Beauty

Cara Memiliki Kulit Glowing dalam 14 Hari!

  by: Yemima Hutapea       20/9/2018
  • Siapa sih yang tidak ingin kulit bersih dan cerah? Semua orang pasti ingin memiliki kulit sehat kan, girls.. Termasuk Cosmo! Nah, sekarang Cosmo mau berbagi tips tentang beberapa cara untuk mendapatkan kulit glowing dalam 14 hari.


    Day 1 

    Di hari pertama ini, kita akan memulai sebuah kebiasaan baru. Familiar dengan istilah CTM, girls? CTM adalah singkatan dari Cleanser, Toner, & Moisturizer. Mungkin beberapa dari kita bahkan tidak terbiasa membersihkan muka kita di pagi dan malam hari. The fact is, we need to wash our face with cleanser! Water is not enough. Mulai hari ini biasakan ritual ini di dalam skincare routine ya!




    Muka kita setiap harinya pasti terkena polusi. Di luar, maupun di dalam ruangan. Polusi itu seringkali menyebabkan tumpukan lapisan sel kulit mati. Oleh karena itu, kita harus mengangkat sel culait mati menggunakan gentle cleanser untuk menghindari komedo atau jerawat karena pori-pori yang tersumbat.  Ada banyak pilihan cleanser nih, girls! Tergantung dengan tipe kulit kamu. Untuk kulit yang kering, dianjurkan menggunakan cleanser yang tidak terlalu banyak mengandung busa. Setelah cuci muka, gunakan toner untuk mengangkat residu yang masih tersisa di muka. Natural toners seperti rose water, green tea, dan white vinegar bekerja sangat baik untuk mengembalikan kadar Ph kulit kita tanpa membuat kulit kita jadi kaku. Akhiri ritual ini dengan moisturizer. Pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu. Salah satu favorit Cosmo adalah sleeping mask dari Laneige yang juga berfungsi sebagai moisturizer! 





    Day 2

    Di hari kedua ini, kita akan lebih fokus degan apa yang kita konsumsi. Kulit kita dipengaruhi oleh nutrisi makanan yang kita konsumsi. Walau menjaga kulit dari luar itu penting, menjaga kulit dari dalam tidaklah kalah penting! Mengonsumsi makanan yang tepat untuk kulit adalah salah satu kunci untuk memiliki kulit glowing. 

    Terus lakukan ritual cleanser-toner-moisturizer pada pagi hari. Kemudian, diikuti dengan masker muka alami. Cara membuat masker alami sangatlah mudah! Kita bisa menggunakan buah-buahan sebagai ingredients. Contohnya pisang sangat baik untuk kulit tipe kering dan strawberry cocok untuk kulit berminyak. Dengan demikian, kulit kita tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang asing di kulit.

    Jangan lupa untuk konsumsi buah-buahan dan air putih! Air putih sangatlah penting untuk menjaga kulit kita tetap hydrated. Buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi seperti pir, apel dan jeruk juga sangat baik untuk dikonsumsi. Buah-buahan tersebut akan membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Jangan lupa lanjutkan ritual CTM di malam hari! 

    Psst, untuk kamu yang ingin mencoba recipe jus sehat, bisa mencontek resep dari health blogger asal UK satu ini!



     

    Day 3

    Di hari ketiga ini, kita akan melakukan exfoliating! Kita akan mengelupas sel-sel kulit mati. Treatment ini membuat kulit kita semakin halus dan cerah. Dengan begitu, kulit kita juga mudah meresap skincare products yang kita gunakan sehari-hari. 

    Pertama-tama, cuci muka kita dengan makeup remover. Lalu, gunakan sponge untuk mengaplikasikan facial scrub pada wajah dan usap wajah pelan-pelan. Ingat! Jangan usap wajah terlalu keras, karena kita tidak mau wajah kita menjadi iritasi. Setelah facial scrub diusap ke seluruh wajah, basuh dengan air hangat. 

    Setelah eksfoliasi, kembali gunakan toner dan moisturizer pada wajah. Hal ini penting digunakan agar wajah tidak menjadi kering. Kamu juga bisa menggunakan masker terlebih dahulu sebelum memakai toner & moisturizer! 

    Bila kamu melakukan hal ini di pagi hari, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setelahnya! Sunscreen ini penting banget loh, girls! Karena ini bisa melindungi kita dari sinar UVA dan panas terik matahari.

    Nah, salah satu sunscreen favorit Cosmo adalah Invisible Shield dari Glossier! Patut dicoba nih!




    Day 4

    Pada hari keempat, semestinya kamu sudah mulai melihat perubahan yang signifikan. Dari segi tekstur pori-pori dan kulit kamu harusnya sudah terlihat ada perubahan. Tapi, bukan berarti kamu berhenti melakukan ritual kamu ya!


    Uapkan wajah kamu sebelum cuci muka, dengan demikian kulit wajah kamu bisa lebih meresap your gentle cleanser ! Uapkan selama kira-kira 10 menit, kemudian cuci mukamu dengan cleanser sampai berbusa. Sebagai pilihan lain, kamu juga bisa menggunakan masker madu & oatmeal setelah mencuci muka. Setelah selesai, jangan lupa kembali gunakan toner-mu dan akhiri dengan moisturizer. Untuk kulit berminyak, gunakan moisturizer berbasis gel seperti Benton Aloe Soothing Gel!



    Day 5

    Di hari kelima, setelah melakukan ritual CTM, kita akan massage wajah kita secara pelan-pelan untuk melancarkan sirkulasi darah!  Ini juga membantu meremajakan kulit kita. BIla kamu memiliki serum mata, kamu juga bisa memijatkan serum mata kamu di area bawah mata. Dengan begitu, lingkaran hitam di bawah mata bisa hilang dan wajahmu terlihat lebih segar! Salah satu eye treatment favorit Cosmo adalah Ahava!



    Setelah di massage, aplikasikan toner, moisturizer dan SPF. Di malam hari, gunakan masker sebelum melakukan CTM ritual!


    Day 6

    Saatnya untuk exfoliaton lagi! Secara ideal, kamu harus melakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu karena setiap harinya kulit kita membentuk lapisan sel kulit mati. Scrub yang tepat untuk melakukan eksfoliasi menurut Cosmo adalah scrub yang tidak terlalu kasar di wajah seperti scrub dari Body Shop ini!



    Jangan lupa juga untuk tetap banyak mengonsumsi jus dan buah-buahan ya! 


    Day 7

    Ini saatnya untuk memanjakan kulitmu lagi! Fruit mask is one of our favorite facial mask. Coba masker dari Innisfree ini! Ohya, kamu juga bisa membuat masker dari buah-buahan sendiri loh.



    Terus lakukan ritual CTM dan jangan lupa minum air putih yang banyak. Ikuti rutinitas ini selama 14 hari dan kamu akan melihat perubahan yang signifikan pada kulitmu! Ingat, jangan sentuh-sentuh mukamu saat sedang berjerawat. Jerawat kamu akan keluar dengan sendirinya bila kamu melakukan ritual ini: CTM, Masker dan exfoliating. Satu lagi, jangan mudah menyerah bila kamu belum melihat hasilnya! Consistency is the key! Selamat mencoba, Cosmo readers!