? Suara merdu penyanyi muda ini mulai terdengar sejak kolaborasinya bersama DJ Dipha Barus untuk lagu Money Honey. But she’s no one-hit wonder – Monic baru saja merilis single keduanya, Skin to Skin, yang lebih dewasa dan orisinal. Di tengah kesibukannya, Monic meluangkan waktu untuk bertemu dengan Cosmo dan mengobrol tentang hidup barunya sebagai seorang musisi.


    C: Monic, it’s nice to meet you! Ceritakan dong, perjalanan kamu hingga bisa merilis single bersama Dipha Barus.

    M: Halo Cosmo! Oh, it’s a very happy trip. Sebagai seorang mahasiswi jurusan film, saya sudah memiliki rencana untuk membangun production house setelah lulus dari Universitas Pelita Harapan. I love film and photography so much… dan meskipun saya juga suka bernyanyi sejak kecil, saya sebetulnya tidak pernah memiliki ambisi untuk menjadi seorang musisi sebelumnya. Karier saya dalam industri musik sebenarnya berkat sahabat saya, Cindercella. Dari dulu, dia selalu mendukung saya untuk posting konten dan menunjukkan orang-orang kalau saya bisa bernyanyi. Dulu kami suka iseng bikin cover bareng, tapi akhirnya jarang di-upload… sampai suatu hari, Cella mengunggah satu Instagram Story di mana saya sedang bernyanyi di background video tersebut. Nah, hal yang tidak disangka pun terjadi: video tersebut menangkap perhatian Dipha Barus. Cella, being the sweetheart she is, langsung mempromosikan aku ke Dipha, dan dimulailah perjalanan musik saya! Shout-out to Instagram dan Cella, thank you so much! Haha.




    Monica Karina


    Bagaimana pengalaman kamu saat tampil depan umum?

    Pertama kali saya tampil adalah saat Money Honey baru dirilis, yaitu tanggal 31 Maret. Dan pada saat itu, kami tampil sebagai opening act untuk… The Chainsmokers! Tentunya, saya panik berat sebelum naik panggung. Meskipun semua crew sangat suportif, itu benar-benar pertama kalinya saya bernyanyi di depan banyak orang. Pada saat itu, saya harus menyanyikan satu lagu dari awal hingga akhir di depan ribuan penonton. Dalam hati, saya hanya bisa mengingatkan diri sendiri: “Jangan jatuh di atas panggung, dan jangan lupa lirik!” Sampai sekarang, saya masih merasa cukup gugup sebelum tampil.


    Adakah live performance yang paling tak terlupakan?

    We The Fest 2018, for sure. Biasanya, para penyanyi yang berkolaborasi dengan Dipha pasti tampil di akhir set… dan bahkan dari awal performance, saya bisa melihat bahwa penontonnya sangat bersemangat dan mereka benar-benar memancarkan energi yang positif. Saat saya tampil pun, semua orang sudah hafal liriknya dan bernyanyi bersama saya. Ha, baper klimaks! Akhirnya, di akhir acara kami melempar bunga-bunga mawar ke arah penonton. It was amazing.


    Monica Karina




    Let's talk about your next step... Apa cerita di balik single terbaru kamu?

    It’s called Skin to Skin. Genre-nya lebih ke alternative, chill R&B. Secara musik dan lirik, lagu ini jauh lebih dewasa dibanding Money Honey. It’s more authentic to me, karena liriknya berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. This song describes how relationships are overrated, haha. Basically, di lagu ini, I’m trying to tell people that if you have chemistry with someone, you don’t have to label it ASAP – just go with the flow. Secara keseluruhan, vibe lagu ini cukup santai dan easygoing, karena pesannya pun seperti itu juga.


    Dengarkan single Monica Karina yang terbaru, Skin to Skin, di sini.


    Who’s your musical influence?

    Untuk lagu Skin to Skin sendiri, saya terinspirasi oleh lagu Kali Uchis yang berjudul Dead To Me. Tapi music influence saya in general cukup banyak – selain Kali Uchis, ada SZA, Sabrina Claudio, dan Kehlani. Kehlani adalah favorit saya, karena cara dia menulis lirik dan bernyanyi juga sangat autentik… makanya saya sedih banget saat dia batal konser di sini. Dua kali lho, batal! Sampai patah hati, haha. Sampai sekarang, saat saya sedang performing live, saya sering membawakan lagu Kehlani favorit saya, yaitu You Should Be Here. 


    Cosmo juga mengajak Monic untuk bermain Song Association Game di mana ia menyanyikan berbagai lagu, dari Drake sampai Chrisye! Saksikan aksi lucu Monic di sini.


    (Image: doc. Cosmopolitan Indonesia / Fotografer: Kevin Geraldo)