Fashion

10 Fashion Item Ini Menandakan Kamu Seorang Hipster!

  by: Hendry Leo       10/9/2019
  • Girls, apakah kamu sering mendengar kata hipster? Yup, kata ini memang menjadi perbincangan anak muda masa kini, di mana mencirikan gaya hidup dan busana yang anti mainstream. Menurut buku yang Cosmo baca dari Alexander Kusuma Pradja berjudul Before It Was Cool, ia menjelaskan bahwa hipster merupakan sekumpulan masyarakat subkultur yang memiliki kesukaan akan hal yang dianggap memiliki jiwa seni, intelektual, dan berbeda atau tidak mengikuti selera pasar bahkan jauh terkenal sebelum mencapai masa ketenaran. Hipster merupakan salah satu produk subkultur yang secara umum disepakati sebagai kelompok yang menolak arus utama (mainstream) terutama dalam hal selera busana, musik, film, dan produk kesenian lainnya. 





    Fenomena inilah yang sedang dialami anak muda millennials terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Hipster juga identik dengan anak-anak muda yang mendatangi acara-acara lokal bertemakan seni dan musik lokal. Menariknya, mereka berpegang teguh dengan hidup mereka sendiri, yakni bagaimana mereka bergaya sesuai dengan apa yang diinginkan dan memiliki rencana dalam hidup mereka tanpa harus dituntut.

    Well, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai hipster. Berikut Cosmo akan membahas 10 item yang menandakan bahwa kamu atau teman di lingkungan kamu adalah seorang hipster. Yuk, simak! 

    1. Tote Bag

    Jenis tas dengan varian motif penuh artsy atau tulisan simpel jadi salah satu yang sering dikenakan oleh anak-anak hipster. Bentuknya sangat praktis dan mampu menyimpan banyak barang, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemanapun.



    2. Belt Bag

    Tak hanya tote bag, model belt bag juga jadi salah satu incaran kaum hipster. Tas ini memang memiliki beberapa fungsi sesuai kebutuhan si pemakainya. Bisa secara belt bag, crossbody bag, maupun shoulder bag.



    3. Bucket Hat

    Jenis topi yang biasa dikenakan untuk aktivitas outdoor ini pun bisa merubah tampilan kamu jadi keren. Ada dua jenis bucket hat yang biasa dikenakan, yaitu dengan tambahan tali yang berfungsi untuk mengikat bagian kepala, dan ada yang tanpa tali.



    4. Kacamata

    Pilihan kacamata berbingkai unik dan klasik kini kembali jadi tren saat ini. Mulai jenis lensanya yang terdiri dari warna hitam, bening, gradasi, hingga model bingkai bulat, eye cat, ataupun persegi.





    5. Kemeja Oversized Bermotif

    Hampir semua anak hipster memiliki tingkat percaya diri tinggi, sehingga mereka mampu mengekspresikan gaya mereka jadi lebih nyentrik dan berwarna. Salah satunya pada tampilan dengan kemeja bersiluet longgat bernuansa full print dan penuh warna.





    6. Track Jacket

    Jaket jenis track kembali menjadi tren mode saat ini. Jaket track memiliki ciri khasnya yang sporty dan retro berkat garis rancang yang longgar dengan permainan warna-warna seru. Jika kamu sedang mencari referensi untuk track jacket, jangan lupa simak artikel Cosmo mengenai referensi jaket track di bawah satu juta.


    7. Oversized T-Shirt

    Gaya ini tampak simpel namun mampu menopang tampilan jadi lebih gaya berkat pilihan warna-warna cerah ataupun pastel. Sentuhan motif ilustrasi atau logo-logo nyentrik mendukung tampilan jadi makin keren.



    8. Celana Bersiluet Longgar

    Celana bergaris rancang longgar juga kembali jadi fashion trend tahun ini. Cocok untuk dipadankan dengan busana apapun!



    9. Kaus Kaki Berwarna Cerah

    Kombinasi warna-warna kontras memang tak pernah membosankan. Jauh dari kesan berlebihan, padu padan busana simpel, seperti kaus dan celana bersiluet longgar bernuansa warna cerah bertabrakan akan menyulap gaya kamu makin keren dengan tambahan kaus kaki berwarna cerah dan sneakers





    10. Sneakers

    Item ini jadi salah satu kunci dalam menopang gaya kamu. Cosmo sarankan kenakan sneakers bergaya kasual, chunky shoes dan docmart shoes






    (Teks: Hendry Leo/ Image: Instagram.com, pullandbear.com / Layout: Dewantara)