Better You

Jangan Tinggal Diam, Lakukan 5 Hal Ini Saat Depresi

  by: Nadhifa Arundati       12/9/2019
  • Hidup memang tak pernah bisa berjalan dengan mulus, sekali kebahagian muncul namun tak lupa juga kalau banyak masalah yang ‘ikut’ di belakangnya – you can’t ignore it, mau tak mau semua harus kamu hadapi. But well, sometimes people have their own way untuk menghadapi problematika kehidupan, atau mungkin merasa tak sanggup untuk menyelesaikannya. But girls, Cosmo berharap kamu merasa bersyukur dengan kehidupan ini, ya! So, kalau kamu merasa sudah sangat depresi with this sick world, ada baiknya kamu melakukan hal-hal positif untuk meredakan depresi. Yes, listen up, ada 5 hal yang harus kamu lakukan saat depresi.


    Take your time

    Cosmo tahu saran ini terlalu cheesy, namun kamu harus tetap memberikan diri kamu waktu untuk berpikir. Yes, keluarkan-lah semua rasa sesal kamu – tak ada yang melarang kamu untuk menangis, semua orang patut mengekspresikan emosinya, so do you! Meski kamu butuh waktu untuk menyendiri, hindari media sosial untuk sementara, yang justru mengundang rasa depresi semakin muncul. Kamu bisa melakukan hobi yang selama ini sempat tertunda karena kerjaan yang menumpuk –  masak makanan favorit, karaoke, mengunjungi pameran seni, semua bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Treat well your soul, not just your body.




    Menyadari kalau kamu tidak hidup sendiri

    Jangan pernah merasa kamu hidup sendirian di dunia ini, BIG NO! Kamu berpikir bahwa tak ada orang yang memperdulikan keberadaanmu dan merasa menjalin pertemanan itu sangat sia- sia.... Cosmo hanya mau mempertegas, kalau semua pikiran negatif itu hanya tertanam di dalam pikiran saja, you can’t judge them like that. Selain teman, masih ada keluarga yang tentunya sangat suportif, sayangnya kamu kurang menyadarinya. Kamu bisa ceritakan masalah yang selama ini membebani hidupmu, ceritakan dengan teman yang sudah kamu percaya  – entah itu teman atau keluarga, kamu harus mengeluarkan semua pikiran negatif yang hanya kamu pendam sendiri. Ini akan menjadi jalan paling baik, kamu seperti sedang meluapkan semua ‘api’ dari tubuh, all you need is just to let it out, gurl!


    Lakukan aktivitas olahraga

    Aktivitas yang paling menguntungkan untuk jiwa dan raga – sejenak kamu bisa melupakan masalah, apalagi kalau badan sudah terasa lelah setelah aktivitas olahraga, kamu bisa kembali beristirahat dan mencoba pola hidup yang sehat untuk seharian penuh. Oh, mencoba aktivitas yoga juga sangat baik untuk mengontrol pikiran, it’s a must to try.




    Konsumsi makanan yang dapat mengurangi depresi

    Makanan sangat, sangat berpengaruh terhadap peningkatan rasa stres atau depresi. Kalau kamu selalu memilih bahan makanan secara asal-asalan, hasilnya daya tahan tubuh kamu jadi enggak stabil dan semakin membuat kamu merasa depresi – sudah sakit kepala, sakit badan pula! Well, kamu bisa cek delapan makanan yang ampuh meredakan rasa stres atau depresi kamu.


    Berkonsultasi dengan ahli

    Jika kamu merasa semua hal yang sudah kamu lakukan tak ada perubahan, saatnya untuk berkonsultasi dengan ahli – cari jasa psikologi yang sudah profesional, terkadang kegiatan konsultasi ini masih sangat rentan dilakukan oleh orang Indonesia, padahal ini sangat penting (konsultasi dengan ahli tak hanya berlaku di dalam film, tetapi nyatanya kamu juga sangat perlu melakukannya) atau kamu bisa kontak salah satu teman yang memiliki profesi tersebut, setidaknya kalau lebih mengenal mungkin kamu akan lebih mudah untuk terbuka. BUT PLEASE, go search for help, jangan pernah mengabaikan masalah depresi, ya!


    Tak ada waktu lagi untuk berpikir, kamu harus melakukan sesuatu untuk menghilangkan ‘beban’ ini. Cosmo yakin kamu punya jalan hidup bahagia kedepannya – dengan mulai mengatasi masalah depresi secara serius. Just promise you’ll get better.


    (Image: Doc. From Freepik by yanalya)