Lifestyle

Wajib Tahu, Ini Dia 5 Rapper Perempuan yang Sedang Naik Daun

  by: Shamira Priyanka Natanagara       11/9/2019
  • Kalau sampai sekarang kamu merasa rapper perempuan tidak sama bagusnya dengan rapper pria, Cosmo akan mengubah pikiranmu! Selain memiliki keterampilan rap yang bagus, rilisannya cukup catchy dan enak didengar, kelima rapper perempuan berikut juga memiliki persona yang sungguh menarik perhatian—dan itulah mengapa belakangan ini popularitas mereka kian meningkat. Mari kita berkenalan dengan para it girls hip hop masa kini, siapa tahu mereka bisa membuatmu jatuh cinta dengan musik hip hop!


    1. Megan Thee Stallion




    Girls, apakah baru-baru ini kamu sering mendengar istilah 'hot girl summer'? Kalau belum tahu, istilah tersebut dipopulerkan oleh Megan Thee Stallion, rapper asal Amerika Serikat. Megan terinspirasi oleh ibunya yang sempat berkarier sebagai seorang rapper untuk menekuni karier di dunia musik, dan ia mulai menulis lagu saat berusia 16 tahun.

    Karya musik Megan dikenal akan liriknya yang cukup vulgar, serta gayanya sendiri pun terbilang berani, nyentrik, dan seksi—ia sungguh percaya diri akan tubuhnya dan ingin para pendengarnya merasakan hal yang sama! Kalau kamu suka lagu hip hop yang upbeat, coba dengarkan album Megan yang berjudul Fever, dijamin akan mengisi ulang semangatmu yang hilang.

    Rekomendasi lagu: Realer, Big Ole Freak, Hot Girl Summer (feat. Nicki Minaj & Ty Dolla $ign)


    2. Ramengvrl


    Mewakili Indonesia, ada Ramengvrl yang pada awalnya bereksperimen dengan rap dan musik hip hop menggunakan software komputer dan mikrofon webcam. Perempuan yang bernama asli Putri Soeharto ini pertama kali mengunggah musiknya melalui situs Soundcloud, dan kemudian, dikutip dari Media Indonesia, ia ditemukan oleh seseorang dari skena hip hop lokal.

    Yang membuat karier Ramengvrl lebih menarik adalah 1) ia sebelumnya kurang menyukai genre hip hop dan 2) sebelum menjadi musisi, ia adalah pekerja kantoran di sebuah perusahaan e-commerce. Alasan ia berhenti dari pekerjaannya dan menekuni karier di industri musik? Cukup simpel, Ramengvrl ingin mengejar passion-nya. And look where she is now! Ramengvrl akan mengisi soundtrack resmi gim Need For Speed, wow! 

    Rekomendasi lagu: I AM ME, bad minah (feat. Hullera), whats ur problem


    3. Rico Nasty


    Maria-Cecilia Simone Kelly alias Rico Nasty adalah salah satu rapper yang sedang naik daun di industri musik Amerika Serikat. Ia memulai kariernya di usia yang muda, bahkan mixtape pertamanya dirilis saat ia masih duduk di bangku SMA. Lagu-lagu Rico yang penuh kemarahan dan kegelisahan, serta memiliki energi yang cukup agresif, dianggap relatable oleh banyak orang (dan mungkin kamu akan menjadi salah satunya).



    Rekomendasi lagu: Countin' Up, Poppin, Smack A B*tch


    4. Saweetie



    Ingin mendengar lagu rap yang bernuansa fun dan flirty? Coba dengarkan album ICY oleh rapper Amerika Serikat Saweetie. Awalnya, perempuan kelahiran tahun 1993 ini gemar menunjukkan keterampilan rap-nya melalui Instagram, dan salah satu karyanya, yaitu sebuah remix lagu hip hop klasik "My Neck, My Back", berhasil menjadi viral pada tahun 2017. Sekarang remix tersebut sudah resmi menjadi salah satu lagunya, "ICY GRL". So talented!

    Rekomendasi lagu: My Type, ICY GRL, Emotional (feat. Quavo)


    5. Yaeji



    Siapa, sih, yang belum pernah mendengar nama Yaeji? Rapper berdarah Korea yang berasal dari Amerika Serikat ini sempat tampil di Jakarta pada bulan Juli kemarin, dan ia sukses membuat para hadirin terkesima dengan keterampilannya. Gaya rap Yaeji yang pelan dan santai bisa dibilang unik, dan ia pun tidak sungkan untuk menggunakan dua bahasa, Korea dan Inggris, di lagu-lagunya.

    Pada tanggal 6 September kemarin, kolaborasinya dengan penyanyi pop Charli XCX dan Clairo yang berjudul "February 2017" baru saja dirilis, dan Cosmo tidak sabar untuk melihat apa yang akan ia lakukan selanjutnya!

    Rekomendasi lagu: Raingurl, Drink I'm Sippin On, Guap


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram / Layout: S. Dewantara)