Beauty

Ternyata, Kimchi Mampu Cegah Rambut Rontok!

  by: Yovita Pratiwi       6/9/2019
  • Kimchi merupakan salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi dan berbumbu pedas. Jika kamu penggemar drama Korea, pasti tahu makanan ini selalu setia menemani di setiap sesi makan. Selain lezat untuk dikonsumsi, ternyata kimchi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tahukah kamu, ternyata kimchi mampu cegah rambut rontok? Yuk, simak lebih lanjut! 


    Para ilmuwan dari Universitas Dankook di Korea Selatan melakukan penelitian terhadap 23 peserta pria dan 23 peserta wanita dengan cara memonitori pertumbuhan rambut mereka dalam kurun waktu empat bulan. Para wanita ini mengonsumsi minuman yoghurt yang mengandung kimchi dan cheuonggukjang sebelum sarapan dan sebelum tidur. Jika kamu belum tahu, cheonggukjang adalah produk fermentasi kedelai.




    Para peneliti mengukur panjang rambut setiap peserta setelah sebulan dan tiga bulan kemudian. Hasilnya, terdapat pertumbuhan secara signifikan dalam ketebalan pada 93 persen peserta, bahkan mampu mengurangi kerontokan. Sebagai tambahan, semua peserta diharuskan keramas sebelum mengunjungi rumah sakit dan melarang mereka untuk melakukan perawatan rambut apapun seperti gel atau kosmetik.


    Sebenarnya, efek ini lebih terasa pada pria, dalam perbedaan ketebalan rambut (30.4 persen) dan jumlah helai rambut (26.1 persen), jadi parameter keduanya adalah 39.1 persen. Kabar baik untuk para wanita, kebanyakan peserta wanita menunjukkan efek positif pada kedua parameter (65.2 persen).




    Sayangnya, penelitian ini memang masih terbatas, karena jangka waktu yang tergolong singkat dan peserta yang jumlahnya relatif sedikit.


    Well, sampai penelitian selanjutnya, you better eat your kimchi, ladies!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Filipina. Perubahan telah dilakukan editor. Alih bahasa: Yovita Pratiwi)