Lifestyle

5 Resep Sarapan Sehat untuk Kamu Yang Mudah Lelah

  by: Kezia Calesta       27/9/2018
  • “Mengapa saya mudah lelah?” Bila ini pertanyaan yang sering muncul di benakmu, mari lakukan self-check: apakah tubuhmu mudah lelah karena gaya hidup yang kurang sehat? Bila kamu mengkonsumsi kafein setiap hari, sering minum alkohol, atau suka ngemil junk food, your diet is the issue. Jika kamu terlalu sering bekerja keras dan jarang meluangkan waktu untuk diri sendiri... no wonder you're tired!

    Untuk meminimalisir rasa lelah tersebut, kamu dapat memulai hari dengan sarapan yang bernutrisi. Tanpa sarapan yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat, jangan heran bila kamu sudah tidak memiliki energi di tengah hari! Berikut adalah 5 contoh sarapan yang baik untuk kamu yang mudah lelah.




    1. Sereal gandum dengan yogurt dan buah

    Nope, maksud Cosmo bukan sereal manis yang berwarna-warni! Meskipun sereal gandum tidak selezat sereal gula favoritmu, sereal yang mengandung serat jauh lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk proses pencernaan. Tambahkan yogurt dan buah untuk tambahan protein dan vitamin.


    2. Havermut dengan pisang, kismis dan kacang-kacangan

    Cosmo ulang: serat sangat penting untuk energi dan kesehatan! Untungnya, havermut atau oatmeal yang kaya akan serat sangat mudah dibuat dan efektif menahan lapar. Tambahkan pisang untuk asupan potasium yang tinggi dan kacang-kacangan untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.


    3. Roti gandum panggang dengan irisan buah avokad

    Did you know? Avokad termasuk dalam golongan superfood karena buah ini kaya akan vitamin C, E, K, B-6, potassium, magnesium, dan riboflavin. Oh, wait – avokad juga mengandung lutein, beta-carotene, dan omega-3. Mengagumkan, ya? Maka dari itu, superfood ini sangat baik untuk memulai harimu. 




    4. Ubi rebus dengan irisan wortel

    Konsumsi ubi lebih sehat daripada kentang biasa, karena selain rendah kalori, ubi mengandung lebih banyak karbohidrat kompleks, serat, vitamin C, dan A. Ladies, tambahkan irisan wortel untuk meningkatkan sistem imunitas dan kesehatan mata!


    5. Roti gandum dengan irisan tomat, telur rebus dan sayur bayam

    Psst, apakah kamu tahu bahwa tomat dapat melawan sel kanker, mengusir lemak, dan menangkal radikal bebas? Jika digabungkan dengan telur rebus yang kaya protein dan sayur bayam yang meningkatkan perkembangan otak, you’ve got yourself a great breakfast.


    Hindari sarapan yang mengandung kadar gula yang tinggi, karena studi telah membuktikan bahwa gula akan membuat kamu merasa semakin lapar dalam waktu dekat. By the way, dehidrasi adalah salah satu penyebab utama kelelahan, jadi jangan lupa untuk meminum banyak air putih!


    (Image: doc. Food image created by Freepik)