Career

Tertarik Bekerja di Bidang Startup? Ini Dia 7 Tipsnya!

  by: Giovani Untari       25/9/2018
  • Ladies, sedang tertarik melamar pekerjaan atau ingin lebih mengeksplorasi jalur karier dengan “mencicipi” dunia startup? Bagi Anda yang tengah berada di antara dua opsi di atas, tak ada salahnya untuk memantapkan langkah dengan mencoba peruntungan karier di bidang startup. Semakin tingginya antusiasme masyarakat untuk berinovasi dengan mendirikan perusahaan startup memang tak dipungkiri menjadi peluang manis bagi Anda untuk mengembangkan karier dalam bisnis yang satu ini. Untuk itu, Cosmopolitan telah menyiapkan 7 tips agar karier Anda bersinar dengan segala opportunity yang ada di industri startup Berikut sejumlah tips-nya:


    Fleksibel dan Cepat Beradaptasi

    Satu hal yang perlu Anda ingat ketika ingin bekerja di bidang startup adalah ritme kerjanya yang berbeda dengan dunia korporat. Sistem bisnis dalam industri startup sendiri berkembang dengan sangat cepat dan rentan mengalami perubahan, baik yang bersifat minor maupun mayor. Hal ini pada akhirnya jelas menuntut Anda untuk bersikap lebih fleksibel terhadap perubahan serta dituntut cepat beradaptasi di dalamnya. 

    Tak hanya urusan sistem bisnis, sisi fleksibilitas pun akhirnya berpengaruh pada urusan jam kerja dan lokasi di mana Anda bekerja. Sehingga tak jarang bahwa dalam waktu seminggu mungkin Anda tak harus berada di kantor lantaran mengurus sejumlah keperluan atau mungkin perusahaan memperbolehkan Anda bekerja di rumah seharian. Jadi bersiaplah untuk bekerja lebih fleksibel dan belajar beradaptasi dengan perubahan yang ada ya, ladies!




    Selalu Berpikir Maju ke Depan

    Bisnis startup sendiri tak ayal turut berpacu dengan selera dan perkembangan market saat ini. Jadi ketika Anda memutuskan bergabung dengan dunia startup, ini saatnya Anda untuk selalu berpikir maju ke depan dan menganalisa seperti apa selera pasar di kemudian hari. Kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan dengan selera pasar bisa menjadi faktor penentu keberlangsungan suatu bisnis startup di masa ini. Menariknya, kini semua hal tersebut bisa dimulai dari Anda.




    Inisiatif

    Sistem birokrasi yang lebih terbuka dalam industri startup bisa jadi suatu hal yang menguntungkan sekaligus tricky bagi Anda yang sebelumnya bekerja di tempat dengan birokrasi yang lebih terpadu. Oleh karena itu, satu tips dari Cosmopolitan agar Anda bertahan di bisnis startup adalah inisiatif lah dalam pekerjaan Anda. Misalnya: Jangan ragu untuk insiatif bertanya dengan rekan kerja Anda apabila ada kesulitan yang dialami saat melaksanakan job-desk Anda. Bekerjalah extra miles agar tetap mendapatkan hasil memuaskan dan menunjukkan integritas Anda.


    Bersiap dengan Waktu Kerja Panjang

    Selain memiliki sistem dan jam kerja yang fleksibel, satu hal yang perlu Anda persiapkan kala bekerja di dunia startup adalah waktu kerja yang panjang. Meski jelas tidak semua startup menerapkan hal ini, akan tetapi jika Anda masuk pada startup yang baru saja dibangun dan tengah merancang produk bisnis yang sesuai untuk mereka, jelas bisa menjadi big note untuk Anda ingat sebelum memutuskan tanda tangan kontrak dengan perusahaan startup tersebut. Bertanyalah lebih dalam mengenai sistem bisnis, perkembangan, serta seluk beluk perusahaan startup yang Anda lamar agar Anda dapat lebih bersiap ke depannya. You go girl!


    Jangan Takut Salah

    Jika ini adalah pengalaman pertama Anda terjun ke industri startup, satu hal yang perlu Anda pegang ialah jangan pernah takut salah dalam melakukan pekerjaan Anda. Tak perlu sungkan untuk berkonsultasilah dengan atasan atau rekan kerja Anda jika ada keraguan dalam pekerjaan yang Anda ambil. Keep your career shine and don’t worry to challenge yourself more!




    Akrabkan Diri dengan Rekan Kerja



    Well, Anda tak perlu bersusah payah kok meraih predikat Miss Congeniality saat terjun ke industri startup. Yang paling dibutuhkan adalah kemampuan Anda untuk dapat mengakrabkan diri dengan rekan kerja Anda. Sebab hal ini akan membuat Anda less-awkward ketika terlibat dalam sebuah projek bersama serta mengenal lebih banyak karakter dalam dunia kerja. Lagi pula, tak ada salahnya kan menambah teman dalam pekerjaan? Setuju, ladies?


    Belajar Multi Tasking

    Rasanya salah satu soft skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini  adalah kapabilitas Anda dalam melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu alias multi tasking. Tidak jauh berbeda dengan dunia korporat (atau lingkup pekerjaan lainnya), satu tips agar Anda sukses di dunia startup adalah kemampuan Anda multi tasking. Eittts, saat Anda kerap merasa sebal harus melakukan hal tersebut, coba berpikir positif bahwa semakin banyak hal yang Anda bisa lakukan hal itu juga akan menambah kemampuan diri Anda dalam menghadapi dan memecahkan tugas dan masalah yang Anda. Menarik bukan, dear?


    (Image: Dan Grytsku©123RF.com,  rawpixel©123RF.com, Roman Samborskyi123RF.com)