Better You

Opps! Ini Dia 6 Jenis Benjolan di Area Miss Cheerful!

  by: Giovani Untari       3/9/2019
  • Oh no! Miss Cheerful kamu tiba-tiba saja kehadiran “sosok” bumps yang menganggu! Apakah ini jerawat? Kista? Ataukah tanda penyakit menular? Mari berkenalan dengan beberapa benjolan di Miss Cheerful berikut ini.

    Cosmo yakin, beberapa dari kamu mungkin pernah mengeluhkan hal ini. Saat di mana Miss Cheerful tiba-tiba saja muncul benjolan di area sekitar labia mayora maupun labia minora. Banyak yang menganggap bahwa benjolan ini hanyalah jerawat yang akan hilang dengan sendirinya. Faktanya, ada beberapa jenis bumps yang berpotensi muncul di area kewanitaan mu dengan penyebab yang berbeda pula. Keep calm! Saatnya berkenalan dengan mereka semua lengkap dengan status menanganinya:




    STAGE : IT’S OKAY BABY



    1. Vulvar Acnes

    Sama seperti jerawat di wajah, vulvar acnes atau jerawat di Miss Cheerful disebabkan oleh hormon, produksi minyak berlebih, hingga bakteri. Tampilan akan vulvar acnes pun umumnya menyerupai jerawat yang berwarna kemerahan, berukuran 1-5 cm di area epidermis, sakit saat disentuh serta memiliki titik putih di tengahnya saat sudah matang. Kamu bisa menanganinya dengan mengompres jerawat ini menggunakan air hangat dicampur tea tree oil. And big alert: don’t ever pop it!


    2. Kista Kelenjar Bartolin

    Meski terdengar menyeramkan, tetapi kista kelenjar bartolin sebenarnya tidak berbahaya bagi Miss Cheerful. Kista bartolin berbentuk benjolan kemerahan di area dekat labia mayora Miss Cheerful  kamu. Benjolan satu ini biasanya disebabkan adanya infeksi bakteri di area kelenjar bartolin, yaitu kelenjar yang menghasilkan cairan pelumas untuk area luar Miss Cheerful. Biasanya lumps ini hanya muncul di salah satu sisi Miss Cheerful dan bisa hilang dengan sendirinya. Fiuuh!


    3. Folliculitis

    Pernah mengalami masalah munculnya benjolan menyerupai jerawat paska mencukur atau melakukan waxing di area Miss Cheerful? Jika jawabannya adalah ya, kenalkan benjolan tersebut bernama folliculitis. Folliculitis tumbuh pada jaringan folikel rambut Miss Cheerful yang terinfeksi bakteri dan rusak paska dicukur dan waxing. Lumps ini adalah adalah hal yang wajar dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun kamu bisa mengapliksikan krim antibiotik jika merasa tidak nyaman karenanya.




    STAGE : HELLO DOCTOR!



    1. Molluscum Contagiosum

    Benjolan ini ditandai dengan hadirnya bintil-bintil berukuran seperti biji kacang hijau area Miss Cheerful. Lumps tersebut pun berjumlah cukup banyak, terasa gatal, serta menimbulkan kemerahan di area sekitarnya. Kabar buruknya, Molluscum contagiosum termasuk salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus! Penyakit ini mudah menyerang mereka yang memiliki sistem imun tubuh lemah dan bisa menyebar ke area tubuh lainnya ketika digaruk. Time to call the doctor!


    2. Kutil Kelamin / Genital Warts

    Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Untuk mengetahui apakah benjolan kamu termasuk kutil kelamin, lakukanlah pemeriksaan fisik, dear. Kutil kelamin berbentuk benjolan yang berkumpul dan menyerupai kembang kol pada area Miss Cheerful-mu Benjolan tersebut pun umumnya bertambah besar dan banyak. Beberapa kutil kelamin ini bisa saja terasa painless tetapi tak jarang menimbulkan rasa gatal. FYI, kutil kelamin dapat menular melalui banyak hal salah satunya melalui hubungan seksual secara oral maupun anal, bahkan melalui sex toys! Kamu pun bisa mencegahnya dengan melakukan vaksin HPV yang sekaligus dapat mencegah kanker serviks.


    3. Genital Herpes

    Berbeda dengan kutil kelamin, genital herpes muncul dari virus Herpes Simplex Virus (HSV). Be aware! Virus ini dapat menular melalui kontak seksual dan lebih sering menyerang para perempuan. Gejala yang ditimbulkan pun dapat diamati dengan hadirnya benjolan bulat kemerahan yang terasa perih di area vulva dan labia Miss Cheerful. Selain itu, benjolan ini pun biasanya diikuti luka melepuh, gatal saat buang air kecil, serta rasa demam. Sama seperti Molluscum contagiosum dan kutil kelamin, genital herpes pun harus segera ditangani dengan benar lewat bantuan dokter.


    (Giovani Untari / Images: Unsplash.com, Tenor.com)