Lifestyle

Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan Tubuh

  by: Kezia Calesta       14/9/2019
  • Psst, berbagai riset telah membuktikan bahwa warga Korea Selatan akan memiliki jangka hidup yang paling panjang di tahun 2030. Rahasianya? Kebiasaan menyantap kimchi! Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapat dari menyantap kimchi. 


    1. Memperbaiki saluran pencernaan

    Kimchi mengandung jutaan bakteri baik bernama lactobacilli yang berguna untuk melancarkan saluran pencernaan. Riset telah membuktikan bahwa kandungan lactobacillus dalam kimchi mampu menangkal penyakit usus, sedangkan kadar serat yang tinggi juga dapat menangani masalah konstipasi. 




    2. Meningkatkan sistem imun

    Riset telah menunjukkan bahwa 75% dari sistem imun tubuh bergantung pada sistem pencernaan dan makanan dan minuman yang masuk ke tubuhmu setiap hari. Karena ini, makanan kaya probiotik seperti kimchi dapat meningkatkan sistem imun untuk menangkal penyakit dengan lebih efektif. Ditambah lagi, kimchi menggunakan paprika merah yang kaya akan antioksidan dan kubis yang bisa menurunkan risiko inflamasi.


    3. Menurunkan kadar kolestrol

    Bila kamu memiliki tekanan darah tinggi atau kadar kolestrol yang tinggi, perbanyak konsumsi kimchi! Bawang putih dalam kimchi mengandung allicin dan selenium yang bisa menurunkan level kolestrol dan mencegah penyakit kardiovaskular ataupun stroke. 


    4. Mempertahankan kesehatan mata dan rambut

    Kimchi kaya akan vitamin A yang tidak hanya mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas, tetapi juga bisa memperbaiki kesehatan tubuh dan meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, zat selenium dalam kimchi juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.




    5. Cocok untuk diet sehat

    Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kimchi sangat sehat dan rendah kalori, namun memiliki kandungan serat tinggi yang bisa menjaga kekenyangan perut. Probiotik dan lactobacillus yang terkadung dalam kimchi juga dapat menyehatkan tubuh dan menurunkan risiko obesitas, lho.


    6. Mengurangi risiko penyakit kanker

    Last but not least, kimchi merupakan makanan sehat yang dapat mengurangi risiko kanker! Kubis kaya akan antioksidan dan indole-3-carbinol yang sangat berguna untuk menangkal kanker usus, sedangkan bawang putih, lobak, daun bawang, jahe dan paprika memiliki properti anti-inflamasi yang menjaga tubuh dari penyakit jantung, otak dan kanker. Bahkan, zat capsaicin dan allicin yang terkandung dalam kimchi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kanker paru-paru dan tiroid.  


    (Kezia Calesta / Image: doc. freepik.com)