Better You

Ini 10 Cara Menghilangkan Noda Darah Haid di Kain

  by: Redaksi       10/9/2018
  • Masalah yang sering dialami perempuan saat menstruasi salah satunya pasti ketika darah menembus ke celana atau seprai. Bukan tidak mungkin saat kamu menstruasi di waktu-waktu tertentu akan bocor dan akhirnya tembus ke celana serta menodai seprai. Kalau sudah begini Cosmo tahu betapa sukarnya noda darah hilang dari kain tersebut. Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi ladies, noda darah haid bukan masalah besar dan tidak perlu merasa malu mengenai ini. Karena ternyata ada beberapa cara untuk mengatasinya dan berikut 10 cara untuk menghilangkan noda darah haid.

    1. Rendam kain yang terkena noda dengan air dingin.

    Saat kamu ingin menghilangkan noda darah pada kain yang berbahan ringan seperti pakaian dalam, celana tidur, atau seprai, cobalah pegang dan renggangkan dengan kencang kain pada bagian yang ternoda ke dalam air dingin. Kamu akan melihat bagaimana air akan pelan-pelan menyamarkan noda. Setelah itu sisa noda yang masih terlihat bisa dihilangkan dengan sabun apapun, seperti sabun tangan (baik cair maupun batangan) atau deterjen (baik cair atau bubuk).

    2. Saat me-laundry gunakan produk penghilang noda.

    Kamu yang selalu mengalami ‘derasnya’ aliran menstruasi, pasti yang paling sering merasakan tembus pada celana. Pada kasus ini ada baiknya kamu mengetahui beberapa produk laundry yang sangat bagus dalam menghilangkan noda di pakaian, khususnya darah. Produk yang mengandung pemutih beroksigen atau pembersih enzimatik adalah pilihan yang sangat baik digunakan pada noda haid lho.



    3. Gosokkan garam atau larutan garam pada noda.

    Sayangnya, terkadang insiden menstruasi terjadi saat kamu sedang dalam perjalanan atau tidak berada di rumah, yang paling buruk saat sedang di sekolah, kantor, konser, atau bahkan pesta. Jika seperti ini pilihan menghilangkan noda akan terbatas. Nah, akan sangat membantu kalau kamu bisa menemukan garam, sebab air dingin dan garam benar-benar membuat darah memudar dari pakaian. Untuk kamu pengguna lensa kontak bisa juga menggunakan larutan garam untuk memberikan efek yang sama.

    4. Oleskan hydrogen peroksida atau jus lemon pada noda.

    Kamu mungkin membutuhkan ‘zat’ yang lebih kuat dari sekadar air dingin, sabun, atau garam untuk menghilangkan noda darah yang sudah lama. Banyak sekali barang rumah tangga pada umumnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda-noda darah yang membandel itu! Untuk pakaian berwarna lebih terang, hidrogen peroksida atau jus lemon adalah pilihan yang tepat. Tapi kamu harus ingat juga kalau kedua ‘zat’ tersebut dapat menyebabkan hilangnya warna pada pakaian yang lebih gelap. Jadi coba terlebih dahulu pada area pakaian yang tidak terlalu mencolok untuk memastikan itu aman digunakan.

    5. Coba bersihkan noda darah dengan aspirin atau baking soda.

    Aspirin dan baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda darah. Kalau kamu ingin menggunakan aspirin, hancurkan beberapa tablet dan campurkan bubuk dengan air untuk menghasilkan ‘adonan’ berbentuk pasta yang dapat dioleskan pada noda. Sama dengan baking soda, campurkan sedikit dengan air untuk membuat pasta. Banyaknya tergantung pada berapa besar dan banyak noda darah di pakaian. Setelah mengoleskan ‘adonan pasta’ ke pakaian yang bernoda, diamkan selama 30 menit, hingga semalam, lalu cuci pakaian seperti biasa.

    6. Bubuhkan ‘zat’ pelunak daging.

    Meskipun terdengar aneh tapi ini benar-benar bisa bekerja. Ini sangat baik digunakan terutama pada noda darah yang sudah bertahan lama. Cara menggunakannya taburi noda dengan bubuk pelunak daging dan tambahkan air secukupnya untuk membuat adonan pasta. Lalu oleskan pada area yang bernoda dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.

    7. Gunakan air liurmu.

    Memang terdengar jorok dan menjijikan atau bahkan aneh tapi bisa saja ini pilihan terakhir demi menghilangkan noda darah. Terlebih ketika kamu tidak memiliki akses pada barang-barang di atas, air liur bisa benar-benar bekerja di saat seperti ini. Ketika kamu tidak bisa membawa larutan garam, kamu pasti selalu ‘membawa’ air liur bukan?



    8. Coba hilangkan noda di seprai sebelum melemparnya ke mesin cuci.

    Tengah malam menjadi waktu yang sangat riskan mengalami bocor dan menodai seprai. Untuk menghilangkan noda darah pada seprai kamu bisa menggunakan teknik-teknik yang sama seperti pada pakaian. Untuk alas kasur, selimut, atau apapun yang terlalu besar untuk dimasukkan ke mesin cuci, hilangkan noda terlebih dahulu menggunakan cara-cara sebelumnya. Kemudian cucilah. Kamu mungkin butuh bantuan jasa laundry jika mesin cucimu tidak cukup besar. Saat mengeringkan seprai, selimut, atau alas kasur masukkan bola tenis bersih untuk membuat isi di dalamnya menjadi bagus, tertata, dan halus.

    9. Hilangkan noda darah pada kasur menggunakan sedikit cairan apapun.

    Trik untuk menghilangkan noda darah di kasur kamu harus menggunakan sesedikit mungkin cairan kalau tidak ingin cairan menyerap ke dalam kasur dan tidak akan mengering. Pilih ‘zat’ apapun yang bisa menghilangkan noda seperti di atas dan oleskan pada area bernoda menggunakan kapas atau kain bersih. Kuncinya adalah tidak menumpahkan terlalu banyak cairan ke kasur, jangan takut untuk menyamarkan noda secara perlahan dan gunakan beberapa aplikasi seperti yang disebut sebelumnya. Kemudian diamkan kasur beberapa saat agar mengering, jika kamu tinggal di tempat lembap putar kipas angin ke arah kasur supaya mengering lebih cepat.

    10. Ulang kembali cara-cara di atas.

    Jika pada percobaan pertama noda juga tidak menghilang setelah kamu aplikasikan cara-cara di atas, cobalah kembali sampai noda benar-benar tersamarkan. Kadang noda darah atau noda apapun pada pakaian cukup sulit dihilangkan hanya dalam satu kali percobaan. Mungkin juga kamu harus mencoba cara yang lain.


    (Shintia Savitri / Image: doc. belchonockC123RF.com)