Celebrity

Ngobrol sama Maudy Ayunda, si Introvert Pecinta K-Drama

  by: Redaksi       16/9/2018
  • Memiliki sifat friendly, ceria, serta cerdas, menjadi alasan banyak orang mengidolakan Maudy Ayunda.

    Saat Cosmo bertemu dengan Maudy, ia mengenakan dress hitam yang membuat ia terlihat effortlessly chic. Sembari dirias, Maudy menyempatkan diri menonton drama Korea What’s Wrong With Secretary Kim? – ternyata Maudy sama saja dengan kita semua, ia juga mengalami demam K-Drama.

    Hal itu menunjukkan karakteristiknya yang open-minded dalam segala hal. Usai melakukan pemotretan, Cosmo berbincang bersama Maudy untuk membahas seputar dunia pendidikan yang ia jalani. Semua tahu kalau Maudy adalah lulusan Oxford University jurusan Filosofi, Politik dan Ekonomi (ia meraih predikat Cum Laude!), tak heran kalau ia sangat peduli dengan pendidikan di Indonesia. Dan kini Maudy sedang bersiap melanjutkan ke jenjang S2. Namun walau mengakui edukasi ialah passion-nya, bukan berarti Maudy melupakan kariernya dalam dunia entertainment. Ia tetap mengatakan kalau menjadi seorang penyanyi adalah hal yang ia sukai, “Sekalipun saya sudah berhasil mencapai mimpi dengan membangun sekolah untuk memajukan pendidikan, saya tetap ingin menjadi seorang penyanyi. So, it’s a hard decision to do.”



    Mencapai cita-cita tentu tak mudah, semua orang tahu itu. Namun nyatanya Maudy bisa menghadapi segala tantangan dengan proses yang ia jalani. “Weirdly enough, saya memiliki karakter yang membingungkan. Saya termasuk orang yang introvert, jadi sebenarnya saya takut untuk tampil di depan banyak orang. Tetapi karena saya tahu kalau bernyanyi adalah salah satu dari mimpi yang harus dicapai, saya menantang diri sendiri untuk bisa menahan rasa takut. Also, saat saya mencoba daftar ke Oxford, banyak yang berkata kalau saya tak mungkin bisa lolos. Lalu saya berpikir tak ada salahnya untuk mencoba. Karena penyesalan jauh lebih menyakitkan dibanding kegagalan,” ungkap wanita yang walau baru berusia 23 tahun telah membuat banyak orang kagum dengan pencapaian dan semangat yang ia miliki, termasuk Cosmo.

    Sehubungan dengan anniversary Cosmo yang ke-21, ia pun kembali mengingat hidupnya saat berusia 21 tahun yang penuh dengan ‘kegalauan’. “Twenty one was a fearless year. Di usia 21 tahun saya masih belum tahu arah kehidupan, apalagi saya baru saja lulus kuliah. Justru di usia tersebut adalah kesempatan untuk bisa mengeksplorasi banyak pengalaman,” sebut Maudy. Ia mengaku kalau saat itu dirinya terlalu overthinking, maka ada saja kesempatan yang ia lewatkan. But hey, Maudy melewati usia 21 tahun dengan membanggakan!

    Karena sangat menyukai segala hal yang terkait pendidikan, saat ini Maudy sedang terlibat dalam Mentorship Program. Kalau dilihat dari akun Instagram, ia sering mengajak anak-anak muda Indonesia untuk segera bergabung dalam program tersebut. “Tentunya kegiatan ini akan menarik, saya akan mengajak anak-anak usia 18-20 tahun untuk saling bertukar pikiran dan bedah buku bersama,” tuturnya sambil tersenyum ceria, “Sudah banyak yang apply dan saat ini saya lagi senang baca essay dari mereka.”

    Menjadi wanita cerdas tentu tak hanya mempelajari satu atau dua hal, namun Anda juga harus memiliki pengetahuan dan minat yang luas. Seperti Maudy, ia sangat gemar membaca buku. Saat Cosmo sedang membicarakan seputar buku favorit, Maudy menyebut literature. Hmm... Mengapa demikian? “Berbeda dengan buku lain, literature selalu menggunakan bahasa yang harus kita interpretasikan lagi, which is exciting for me, Tapi yang sekarang sedang saya baca adalah buku tentang Introverts, lebih ke self-help genre,” jawabnya. Well, tampaknya Maudy memang memiliki pengetahuan yang luas. Namun di balik kesuksesan yang ia raih ternyata tak lepas dari dukungan banyak pihak. Salah satunya adalah sang adik: Amanda. Yes indeed, mereka tampak sangat dekat seperti sahabat. “I respect her, she respects me,” sebutnya. Serta tentu saja kedua orangtuanya yang selalu mendukung apapun yang Maudy lakukan – oh! tak lupa, seseorang yang ‘special’ di kehidupan Maudy juga menjadi salah satu pendukungnya saat ini.



    Maudy pun menyimpulkan, menjadi wanita fearless merupakan salah satu pedoman terpenting dalam mencapai mimpi.

    Fearless is about staying truth to yourself. Because staying truth to yourself is something that really scary. Pokoknya, selalu percaya dengan diri sendiri – jangan terlalu memikirkan judgement dari orang lain,”

    Terakhir Maudy memberikan salam perpisahan yang hangat – jiwa semangat yang ia miliki akan selalu berbekas dan memotivasi Cosmo!


    (Nadhifa Arundati/ AK / Foto: Andre Wiredja - NPM Photography / Stylist: Alia Husin / Makeup Artist: Philipe Karunia / Hairstylist: Eva Pical)