Beauty

Ini Asupan Detoksifikasi Tubuh Yang Bisa Kamu Coba!

  by: Astriana Gemiati       21/9/2018
  • Salah satu isu kesehatan yang dihadapi generasi muda masa kini adalah semakin memprihatinkannya kadar toxin atau racun yang ada di dalam tubuh. Walaupun kamu sudah menjaga pola makan sehat dengan menu yang kaya nutrisi, terkadang faktor dari luar memaksa racun untuk memasuki tubuh kita. Memang kedengarannya menyeramkan, namun kondisi tersebut mau tidak mau harus kita hadapi. Penyebab penumpukan racun dalam tubuh yang sangat sulit untuk kita dihindari, diantaranya seperti udara berpolusi yang kamu hirup, kurangnya berolahraga, serta tuntutan gaya hidup masa kini.

    Untuk mengatasinya, kamu bisa memulainya dengan melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh melalui penyerapan, distribusi, biotransformasi, dan ekskresi molekul toksin. Proses detoksifikasi bisa kamu lakukan dengan menyertakan makanan yang memiliki kemampuan alami untuk membuang racun-racun dalam tubuh kamu ke dalam menu sehari-hari. Setidaknya, kamu cukup sertakan satu menu dalam sehari untuk membuang racun dalam tubuh secara bertahap.

    Kira-kira apa saja ya makanan dan minuman yang bisa kamu gunakan untuk detoksifikasi?



    Yuk, simak dan kamu bisa memulainya dari sekarang!

    Lemon & Air Putih




    Lemon telah terbukti mengandung kadar vitamin C sangat tinggi yang mampu menangkal radikal bebas dan membersihkan, serta memaksimalkan fungsi hati. Sedangkan air putih juga dikenal sebagai cairan utama yang dibutuhkan tubuh sekaligus mampu membersihkan tubuh dari dalam dengan cepat. Bayangkan jika keduanya bergabung. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, kamu dapat mengkonsumsi perasan air lemon yang dicampur dengan air hangat setiap pagi. Keduanya akan bekerja optimal membuang racun yang ada di dalam tubuh kamu. 


    Apel



    One apple a day keeps the doctor away. Sepertinya ungkapan tersebut tidaklah berlebihan untuk menggambarkan kehebatan buah apel. Hal ini karena apel mengandung pectin yang mampu mengenyahkan zat metal di tubuh. Selain itu, apel juga diakui mampu merawat kecantikan kulit. 


    Teh Hijau



    Teh hijau sudah lama dikenal khasiatnya yang baik untuk tubuh. Berkat kandungan flavanoid di dalamnya, teh hijau mampu memaksimalkan fungsi hati sehingga pembuangan racun dalam tubuh bisa keluar secara maksimal. Selain itu, teh hijau juga dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. 


    Bawang Putih



    Tak hanya berguna untuk membangkitkan selera dan mengharumkan masakan, bawang putih ternyata dapat menjadi makanan untuk membantu detoksifikasi. Bawang putih juga memiliki kandungan zat yang mampu memproduksi enzim yang dapat mempercepat proses pengeluaran racun dalam tubuh. Kamu dapat memanfaatkan bawang putih dengan menambahkannya lebih banyak ke dalam masakan maupun memakannya secara langsung. 




    Jahe



    Manfaat jahe untuk pengobatan sudah dikenal sejak dahulu kala. Namun, ternyata jahe juga dapat digunakan untuk membuang racun dalam tubuh dengan kandungan zatnya yang mampu membuang radikal bebas dan racun. Kamu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk teh jahe ataupun sup jahe. 


    Sayuran Hijau



    Sayuran hijau adalah salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi setiap harinya. Selain karena kandungan gizinya, sayuran hijau sangat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. 


    Minyak Omega 3



    Minyak Omega 3 ternyata bermanfaat untuk menyerap racun dan radikal bebas dengan cara mengeluarkannya melalui keringat, air seni, dan feses. Anda dapat mengambil manfaat dari minyak Omega 3 dengan menggunakannya untuk mengolah masakan sebagai pengganti minyak yang biasa digunakan. 


    Bit



    Bit memang masih jarang dikonsumsi di Indonesia, namun buah bit memiliki banyak manfaat yang baik untuk kinerja hati yang berfungsi mengeluarkan racun dalam tubuh. Buah dengan warna merah yang cantik ini sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah untuk menjaga kandungan gizinya. Jangan lupa dicuci dahulu ya sebelum kamu memakannya.


    Arthichoke



    Sama seperti bit, arthichoke masih belum umum dikonsumsi di Indonesia. Namun kini arthichoke mulai diminati kalangan penganut gaya hidup sehat karena kandungan antioksidan dan serat yang tinggi dalam arthichoke. Arthichoke juga mampu menumpas lemak jahat dalam tubuh dan juga bahaya alkohol. 

    Selamat mencoba!

    ( Image: Shanice Garcia via Unsplash.com, Dok Instagram, Dok. GIPHY )