Lifestyle

Gejala Kamu Sudah Kecanduan Instagram!

  by: Yemima Hutapea       7/9/2018
  • Girls, Instagram memang sudah jadi bagian dari lifestyle di era sosial media ini. But eiits, tunggu dulu, jangan-jangan kamu sudah termasuk kecanduan Instagram! Apapun yang berlebihan pastinya tidak baik buat kita. So, kali ini Cosmo meringkas beberapa gejala yang bisa menandakan bahwa kamu sudah kecanduan Instagram. Yuk, kita simak! 


    1. Instagram Jadi Hal Pertama yang Kamu Cek di Pagi Hari

    Hayoo.. Coba kamu ingat-ingat, hal pertama apa yang kamu lakukan di pagi hari? Kalau jawaban kamu adalah memeriksa Instagram-mu, maka kamu harus hati-hati kalau kamu sudah kecanduan Instagram! Bukan tidak boleh, tetapi seharusnya itu tidak menjadi prioritas utamamu di pagi hari. Seharusnya, di pagi hari hal yang kamu lakukan pertama adalah bermeditasi atau devotion.




    2. Kamu Selalu Memeriksa Berapa "Likes" yang Kamu Dapat

    Apakah kamu selalu cek berapa likes yang sudah kamu dapat setiap 5 menit? Kalau kamu memiliki insecurity berlebihan akan berapa likes yang kamu dapat, ini adalah salah satu indikasi kamu sudah kecanduan Instagram. Tidak ada salahnya untuk memeriksa instagram kamu 2-3 kali dalam sehari. Namun, jika kamu selalu menunggu depan handphonemu berapa likes yang kamu dapat, kamu harus mulai waspada! Tentunya semua orang senang jika mendapat banyak likes di Instagram, tapi ingat bahwa likes di Instagram-mu tidak menentukan value diri kamu!

    3. Kamu Tidak Bisa Melewati Satu Momen Tanpa Instagram

    Pernah melihat seseorang yang selalu menginstastory kegiatan mereka? Pada saat sedang makan, minum, istirahat bahkan pada saat ingin tidur! Nah, ini tanda-tandanya kamu kecanduan Instagram. Tidak ada salahnya ingin mengabadikan moment spesial, tapi jangan lupa untuk actually be in that moment! Kalau kamu selalu merekam momen penting di handphone, seperti pada saat berkumpul dengan teman-teman, acara ulang tahun keluarga dan reunian dengan teman SMA, maka kamu tidak benar-benar menghabiskan waktu dengan mereka!


    4. Kamu Harus Mengupload Foto Setiap Hari

    Berbeda ceritanya bila kamu adalah seorang fashion blogger, maka kamu mungkin harus mengupload foto setiap hari. Namun, bila kamu merasa ada keharusan untuk memposting foto tiap hari dan kamu merasa bahwa eksistensi kamu terancam bila sebaliknya, hahaha, maka kamu harus hati-hati. Ingat, Instagram hanyalah sosial media untuk megekspresikan diri kamu. Itu bukanlah alat ukur seberapa penting atau seberapa berharganya kamu. You are valuable no matter what, girls!


    5. Kamu Rela Melakukan Apapun, Ya, Apapun Untuk Mendapat Followers 


    Bila kamu rela untuk melakukan apapun agar kamu mendapat followers di Instagram, definitely you are addicted to it! Walaupun mendapatkan followers banyak adalah hal yang menyenangkan, jangan melakukan segala cara untuk mendapatkannya! Salah satunya adalah membeli followers! Be real with yourself, girls! Jika kamu sangat self-conscious dengan followers kamu di Instagram, bisa jadi kamu sudah sangat addicted dan attached dengan instagram-mu! Memang, kita hidup di era sosial media dan kita tidak bisa lepas darinya. Tapi ingat, jangan biarkan sosial media mengontrolmu, justru kontrol-lah penggunaan sosial mediamu girls! Together we can do it!