Beauty

Produk Skincare Tidak Cocok? Jangan Dibuang, Lakukan Hal Ini

  by: Shamira Priyanka Natanagara       16/9/2019
  • Sepertinya Cosmo tidak perlu mengingatkan kalau sekarang ada banyak sekali produk skincare yang tersedia di pasaran. Jumlah produk perawatan kulit yang menarik untuk dicoba tidak bisa dihitung jari, dan terkadang mudah sekali untuk pasrah dan mengeluarkan uang demi mencoba produk skincare yang sedang in. Hmm... benar-benar sebuah kebiasaan buruk!

    Namun sayangnya, tidak semua produk yang dibeli cocok dengan kondisi kulit. Mungkin karena bahan kandungannya, atau mungkin karena kondisi kulit yang 'rewel', walaupun begitu rasanya agak boros jika tidak menggunakan produk sampai habis. Nah, namun jangan dipaksakan, girls, daripada kondisi kulit tambah parah, berikut adalah tiga hal yang bisa dilakukan saat produk skincare kurang cocok dengan kulitmu.




    1. Jual kembali

    Kalau kamu yakin ada produk yang membuat kulitmu iritasi, gatal-gatal, kering, mendadak berjerawat, atau terbakar, jangan menunggu terlalu lama dan segera hentikan pemakaian produk tersebut. Nah, namun hanya karena kamu tidak cocok dengan produk tersebut bukan berarti orang lain pun mengalami hal yang sama, lho.

    Masukan produk kembali ke dalam kotak kemasannya, segel dengan rapih, dan kamu bisa menjualnya kembali di situs e-commerce. Cosmo sarankan untuk tidak menunggu terlalu lama untuk menjual kembali produk skincare-mu. Alasannya? Well, setiap produk tentunya punya masa kedaluwarsa, dan produk yang lebih baru lebih diminati dibandingkan produk yang sudah lama dipakai. So, sell it before it's too late!


    2. Gunakan pada area tubuh lain

    Jika memiliki produk pelembap (moisturizer, emulsion, serum, krim mata) yang tidak cocok pada kulit wajah, kamu bisa menggunakannya untuk melembapkan area tubuh lain, seperti siku, tumit, lutut, dan telapak kaki. Area-area tersebut biasanya kasar dan butuh hidrasi agar lebih halus, serta kondisinya pun tidak sensitif seperti kulit wajah, jadi kamu bisa merawatnya dengan pelembap yang tidak cocok pada wajah.




    3. Bisa untuk bersih-bersih!

    Semisal keyboard laptop-mu berdebu, layar ponselmu kotor, atau mungkin permukaan perabotan di kamarmu butuh dibersihkan, kamu bisa memanfaatkan produk skincare, lho! Kalau ada produk toner, pembersih makeup, atau micellar water yang kurang pas untuk kulitmu, manfaatkan teksturnya yang cair dan kandungannya yang antibakteri untuk membersihkan barang-barang di kamarmu. Daripada tidak terpakai, lebih baik digunakan untuk hal lain, bukan?


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: kevin laminto on Unsplash)