Celebrity

Kendall Jenner Dituntut Karena Mempromosikan Fyre Festival

  by: Shamira Priyanka Natanagara       2/9/2019
  • Sudah dua tahun berlalu sejak terjadinya Fyre Festival, tapi masalah yang ditimbulkan masih belum selesai hingga sekarang. Pada awal tahun ini, Kendall Jenner dan agen bakat yang mewakili Bella Hadid dan Hailey Baldwin diharapkan untuk menerima panggilan dari pengadilan sebagai sebuah upaya untuk mencari tahu apa yang terjadi pada jutaan dolar yang dihabiskan untuk festival tersebut, diantaranya untuk membayar para model yang membantu mempromosikan Fyre Festival.

    Namun tampaknya panggilan tersebut permulaannya saja—E! News melaporkan bahwa menurut dokumen pengadilan, "Kendall Jenner, Emily Ratajkowski, dan banyak seleb lainnya resmi dituntut untuk mengembalikan uang yang diduga digunakan untuk menggaji mereka untuk mempromosikan acara populer tersebut."

    Gregory Messer, wali Fyre Festival, mengajukan dokumen di Pengadilan Kepailitan Amerika Serikat di kota New York pada minggu ini, dan ia dikabarkan sedang "mencari cara untuk mengembalikan uang yang digunakan untuk membayar agen bakat, pengisi acara, vendor, dan pihak lainnya yang terlibat dalam pemasaran dan kegagalan eksekusi Fyre Festival".





    Dalam gugatan tersebut, Gregory menyatakan bahwa Kendall (yang digaji USD275.000 untuk satu kali posting di Instagram) tidak memberitahu followers-nya bahwa ia dibayar untuk mempromosikan Fyre Festival. Ia juga menduga Kendall telah "sengaja membuat orang-orang membeli tiket dan membuat mereka yakin" bahwa Kanye West akan tampil di acara tersebut karena ia menggunakan kalimat "G.O.O.D Music Family" dalam unggahannya, serta unggahan tersebut "menunjukkan kurangnya niat baik dari pihak [Kendall]". 



    Dokumen yang Gregory ajukan menunjukkan bahwa Emily digaji USD299.000 untuk mempromosikan Fyre Festival, dan sama seperti Kendall, ia juga gagal memberitahu bahwa ia dibayar untuk mengunggah foto-foto Fyre Festival.

    Dan bukan hanya Emily dan Kendall saja—pengisi acara yang seharusnya tampil, diantaranya Migos, Blink-182, Lil Yachty, dan Pusha T juga "menerima banyak keluhan".

    Sampai sekarang masih belum jelas apa yang akan terjadi pada Fyre Festival di pengadilan, tapi Cosmo harap akan ada solusi untuk semua ini, deh!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram)