Better You

14 Makanan & Minuman untuk Mencegah Bau Mulut di Kantor

  by: Kezia Calesta       20/9/2018
  • Let's be honest here. Percuma kan, bila kamu sudah makeup dan berpenampilan rapi ke kantor, namun orang lain langsung memalingkan muka saat kamu membuka mulut untuk berbicara? Duh, membayangkannya saja sudah malu. Kebersihan mulut sangatlah penting, dan menyikat gigi di pagi hari saja seringkali tidak cukup, ladies. Berikut adalah 14 makanan dan minuman yang dapat kamu konsumsi untuk membasmi bau mulut di kantor.


    Dehidrasi adalah penyebab utama bau mulut. Jangan malas meminum 8 gelas air putih setiap hari, dan ingat untuk berkumur setelah makan! Apakah kamu tahu bahwa zat asam dalam buah apel dapat membunuh bakteri, dan kulit apel mengandung serat alami yang menjaga kebersihan gigi? Selain apel, sayuran yang crispy seperti seledri dan wortel juga dapat membantu menyikat sisa makanan yang menempel di gigi.


    Fun fact: air liur dalam mulut kamu mengandung enzim yang menetralisir bakteri, lho. Bakteri membutuhkan lingkungan dengan oksigen rendah untuk bertahan, maka mengunyah permen karet sugar-free dapat membantu produksi air liur yang penuh oksigen dan menyegarkan mulut. Kamu juga bisa mengunyah daun mint atau ketumbar, karena kandungan klorofil dalam daun tersebut dapat menetralisir bau yang tidak sedap.

    Mengkonsumsi sedikit keju setelah makan akan menetralisir dietary acid yang tersangkut di gigi, sedangkan plain yogurt kaya akan bakteri probiotik yang baik dan dapat menurunkan zat hydrogen sulfide yang menyebabkan bau mulut.




    Selain apel, ada berbagai macam buah yang juga bisa membuat nafas lebih segar. Buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, melon, dan beri dapat mencegah pertumbuhan bakteri secara efektif sekaligus melawan penyakit gusi.

    Last but not least, tukar kopi dengan teh, karena kandungan polyphenol dalam teh hitam dapat meminimalisir pertumbuhan bakteri dalam mulut dan mencegah kerusakan gigi. Kamu juga bisa meminum teh hijau, karena green tea kaya akan antioksidan catechin yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Yay!




    Untuk menjaga kesegaran gigi dan mulut sepanjang hari, bawalah peralatan sikat gigi untuk disimpan di kantor. Dengan begitu, kamu bisa menyikat gigi dan lidah setelah meminum kopi, setelah menyantap makan siang, atau sebelum bertemu dengan klien. Freshness guaranteed!


    (Image: doc. Olena Yakobchuk©123RF.com)