Celebrity

12 Aktris Drama Korea Ini Dulunya Model

  by: Redaksi       20/9/2018
  • Kemampuan fashion modelling dan akting di layar lebar atau TV kadang bisa hampir serupa. Coba saja lihat ketika para model dan aktris harus membangkitkan emosi mereka, memainkan suatu karakter, atau membuat penonton percaya dengan cerita yang ingin disampaikan – entah dalam sebuah film atau halaman majalah. Tidak heran dong, kalau banyak model yang melakukan transisi menjadi aktris dan mulai mengembangkan sayap ke ‘panggung sandiwara’. Ini dia 12 aktris Korea yang melakukan debut sebagai model di runway atau iklan sebelum menjadi aktris.


    1. Jun Ji Hyun 





    Number one korean actress ini memang sudah legendaris. Sebelum dikenal sebagai aktris yang bertalenta, Jun Ji Hyun ternyata memulai karier sebagai model untuk majalah Ecole tahun 1997. Ketika berumur 16 tahun, teman SMA-nya yang juga merupakan seorang model memperkenalkan Ji Hyun kepada seorang fotografer. Setelah itu, namanya melejit lewat iklan Samsung My Jet Printer – yang memperlihatkan sosok Ji Hyun yang percaya diri dan memesona sambil menari, membuatnya menjadi ikon bagi anak remaja masa itu. Barulah setelah itu Ji Hyun melakukan debut di Korean Drama My Sassy Girl yang membuatnya semakin dikenal.

    2. Gong Hyo Jin



    Memiliki pengalaman cukup panjang sebagai fashion model dan membintangi banyak iklan membuat Gong Hyo Jin dikenal dengan gayanya yang cool dan tidak biasa, baik di dalam maupun di luar kamera. Sekarang, ia dikenal sebagai Korea’s top rom-com leads atau Queen of rom-com dengan kemampuannya yang baik dalam membangun chemistry dengan lawan main. Hal ini ia buktikan dalam drama Pasta, the Greatest Love, dan the Producers. Selain itu kelihaiannya memerankan karakter juga biasa membuat penonton meneteskan air mata, lho.

    3. Shin Min Ah



    Melakukan debut sebagai model di sebuah majalah saat berumur 14 tahun, Shin Min Ah sekarang dikenal sebagai aktris cantik yang memiliki pesona tersendiri. Lesung pipi yang khas, sorot matanya yang menawan, serta kemampuan aktingnya yang baik mengantarkannya memerankan drama Beautiful Days bersama Lee Byung Hun yang menjadi hit. Ia kemudian membintangi beberapa drama yang juga terkenal, dan sekarang ini tetap aktif menjadi model untuk top beauty brands dan label fashion designer ternama.

    4. Bae Doona



    Bae Doona dianggap sebagai salah satu aktris terbaik di Korea yang sekarang telah mendapat pengakuan di panggung Hollywood. Namun jauh sebelumnya, kariernya berawal ketika sebuah model talent agency menawarkannya menjadi model setelah melihatnya di sebuah runway di Seoul, dan ia pun memulai karier sebagai catalog model di tahun 1998. Di perfilman, ia dikenal sebagai aktris yang pemberani, terlebih ketika sutradara Bong Joon Ho memintanya bermain di film Barking Dogs Never Bite, dimana ia mengiyakan untuk akting tanpa makeup – hal yang tidak berani dilakukan aktris mana pun pada waktu itu (slay girl!).

    5. Kim Min Hee



    Kamu yang menyukai drama Korea pasti mengenal Kim Min Hee untuk aktingnya yang berani, misterius, dan serius – yang membuatnya mendapat pengakuan internasional. Tetapi sebelum berakting, ia memulai karier sebagai model majalah di masa remajanya. Drama-drama Min Hee yang paling dikenal adalah drama remaja School 2, The Handmaiden, dan On the Beach at Night Alone.

    6. Kim Hyo Jin



    Seperti yang lainnya, Kim Hyo Jin juga memulai karier sebagai model untuk majalah remaja. Ia kemudian melakukan transisi ke panggung teater dan akhirnya mulai menjelajahi film-film erotic thriller. Sekadar informasi, ia bertemu suaminya, aktor sekaligus sutradara Yoo Ji Tae, ketika mereka melakukan modeling untuk sebuah merek pakaian.

    7. Han Ye Seul





    Han Ye Seul pertama kali dikenal ketika ia memenangkan kontes Supermodeling (waktu itu ditayangkan di SBS) tahun 2001. Aktris dan model yang lahir serta besar di Amerika Serikat ini pun pindah ke Korea Selatan karena ingin mengejar karier di dunia industri hiburan. Ye Seul dikenal sebagai aktris di Korea berkat perannya di drama Forbidden Love dan juga membintangi Spy Myung Wol, Tazza, dan Birth of a Beauty. Meski sering memerankan karakter yang memiliki kecantikan menawan, namun ia juga berhasil membuktikan bahwa ia bisa lebih dari sekadar berpenampilan cantik melalui kemampuan aktingnya (yesss girl!).

    8. Lee Sung Kyung



    Dengan tubuh tinggi semampai dan perawakan yang cantik polos, Lee Sung Kyung seperti ditakdirkan untuk menjadi model di runway dan drama. Kariernya dimulai ketika ia memenangkan Supermodel Award tahun 2008, membuatnya menjadi salah satu model paling diminati di media cetak, runway, music video, dan iklan TV. Debutnya di drama Korea adalah saat memerankan karakter anak sekolah yang jatuh cinta dengan karakter Lee Kwang Soo dalam drama It’s Okay, That’s Love. Semenjak berakting di drama ini, produser yang melihat bakatnya itu akhirnya mengajaknya untuk memerankan peran yang lebih penting, sampai ia sukses menjadi tokoh utama di drama-drama romantis.

    9. Esom



    Esom (Lee Som) pertama kali memulai karier sebagai model saat melakukan audisi di reality program pencarian bakat model Mnet tahun 2008. Sedangkan pengakuannya sebagai aktris ia dapatkan setelah berperan sebagai tokoh utama di film Scarlet Innocence, di mana ia dinominasikan sebagai ‘Best New Actress’ di lima acara penghargaan berbeda. Proyek terbarunya adalah drama rom-com berjudul The Third Charm bersama aktor tampan Seo Kang Joon, di mana kabarnya mereka terbang ke Portugal untuk syuting drama ini.

    10. Jung Yoo Jin



    Memulai karier modelnya di bawah naungan agensi YG Entertainment, portofolio dirinya dalam dunia modeling mencakup merek-merek fashion ternama dunia seperti Louis Vuitton, Fendi, Chanel, Marc Jacobs, dan DKNY. Sedangkan untuk sampul majalah, Yoo Jin (Eugene) sudah pernah terpampang di majalah Vogue, Marie Claire, dan tentunya Cosmopolitan. Yoo Jin mulai dikenal sebagai aktris setelah membintangi drama Heard It Through the Grapevine, Moorim School, dan W. Drama terbarunya yang sedang tayang adalah 30 but 17.

    11. Kim Ji Won



    Pesona Kim Ji Won mulai diketahui melalui sebuah iklan TV, di mana ia dikenal dengan sebutan ‘Oran C Girl’ dan ‘Lollipop Girl’ (bersama BIG BANG). Kemudian, ia mulai memainkan peran-peran kecil di drama High Kick 3: The Short Legs Strike Back dan To the Beautiful You. Akting kariernya kemudian melonjak saat ia memerankan drama Heirs bersama Lee Min Ho. Ji Won juga memenangkan penghargaan New Star di SBS Drama Awards, dan menarik hati penonton lewat drama Descendants of the Sun. Untuk peran utama pertamanya, ia beradu akting dengan Park Seo Joon dalam drama Fight My Way, serial yang membuat statusnya menjadi seorang aktris papan atas kian diperhatikan.

    12. Nana



    Nana memang dikenal sebagai anggota girl group Afterschool dan Orange Caramel, namun sebenarnya ia lebih dulu memulai karier sebagai model saat berpartisipasi di ajang Asia Pacific Super Model tahun 2009. Sementara beberapa anggota yang lain melebarkan sayap untuk menjadi penyanyi solo, Nana mulai melebarkan sayap menjadi TV hosts untuk acara Style Log dan bermain di drama Chinese. Kemampuan beraktingnya diakui setelah ia berperan di Good Wife di mana ia mendapat penghargaan Rookie Actress di 2016 Asia Artist Awards.


    (Shintia Savitri / Image: doc Instagram @eugene__jung , @ricepuppy0301, @jin_a_nana , @geewonii, @esom_ , @heybiblee, @han_ye_seul_, @hyojin__0705, @doonabae, @illusomina, @rovvxhyo, @junjihyun_81)