Beauty

12 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Kantung Mata

  by: Alexander Kusumapradja       19/9/2018
  • Ladies, area gelap dan kantung di bawah mata kita bisa muncul karena berbagai faktor, dari mulai stres, kurang tidur, perubahan hormon, gaya hidup kurang sehat, hingga faktor keturunan. Selain membuat wajahmu terlihat kurang fresh, kantung mata pun bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius. 


    Karena itu tak heran bila banyak orang yang merasa terganggu dengan kantung mata dan ingin menghilangkannya. Sebetulnya di luar sana sudah ada banyak produk kecantikan yang berfungsi menghilangkan kantung mata, namun bagi yang memiliki kulit sensitif, kandungan kimia dalam produk tersebut justru bisa menimbulkan masalah baru. Solusinya adalah memakai bahan-bahan alami yang bisa kita pakai untuk menghilangkan kantung mata dengan cepat dan lebih aman. Apa saja?





    1. Kantung teh dingin

    Cara sederhana untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan memakai kantung teh yang sudah didinginkan. Jenis teh yang direkomendasikan adalah teh hijau atau teh chamomile, rendam kantung teh ke dalam gelas berisi air, lalu dinginkan sejenak di lemari es. Setelah itu kompres matamu dengan kantung teh tersebut lalu lihat sendiri hasilnya setelah kamu mencobanya dalam beberapa hari.


    2. Mentimun

    Photo from Pexels


    Kita pasti sering melihat adegan orang memakai potongan mentimun lalu menempelkannya di mata mereka, namun siapa yang sudah pernah benar-benar mencobanya? Kalau belum, sekarang saatnya mencoba cara itu. Potong mentimun lalu dinginkan di lemari es sekitar 30 menit sebelum menempelkannya di area kantung mata. Biarkan selama 10 menit lalu cuci muka dan rasakan sendiri sensasi segar seketikanya bagi mata kamu.


    3. Tomat

    Photo by Julia from Pexels


    Buah tomat adalah bahan yang bagus karena tidak hanya dapat menghilangkan kantung mata tapi juga membuat kulit di area mata terasa kenyal dan halus. Campuran yang bisa kamu coba adalah satu sendok teh jus tomat dengan satu sendok teh jus lemon yang kamu usapkan di bawah mata. Biarkan mengering sampai sekitar 10 menit lalu cuci dengan air bersih. Coba cara ini setidaknya dua kali dalam sehari. Untuk tambahan, meminum jus campuran tomat, lemon, daun mint juga bisa membantu menghilangkan kantung mata dari dalam tubuh.


    4. Kentang parut

    Next time kamu membuat french fries, sisakan sebagian kentang mentah untuk diparut lalu diekstrak airnya. Ambil kapas, rendam kapas tersebut di ekstrak air kentang, pejamkan mata, tempelkan kapas tersebut di matamu yang sudah tertutup sekitar 10 menit, lalu cuci muka sampai bersih.  


    5. Minyak almond

    Kacang almond mengandung banyak vitamin E dan minyaknya berfungsi sebagai emollient yang membantu melembapkan dan mengencangkan kulit. Cukup aplikasikan sedikit minyak almond di area kantung mata lalu pijat secara halus. Biarkan semalaman lalu cuci muka saat kamu bangun pagi.


    6. Susu dingin

    Memakai susu dingin secara teratur juga bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata sekaligus menyegarkan mata dan kulit di sekitarnya. Caranya cukup dengan mencelupkan kapas ke susu yang sudah didinginkan, tempelkan ke area kantung mata, diamkan sejenak, lalu cuci wajah kamu hingga bersih.




    7. Orange juice

    Photo by rawpixel.com from Pexels


    Tak hanya segar diminum, orange juice ternyata juga bisa menghilangkan kantung mata. Caranya dengan mencampur orange juice dengan beberapa tetes gliserin lalu diusapkan ke kantung mata. Tidak hanya menghilangkan kantung mata, cara ini juga bisa menambahkan pancaran alami di matamu.


    8. Daun mint

    Daun mint sudah dikenal karena aromanya yang menyegarkan dan kini bisa juga dipakai untuk menghilangkan kantung mata. Caranya adalah menumbuk beberapa helai daun mint dengan sedikit air hingga terlihat seperti scrub lalu usapkan ke area kantung mata. Diamkan selama 10 menit sebelum cuci bersih dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap malam selama satu minggu untuk melihat hasilnya.


    9. Air mawar

    Air mawar dikenal memiliki khasiat bagi kecantikan kulit, termasuk menghilangkan kantung mata. Celupkan kapas ke air mawar lalu tempelkan selamat 15 menit di kantung mata. Setelah itu cuci muka dengan air hangat.


    10. Lidah buaya

    Photo from Pixabay


    Selain mencegah peradangan, lidah buaya alias aloe vera memiliki banyak manfaat alami bagi kecantikan, termasuk menghilangkan kantung mata. Caranya adalah dengan menumbuk lidah buaya sampai halus lalu tempelkan di area kantung mata selama 10 menit. Kamu pun tidak perlu cuci muka setelahnya kecuali kalau wajahmu terasa lengket. 


    11. Minyak kelapa

    Minyak kelapa mengandung vitamin E dan antioksidan yang membantu memperbaiki kulit kering dan sel kulit yang rusak. Selain itu, minyak kelapa pun mengandung asam laktat yang bisa mengencangkan kulit. Sebelum tidur, usapkan minyak kelapa di area kantung mata yang sudah bersih lalu pijat perlahan selama beberapa menit. Biarkan mengering sampai kamu bangun tidur. 


    12. Kunyit

    Kunyit dikenal berkhasiat menyegarkan kulit yang lelah dan kendur. Bila dicampur dengan daun mint, paduan keduanya bisa menjadi obat alami untuk menghilangkan kantung mata. Yang pertama harus kamu lakukan adalah memblender daun mint sampai jadi bubur lalu diperas airnya. Tambahkan sekitar ¼ sendok teh kunyit ke perasan daun mint tersebut, usapkan di kantung mata dan diamkan sekitar 20 menit sampai mengering lalu cuci muka dengan air dingin.


    Yang harus diingat, seringkali area gelap yang terlihat di area mata sebetulnya tidak lebih dari efek kulit wajah yang kering. Yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kelembapan kulit wajah setidaknya dua kali sehari, entah itu sekadar cuci muka atau menggunakan bahan-bahan alami maupun produk pelembap yang sesuai jenis kulitmu.


    (Image: puhhha©123RF.com)