Lifestyle

Ini Arti Lagu "Bad Guy" oleh Billie Eilish yang Sebenarnya!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       3/9/2019
  • Walaupun kamu bukan penggemar berat Billie Eilish, Cosmo yakin kamu pernah mendengar lagu "Bad Guy" setidaknya sekali. Billie meulis lagu ini bersama kakaknya Finneas, dan lagu ini berhasil mengalahkan "Old Town Road" dalam tangga lagu Billboard Hot 100—sebuah pencapaian luar biasa mengingat lagu Lil Nas X tersebut telah menduduki peringkat tangga lagu selama berbulan-bulan. Dan percaya, deh, Billie benar-benar tidak menyangka hal ini akan terjadi.

    "Yang lucu tentang ["Bad Guy"] adalah saya sangka [lagu ini] akan gagal... karena bagian chorus-nya tidak memiliki hook—setidaknya apa yang kami tulis sebagai chorus," Billie memberitahu Billboard. "Saya dan kakak saya sebenarnya duduk di kamarnya mencoba untuk menulis sesuatu yang lain tapi kami tidak bisa melakukannya karena tidak ada yang berhasil. [Kami tidak] ingin [lagunya] menjadi kosong, tapi kamu juga merasa, 'Saya tidak tahu jika akan ada seseorang yang menyukai ini, karena tidak ada lirik [pada bagian chorus].' Karena beberapa alasan orang-orang menyukainya and it's huge now. Ini adalah salah satu lagu favorit saya yang pernah saya buat. It's my favorite to perform, it's so fun. Saya bangga akan lagu ini."

    Nah, sekarang Cosmo akan menjelaskan arti lagu "Bad Guy" yang sebenarnya. Kalau kamu belum pernah mendengar lagu ini (yang sepertinya tidak mungkin, sih), yuk, dengarkan terlebih dahulu!






    Dimulai dengan baris pertama:

    White shirt now red, my bloody nose

    Kurang jelas dari mana Billie mendapatkan inspirasi untuk intro lagunya yang epik ini, tapi menurut Genius, dalam video klipnya Billie mengenakan kemeja putih dan hidungnya berdarah, jadi sepertinya bagian ini memiliki arti yang literal.




    Kemudian lagu ini berlanjut:

    Sleepin', you're on your tippy toes
    Creepin' around like no one knows
    Think you're so criminal
    Bruises on both my knees for you
    Don't say thank you or please
    I do what I want when I'm wanting to
    My soul? So cynical

    Cukup jelas bahwa Billie bermain dengan dinamika kekuatan, serta tema yang cukup dewasa (catatan: ia berusia 17 tahun). Namun tampaknya ia juga bermain sebagai karakter dalam lagu yang agak menyindir ini.

    "Pada dasarnya [lagu ini] menyindir semua orang dan persona mereka. Termasuk diri saya," Billie menjelaskan saat berbincang dalam wawancara berikut. "Ide awal untuk lagu ini adalah seseorang yang harus memberitahu semua orang bahwa [ia memiliki suatu kepribadian tertentu] setiap saat? Ia bukanlah orang yang seperti itu. [...] Secara umum, saya merasa kamu tidak akan pernah melihat seorang [perempuan yang keren] memberitahu semua orang bahwa ia keren. It's on—it's you. Jika kamu terus menerus mengatakan, 'Yeah, I'm bad, saya selalu melanggar peraturan, dan melakukan ini dan melakukan itu.' You're not. Saya tahu itu karena saya pernah mengatakan hal-hal seperti itu dan saya tidak [melakukan hal-hal tersebut]. Bad kids, bad boys, bad b*tches, terserah, mereka tidak mengatakan apa pun dan mereka bahkan tidak tahu."




    Yang membawa kita ke bagian chorus:

    So you're a tough guy
    Like it really rough guy
    Just can't enough guy
    Chest always so puffed guy
    I'm that bad type
    Make your mama sad type
    Make your girlfriend mad type
    Might seduce your dad type
    I'm the bad guy
    Duh

    Jadi... bagian "might seduce your dad type" menuai kritik dari beberapa penggemar Billie yang konservatif, terutama karena Billie masih di bawah umur saat menulis lagu ini.




    Namun mari kita fokus ke bagian "bad guy" dari lirik ini. Billie pernah memberi komentar mengenai artinya dalam sebuah wawancara dengan Billboard, mengatakan, "Itu adalah hal yang aneh untuk keluar dari mulut seorang perempuan. Saya rasa Nicki Minaj berkata dalam salah satu lagunya bahwa ia adalah the bad guy, dan saya tidak menyadarinya hingga baru-baru ini. Itu adalah jukstaposisi yang keren. Namun mengapa orang-orang merasa terkait dengan kalimat tersebut? Saya tahu mengapa saya merasa memiliki hubungan dengan kalimat tersebut, tapi itu semua adalah alasan saya sendiri."



    Dalam bait kedua, Billie lebih mendalami dinamika kekuatan antara karakternya dan sang pria yang ia nyanyikan. Setidaknya itulah yang Cosmo kira, setuju?

    I like it when you take control
    Even if you know that you don't
    Own me, I'll let you play the role
    I'll be your animal

    Billie juga menjelaskan bahwa ibunya tidak akan menyukai lagu ini karena liriknya yang provokatif:

    My mommy likes to sing along with me
    But she won't sing this song
    If she reads all the lyrics
    She'll pity the men I know



    Oke, sekarang ke bagian bridge:

    I like when you get mad
    I guess I'm pretty glad that you're alone
    You said she's scared of me?
    I mean, I don't see what she sees
    But maybe it's 'cause I'm wearing your cologne

    Sekali lagi, Billie tampaknya mempertanyakan stereotip perempuan dalam hubungan—ia menggunakan parfum, ia dominan, dan perempuan lainnya dalam hidup pria ini terintimidasi olehnya. Dan sedikit fakta menarik: "Bad Guy" direkam di rumah masa kecil Billie, dan kamu bisa menyimak tur rumahnya dalam video berikut:




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram, GIPHY)

    tags: billie eilish