Celebrity

Aaliyah Massaid tentang Single Ulangi & Nama Besar Sang Ibu

  by: Givania Diwiya Citta       13/9/2019
  • Lebih dari sekadar label anak artis, Aaliyah Massaid mengukir jalannya menuju industri musik melalui caranya sendiri. Ia telah merilis single perdana berjudul Ulangi, dan siap masuk ke dalam studio untuk memproduksi karya-karya musik selanjutnya. Yes, she’s one of Cosmo’s version of most wanted Gen Z in Indonesia. Meet her now!


    Adakah konser yang paling memberi kamu kesan mendalam, dan bisa membuat kamu termotivasi untuk berkarya?



    Alicia Keys dan Bruno Mars. Saya pertama menonton konser Bruno Mars saat umur enam tahun, dan saya hafal seluruh lagu Bruno Mars dari awal sampai akhir, saya ingat penonton lain yang merupakan ibu-ibu, yang kaget melihat saya hafal menyanyikan semuanya.


    Bagaimana proses kreatif pembuatan single Ulangi?

    Awalnya yang menulis adalah kak Pika (Iskandar), masih sample dan diperdengarkan untuk saya. The minute I hear it, saya langsung suka. Akhirnya kami workshop, dan hanya butuh tiga jam lebih untuk menyelesaikan lagunya. Lagu ini membawa kembali vibe '80an dan '90an dalam aransemennya. Bercerita tentang seseorang yang melakukan kesalahan dan meminta untuk mengulang sebuah hubungan, jadi jika ingin beri kode untuk balikan, boleh didengarkan. 




    Kamu punya nama besar Reza Artamevia yang akan selalu melekat. Apa tantangan terbesarnya dalam membawa nama besar tersebut, dan tantangannya dalam mengembangkan nama besar kamu sendiri pada industri musik?

    Tantangannya adalah untuk menjaga nama besar orang tua. Lalu pasti ada juga yang membanding-bandingkan. Tapi saya tidak ambil pusing, karena ibu selalu bilang bahwa semua orang punya karakternya masing-masing, jadi yang terpenting adalah cara untuk menunjukkan yang tidak tanggung-tanggung dari diri kita.


    Karya musik seperti apa yang sangat kamu idamkan untuk ciptakan?

    Saya ingin punya album yang memiliki banyak suara, seperti semisal punya satu lagu yang dimainkan penuh oleh orkestra, tidak hanya pop, ada ballad juga. Saya tidak ingin terpatok pada satu genre. Tapi untuk suara, saya tetap pada pop dan RnB, seperti idola saya, Michael Jackson, yang meski ia dijuluki King of Pop, tapi banyak yang berbeda darinya.





    Fotografer: Insan Obi

    Stylist: Dheniel Algamar

    Stylist Assistant: Yovita Pratiwi

    Makeup Artist: Archangela Chelsea

    Hair Stylist: Osha Puspita Sari

    Digital Imaging: Ragamanyu Herlambang

    Wardrobe: Hian Tjen

    Accessories: By Jowe


    Baca wawancara Cosmo dan Aaliyah Massaid lainnya di majalah Cosmopolitan Indonesia edisi September 2019 dalam artikel “The Most Wanted Gen Z in Indonesia”.


    (Givania Diwiya / FT / Image: Dok. Cosmopolitan Indonesia)