Better You

Menginspirasi, Ini 7 Lagu K-Pop yang Bertema Self-Love

  by: Shamira Priyanka Natanagara       17/9/2019
  • Kalau selama ini kamu mengira industri K-Pop hanya menyajikan lagu-lagu dance dengan koreografi yang menarik, think again! Ada pula beberapa lagu K-Pop dengan lirik yang menginspirasi, lebih tepatnya bertema self-love. Jika butuh inspirasi untuk membangun kepercayaan diri, coba dengarkan tujuh lagu K-Pop berikut ini!


    1. I - Taeyeon (feat. Verbal Jint)




    Tears you've cried, all of the pain you've felt for the day you'll fly even higher,
    It's to prepare you. Butterfly, everybody's gonna see it soon

    Dirilis pada tahun 2015, lagu solo vokalis utama Girls' Generation ini bercerita tentang seorang perempuan yang berusaha untuk melalui kesulitan hidup dan berusaha untuk bangkit. Apalagi dibawakan dengan suara merdu Taeyeon yang khas, lagu ini enak untuk didengar saat kamu sedang bersantai.


    2. Reflection - BTS


    But you know, sometimes I really really hate myself
    To be honest, quite often, I really hate myself

    Dalam album kedua mereka yang berjudul WINGS, para personel boy group BTS menunjukkan warna mereka masing-masing melalui lagu solo, termasuk RM yang menyuarakan kecemasannya melalui "Reflection". Ia mungkin adalah rapper dari salah satu grup K-pop yang paling populer saat ini, tapi RM pun seringkali merasa kesepian dan kurang bahagia—dan banyak dari kita juga mengalami hal ini. Kalau ingin mendengar lagu K-Pop dengan lirik yang jujur dan menyentuh hati, coba dengarkan lagu ini!


    3. BBIBBI - IU


    Still me, still me, no need to be surprised
    I’m sure you’re gonna say “my gosh”

    Bisa dibilang lagu ini adalah pesan dari IU untuk orang-orang yang gemar mengkritiknya. Mungkin kamu bukan seorang penyanyi papan atas seperti IU, tapi Cosmo yakin kamu pasti pernah merasa jenuh dan kesal saat orang-orang mengomentari hidupmu, kan? "Duh, kamu gendutan ya?", "Kok, belum punya pacar?", hmm... waktunya untuk melepas emosi dengan menyanyi "BBIBBI"


    4. Be Myself - gugudan


    Be yourself, don’t hesitate anymore
    Do everything your way, there’s no tomorrow for us

    Dengan melodi yang cukup santai, lagu dari girl group gugudan ini cocok untuk didengarkan ketika kamu butuh istirahat dan melupakan segala kekhawatiran. Liriknya pun sungguh menginspirasi, "Be Myself" para pendengarnya untuk jangan terlalu memikirkan perkataan orang lain dan, well, just be yourself!




    5. I Don't Need A Man - miss A


    I can live well without a man
    So if you’re not confident, don’t come to me

    Siapa bilang semua perempuan harus memiliki pasangan? Yang pasti bukan miss A! Walaupun sudah bubar pada tahun 2017, lagu mereka yang berjudul "I Don't Need A Man" ini masih menjadi favorit banyak orang, terutama karena pesannya yang relatable. Jadi kamu tidak perlu sedih kalau kamu masih jomblo, girls, fokus pada diri sendiri, jadi versi terbaik dirimu, dan yang paling penting, love yourself!


    6. Very Good - Block B


    It’s time, break the silence
    Leave behind thoughts of doing just enough

    Dari judulnya bisa ditebak kalau lagu yang satu ini dapat meningkatkan kepercayaan dirimu. Sama seperti Block B, you are very good! Kalau suasana hatimu sedang buruk, coba dengarkan lagu ini sambil menari di kamar. Hahaha... tidak perlu malu, siapa tahu semangatmu langsung bangkit!


    7. new - LOONA


    With bright lights, all my life
    I’ll hold myself, all my life

    LOONA adalah girl group yang beranggotakan 12 perempuan berbakat, dan sebelum mereka resmi debut, setiap personel berkesempatan untuk merilis lagu solo. Tema self-discovery alias penemuan diri digunakan untuk lagu solo Yves, main dancer grup ini, menghasilkan lagu pop berirama pelan yang enak untuk didengar saat kamu sedang meluangkan waktu untuk diri sendiri alias me time.



    (Shamira Natanagara / Ed. / Layout: S. Dewantara)