Lifestyle

Bali International Film Festival 2018 Resmi Dimulai!

  by: Giovani Untari       25/9/2018
  • Bali memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun internasional. Namun kali ini ada sesuatu yang berbeda dari Pulau Dewata, di mana Bali kembali menggelar sebuah event tahunan yang berhasil mencuri hati para sineas hingga pecinta film lewat Bali International Film Festival (Balinale) 2018. Menandai tahun ke-12 dari perhelatan ini, akan lebih dari 100 film mulai dari film dokumenter, film panjang, dan film pendek akan ditayangkan di dua tempat yaitu : Cinemaxx Lippo Mall Kuta serta Plaza Renon. Selama seminggu penuh Bali bersiap menyambut lebih dari 9.000 penonton, termasuk para sineas film, pemain film dan produser. Cool!





    Sebelum event ini dimulai, BalinaleX Industry Forum ke-2 pun turut digelar sebagai sebuah “pemanasan” untuk acara Balinale 2018. Diskusi mengenai film tersebut mengundang antusias 80 sineas, produser dan investor lokal dan global. Director’s Dialogue bersama editor Variety Asia Patrick Frater dan Special Guest Balinale Roland Joffé, yaitu seorang sutradara yang berhasil menjadi nominiasi sutradara terbaik di Academy Award pun sukses meramaikan jalannya pre-event tersebut. Tak ketinggalan sejumlah panelis lainnya panelis lainnya yaitu CEO Global Film Solutions Julian Grimmond, produser film Mike Wiluan, Ody Mulya Hidayat dan Sunil Soraya, aktris Cinta Laura Kiehl, dan pendiri Festival Deborah Gabinetti pun hadir mengisi BalinaleX Industru Forum tersebut.



    Dari Indonesia sendiri, beberapa nama besar pun siap mengisi rangkaian event Balinale 2018. Seperti produser film Sultan Agung, sutradara Villa Berdarah Bambang Drias dan cast produser 22 Menit Lexy Mere, pemeran film Ade Firman Hakim dan Ence Bagus, dan special effects makeup artist,Cherry Wirawan, juga sutradara film Lima Shalahuddin Siregar. Mewakili film-film dari luar negeri sutradara Boundless Love Pan Yan, produser pemenang penghargaan Tony Award Jhett Tolentino dengan filmnya Life Is What You Make It, dan Shraysi Tandon dengan dokumenternya Invisible Hands juga menjadi deretan nama besar yang meramaikan event ini. 






    Tak hanya sampai di sana, Balinale 2018 juga menawarkan keseruan yang terbuka untuk umum seperti workshop gratis yang terbuka untuk umum, seperti workshop mengenai Archival Films yang dibawakan oleh mantan Direktur Jakarta International Film Festival, Orlowe Seunke. Serta workshop acting dengan filmmaker, Martin East.


    LOOK FOR THE WINNER



    Sebuah festival film tentu belum lengkap tanpa adanya penghargaan yang ditujukan bagi para sineas yang telah berkarya dan memberikan yang terbaik. Balinale 2018 pun turut memberikan sejumlah award yaitu: Best Feature Film, Best Documentary, dan Best Short Film. Pemenang-pemenang akan diumumkan pada Closing Night hari Minggu 30 September mendatang. Dewan juri dari award ini sendiri adalah penulis scenario, Rayya Makarim, Orlow Seunke, Jeane Huang, dan penulis Marinta Serina Singarimbun. So please prepare yourself to know more, ladies and stay tune on Cosmopolitan!

    Image : Dok. Balinale 2018 Media.