Celebrity

Exclusive Interview: Konser 10 Tahun Kiprah Syahrini

  by: Alexander Kusumapradja       21/9/2018
  • “Maju mundur syantieeek!”

    “Seperti itu???”

    “Hempas… datang lagii...”



    “I feel freeee!”


    Kecuali kamu hidup di bawah batu, rasanya tidak mungkin kamu tidak mengenali si empunya celotehan-celotehan nan manja tersebut. Yup, siapa lagi kalau bukan Syahrini (or you can call her Princess Syahrini, if you may). Lebih dari sekadar penyanyi, sosok wanita kelahiran Bogor tersebut telah menjelma sebagai sosok selebriti yang tingkah lakunya kerap menjadi viral. Entah itu dari gaya fashion dan gaya hidupnya yang terlihat “wah” ataupun jargon-jargon khas yang kerap terlontar dengan asal namun dengan cepat menjadi tren. Dengan followers Instagram mencapai 22,7 juta followers, dia termasuk sosok paling influential di jagat hiburan Tanah Air, whether you love or secretly jealous of her.


    Namun, di balik semua gelagat yang membuat senyum atau iri, Syahrini sejatinya adalah entertainer serba bisa yang berkiprah di dunia tarik suara, akting, hingga bisnis. Pertama kali merilis album berjudul My Lovely di tahun 2008, dalam perjalanan kariernya yang sudah menginjak satu dekade ini, ia telah memiliki empat album penuh, puluhan singles, dan segenap film layar lebar. Untuk merayakan 10 tahun perjalanan kariernya, secara khusus tahun ini ia pun menyiapkan sebuah konser istimewa bertajuk “Journey of Syahrini: #10TahunJambulKhatulistiwa.”


    Akan digelar besok, tanggal 20 September 2018 di Ciputra Artpreneur Jakarta, konser yang dipersembahkan oleh Berlian Entertainment ini disebut sebagai konser yang berbeda dari konser-konser musik pada umumnya. Akan seperti apa? Cosmo pun penasaran. Untungnya, Syahrini menyempatkan waktu untuk datang ke kantor Cosmo dan berbincang-bincang manja tentang konser cetar membahana ini. Berikut adalah obrolan Cosmo bersama Syahrini:



    Cosmo: First thing first, bagaimana sih cara seorang Syahrini memulai hari?

    Syahrini: Pastinya dibangunkan dengan salat subuh, itu atmosfer pertama yang didapat. Kalau saya orang muslim kan, jadi laporan ke Allah dulu. Walaupun ngantuk, kalau tidak ada acara pagi pasti saya tidur lagi sampai siang, haha. Karena insomnia berat, jadi aku tidurnya itu justru setelah salat subuh sebetulnya. Jadi memang siklusnya seperti itu, anggap saja aku mengikuti jam tidurnya Amerika lah, haha. 


    C: Cara Syahrini melakukan perawatan kulit menjelang konser?

    S: Perawatan hampir tidak pernah. Percaya tidak percaya, aku tidak pernah facial karena kalau facial malah berjerawat, jadinya aku merawatnya hanya memakai day cream dari dokter spesial yang biasa aku pakai dari zaman kuliah, tidak pernah ganti sampai sekarang dan memakai blush on saja untuk sehari-hari, karena aku bukan pemakai bedak dan foundation karena kalau pakai juga langsung alergi. Nyanyi pun sama, iklan pun sama, jadi yang dibuat hanya riasan matanya saja.


    C: Apa ekspektasi Syahrini dari konser ini?

    S: Ekspektasinya adalah ingin membuat semua orang yang nonton di Artpreneur nanti tertawa bahagia, penuh riang gembira, dan memorable. Beda dari konser lain yang serius yang seakan hanya mendengarkan musik. Ngantuk kan? Maunya mereka ketawa dan bahagia. Karena motto aku adalah: hari tanpa tawa adalah sia-sia, haha. Harus ketawa!


    C: Konser ini akan menghadirkan beberapa bintang tamu juga seperti Glenn Fredly, Rendy Pandugo, dan Tompi. Dari sekian banyak teman Syahrini, kenapa mereka yang dipilih?

    S: Kalau Glenn sama Tompi kan mereka sudah sering konser dan aku sudah pernah nonton mereka seru saja, kaya satu frekuensi. Mereka juga teman lama aku, kalau sama Glenn juga ada sejarahnya dari dulu kita kenal baik, di awal karierku dia banyak kasih tahu mengenai dunia showbiz. Sama Tompi juga teman baik, jadi kenapa tidak mereka ada di konser ini. 



    C: Ada empat desainer yang terlibat di konser ini, yaitu: Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Eddy Betty, dan Rinaldy A. Yunardi. Kenapa memilih empat desainer tersebut?

    S: Karena beliau-beliau ini adalah maestro dan senior di dunia fashion Tanah Air. Aku kan sering dijuluki fashion darling, ya aku kenal baik dengan semua desainer siapa saja, dari young designer maupun yang sudah senior. Tapi kenapa mengusung mereka, karena mereka ini adalah orang-orang yang tepat untuk pencapaian 10 tahun aku berkarya di industri showbiz dan aku tuh sudah seperti saudara dengan mereka. Sama Mas Seba, Mas Eddie Betty… Apalagi Koh Yungyung (Rinaldy—red) juga sudah kaya kakak sendiri teleponan setiap hari. Apapun beliau supportnya dengan sepenuh hati dan kerja ini kan pakai hati, jadi dengan siapapun yang terlibat di konser ini semua adalah orang-orang hebat lah.


    C: Ada tidak satu nama makeup artist yang akan terlibat di konser ini?

    S: Iya, ada. Dan dia juga sering makeup aku di awal-awal karier. Dulu dia makeup buat cover album pertama aku dan pokoknya dia yang mengiringi karier aku selama 10 tahun ini. 


    C: Jadi orang-orang yang terlibat di konser ini memang semuanya orang yang mengiringi karier Anda selama ini ya?

    S: Betul, makanya judulnya Journey of Syahrini kan artinya orang-orang yang terlibat dalam perjalanan 10 tahun ini. Kecuali Mas Nikita Dompas, music director yang sekarang, karena aku baru mengenal, aku juga ingin kekinian saja dan lebih anak muda. Kalau di pertelevisian aku sudah biasa sama Mas Erwin Gutawa atau Mas Addie MS, beliau-beliau adalah senior yang hebat, maestro di musik, tapi aku ingin berkolaborasi dengan anak-anak muda yang kekinian hari ini.


    C: Memiliki tagar #10TahunJambulKhatulistiwa, apa saja metamorfosa yang terjadi dalam diri Syahrini?



    S: Banyak hal, kalau diceritakan semua bisa tiga buku kali ya? Tapi semua orang pasti bermetamorfosa kan? Dari mulai bentuk wajah, bentuk badan... Seiring usia, pasti semua berubah. Contohnya saja dari tahun lalu, aku punya berat badan 55 eh sekarang 45 kilo. Itu saja mengubah segalanya. Penampilan, bentuk wajah, fisik, usia juga bertambah pasti pendewasaan dalam berpikir ke depan juga lebih matang. Dalam bermusik juga sudah tidak mau main-main lagi. Artinya metamorfosa ini juga manifestasi dari sebuah kerja keras yang aku lakukan sama tim selama 10 tahun ini.


    C: Pembelajaran paling berharga yang didapat selama 10 tahun berkarier ini?

    S: Jam terbang. Karena sering nyanyi off air di berbagai kota dan di luar juga, jam terbang itu penting sekali untuk pendewasaan kita dalam berkarya dan bermusik karena tanpa adanya jam terbang di dunia panggung, tidak mungkin ada konser ini juga. Aku sudah menjajal panggung on air dan off air sudah ratusan ribu kali mungkin ya 10 tahun ini. Dari outdoor yang massanya Slankers, bonek-bonek juga udah… Takut… Haha! Dulu kan ya awal-awal berkarier sampai akhirnya sekarang jadi penyanyi ballroom kalau wedding. Nah, itu menjadi pembelajaran yang berharga sampai ke titik 20 September di konser 10 tahun ini. 


    C: Menjelang konser, bagaimana cara Syahrini menjaga kebugaran?

    S: Kalau aku kan hobinya salah satunya nari, jadi olahraga yang aku lakukan adalah berenang dan akhir-akhir ini nari dan nanti aku bakal menari dengan 10 dancers. Selain itu menjaga kebugaran dengan makan makanan yang benar-benar aku butuhkan untuk badan dan aku sudah diet ketat selama hampir satu tahun ini. Tidak memakan karbo, makan siang saja paling tiga sendok nasi dan sebulan sekali pasti ada cheat day sih, nggak sanggup kan ya? Haha. Itu saja sih paling, makanan yang sehat.


    C: Sebelum ini Syahrini juga pernah konser di Singapura, ada rencana konser di luar lagi tidak?

    S: Setelah ini memang sudah ada permintaan untuk konser di Malaysia, kita lihat lah, ini saja masih capek kepikiran konser dulu. Sudah ada request ke manajemen setelah ini konser Journey-nya di Malaysia dan Brunei, Insya Allah. Fokusnya di Jakarta dulu, nanti banyak juga tamu dari Malaysia dan negara tetangga, ini pembeli tiketnya luar biasa. Dari Negeri Jiran terbanyak, mereka pasti menginginkan saya untuk bisa konser di sana. Kemarin sudah konser di Malaysia bersama Cakra Khan dan Judika itu sukses sekali di stadion terbesar di sana, Syah Alam. Terus juga ada request beberapa dari promotor di sana untuk konser sendiri, tapi aku pikir Jakarta dulu deh. 



    C: Setelah konser tanggal 20 September nanti, apa rencana Syahrini selanjutnya?

    S: Setelah itu bakal ada single yang keluar karena aku ingin mengeluarkan album selanjutnya. Sedang proses recording terus sambil memilih lagu yang tepat karena albumnya kali ini mau yang serius. Bukannya kemarin tidak serius, tapi memang banyak yang bercanda kaya lagu “Sesuatu”, “Seperti Itu?”, lagu centil-centil. Sekarang aku mau beralih ke lagu yang lebih serius dan mau lihat seperti apa sambutannya.


    C: Lalu, bagaimana istirahatnya? Apa me time yang dilakukan Syahrini?

    S: Mau traveling sih, karena tahun ini tidak ada summer holiday karena dikarantina tiga bulan nih buat konser. Aku hobi sekali traveling kan, me time aku itu pas traveling. Misalkan kalau di Europe, aku bisa lari pagi dan orang tidak tahu aku siapa, aku bisa no makeup, no eyelashes, merdeka gitu… Haha. Kalau di sini kan harus rapi kan ya? Di sini kan banyak yang minta foto, even itu di toilet, kan kasihan kalau kita kaya mbak-mbak di rumah, kalau tidak rapi nanti pemirsa kecewa, mereka jadi malas men-download RBT aku kelak, haha! Mending aku rapi selalu, jadi tidak mengecewakan mereka, jadi sesuai sama yang dilihat di Instagram sama aslinya. Aku ingin selalu terlihat profesional all the time, harus selalu rapi. Itu cara aku merawat diri dan merepresentasikan diri kepada fans dan kepada orang yang support karier selama ini, karena tanpa mereka kita nothing kan ya? Kan fans maunya “Incess kok tadi di TV gini, sekarang gini? Kok lelah?” jadi ya sudah on saja terus kaya gini, haha! Di rumah baru deh jadi diri sendiri.


    C: Kalau misalnya tidak tinggal di Indonesia, Syahrini mau tinggal di mana?

    S: Saya maunya tinggal di Los Angeles karena di sana bisa nyetir, tempatnya luas, ada berbagai season juga, winter dapat summer dapat, dan banyak teman juga di sana, jadi ya senang saja di sana.


    C: Kalau harapan Syahrini sepuluh tahun ke depan?

    S: Sepuluh tahun ke depan artinya sudah berkeluarga dong harusnya, masa kaya gini terus? Sudah punya anak, amiiin, doakan ya? Semoga disegerakan karena habis konser juga mau fokus ke diri sendiri. Kodratnya perempuan menikah dan punya anak, karena aku masih menganut paham itu. Itu saja sih 10 tahun ke depan, kalau masih diizinkan suami pasti masih bernyanyi seperti Celine Dion, Beyonce, mereka masih berkarya kan walaupun sudah punya suami dan anak. Maunya begitu.


    C: Memang seperti apa sih Mr. Right versi Syahrini?

    S: Waduuuh…. Pasti harus seiman, biar bisa imamin salat dan membahagiakan lahir batin dunia akhirat. Kalau soal ketampanan ya harus dong, masak kalau dibawa ke mall malu-maluin ya kan? Yang enak dilihat lah, tidak ada kriteria sebetulnya yang penting seiman saja. Umurnya tidak beda jauh.


    C: Terakhir, 5 kata untuk konser Journey of Syahrini ini?

    S: Pastinya cetar membahana, sesuatu, manjaaahh…. Ulalaa… apa lagi ya? Dan pastinya begitu spektakuler! Sudah lebih dari lima kata ya? Hahahaha.



    (Image: Instagram @princessyahrini, ilustrasi: Maya Putri.)