Love & Sex

10 Cara Atasi Bila Kamu Control Freak dalam Hubungan

  by: Redaksi       7/9/2018
  • Menjadi sang pengendali dalam sebuah hubungan memang kadang bisa membuat kamu merasa lebih aman dan bahagia. Sayangnya, berusaha terlalu mengendalikan hubungan malah bisa memberikan efek yang sebaliknya lho ladies. Nah, untuk melepas sifat control freak itu, ada baiknya kamu nikmati momen yang sedang berjalan daripada terlalu memikirkan hasilnya. Selain itu Cosmo punya 10 cara ini yang bisa atasi sifat control freak dalam hubungan.

    1. Tarik napas yang dalam saat kamu merasa mulai kehilangan kontrol.

    Menarik napas (Inhale 1…2…3… Exhale 1…2…3…) menjadi salah satu cara terbaik yang bisa buat kamu lebih relaks dan terkontrol ketika situasi tidak menyenangkan terjadi dalam hubungan. Jika kamu pernah mencoba meditasi, cara tersebut kurang lebih sama untuk menenangkan diri dan berfokus pada mindfulness.

    2. Mundur sebentar sebelum kamu bereaksi.

    Ketika situasi tidak mengenakkan dengan si dia terjadi, kebanyakan reaksi yang pertama muncul adalah marah. Dari sana, reaksi-reaksi negatif lainnya akan berkembang. Untuk itu ladies, coba mundur sebentar dan berpikir kenapa harus bereaksi secara negatif kepada si dia. Padahal bicara baik-baik juga bisa menyelesaikan masalah kan.



    3. Coba lakukan positif self-talk untuk menenangkan diri.

    Ingatkan diri sendiri, “Aku bisa mengontrol tubuh, reaksi, dan tanggapanku,” ketika perasaan negatif mulai muncul yang dipicu oleh situasi menegangkan dengan si dia. Kalau masih belum berhasil coba ulangi kata-kata berikut, “Aku tidak bisa mengontrol hal tersebut dan itu tidak masalah.” Well, kamu tahu kan kalau tidak semua masalah bisa kamu kontrol.

    4. Terimalah kalau kamu tidak bisa mengendalikan hasil dari setiap situasi.

    Terbiasa mengontrol segala situasi mungkin membuat kamu merasa telah memegang kendali dalam hubungan. Tapi kenyataannya tidak juga lho. Tidak peduli seberapa besar perhatianmu untuk detail-detail masalah, hasilnya tetap akan di luar kendalimu. Jangan lupa kalau masa depan tidak bisa diprediksi, jadi apapun hasil dari penyelesaian masalahnya kamu tetap akan baik-baik saja kok ladies.

    5. Ketahui sudut pandang si dia.

    Kamu mungkin sering menghadapi pertengkaran yang berujung menentukan siapa yang benar dan salah. Normal saja jika kamu merasa harus mengontrol pasangan dan membuat si dia berpikir kamu selalu benar dalam setiap masalah. Tapi tidak ada salahnya juga kamu membuka kemungkinan kalau si dia-lah yang ternyata benar. Daripada berfokus untuk selalu menjadi benar, lebih baik coba dengarkan sudut pandang si dia kan.

    6. Lepaskanlah pemikiran hubungan yang ideal.

    Ladies kamu pasti sudah tahu dong tidak ada orang sempurna begitu juga dengan si dia. Kamu maupun si dia pasti punya banyak kekurangan and must live with those imperfections. Jika kamu melihat pasangan lain terlihat sempurna, ingatlah mereka juga punya kekurangan kok. Terpenting kamu siap menerima si dia sebagaimana mestinya.

    7. Tetap tenang ketika rencana berubah.

    Ladies, apakah kamu termasuk orang yang suka merencanakan agenda secara detail? Jadi kamu lebih berfokus dengan bagaimana acara tersebut akan berjalan, padahal tanpa kamu sadari acara yang sudah diatur secara detail itu juga bisa berubah sewaktu-waktu. Nah, kalau ini terjadi kamu tidak perlu kecewa dan berpikir rencanamu hancur. Tetap tenang dan fokus pada saat ‘sekarang’ untuk membuat rencana baru. Enjoy the moment!



    8. Cobalah berkompromi.

    Cosmo tau sih, kalau kamu ingin segala sesuatu berjalan sesuai dengan caramu. Tapi ladies, kadang dalam hubungan kamu juga perlu memenuhi kebutuhan dan keinginan si dia. Berkompromi bukanlah sesuatu yang buruk melainkan bisa menyenangkan kedua pihak. Misalnya, coba dengarkan pendapat si dia mengenai film yang akan ditonton, kalau kamu tidak suka dengan pilihan tersebut berkompromilah untuk solusi yang menguntungkan kamu dan dia.

    9. Hilangkan rasa cemburu dengan mencari tahu kebenarannya.

    Hmmm…. cemburu kadang bisa membuat kamu lepas kendali. Rasa cemburu yang berlebihan kadang berujung pada sifat controlling yang mengambil setiap keputusan. Kamu merasa hubungan tidak aman saat si dia berinteraksi dengan teman perempuannya. Tunggu dulu ladies, jika tidak ada alasan pasti kamu harus curiga terhadapnya, hilangkanlah rasa cemburu tersebut dan tanyakan pada diri sendiri apakah perlu bertindak seperti itu.

    10. Tidak perlu curiga.

    Memang lebih mudah untuk memikirkan hal negatif daripada hal positif, terutama ketika kamu merasa sudah lepas kendali. Meskipun dia pasanganmu, tapi si dia juga butuh waktu bersama teman-temannya kan, bukan berarti saat dia tidak bisa dihubungi itu karena sedang melakukan sesuatu di belakangmu. Cobalah mengatur pikiran negatif dan rasa curiga terhadap pasangan dengan menumbuhkan rasa percaya.


    (Shintia Savitri / Image: Wavebreak Media LtdC123RF.com)