Beauty

Cara Menghilangkan Jerawat Bokong Hingga Tuntas

  by: Kissy Aprilia       19/9/2019
  • Pernahkah kamu menemukan jerawat di area bokong? Don't worry, girls. Faktanya, masalah ini juga banyak dialami oleh perempuan. Meski tidak terlihat, jerawat bokong menimbulkan rasa tidak percaya diri—khususnya bagi kamu yang gemar mengenakan bikini. Sudah tahu apa penyebab dan cara mengatasinya? Simak!


    Penyebab Jerawat Bokong

    Jerawat bokong secara teknis masuk ke dalam kategori folikulitis, yaitu masalah peradangan yang terjadi pada folikel rambut. Kelainan ini disebabkan oleh suhu lembap dan kebersihan yang buruk. Menurut ahli dermatologi asal dari klinik kecantikan New York, Sadick Dermatology, kondisi yang dapat meningkatkan folokulitis adalah tidak mengganti celana setelah berkeringat serta terlalu sering mengenakan celana ketat.



    Jadi, jangan heran kalau area bokongmu mulai berjerawat setelah olahraga berjam-jam atau beraktivitas seharian ketika sedang menstruasi, tetapi tidak memerhatikan kebersihannya. Lakukan cara berikut ini untuk menghindari dan mengatasi jerawat bokong sampai tuntas. 


    Kenakan Bawahan Longgar

    Cosmo tahu bahwa koleksi bicycle pants sedang menjadi tren saat ini, tapi mengenakan celana longgar (seperti palazzo) adalah cara terbaik untuk menghindari jerawat bokong. Kamu juga sebaiknya tidak mengenakan bawahan model apa pun yang menyebabkan gesekan, segera mengganti pakaian setelah berkeringat, dan juga menjaga kebersihan saat menstruasi.


    Pilih Bahan Pakaian Dalam yang Tepat

    Ketika bicara tentang pakaian dalam, Cosmo memang tidak menyarankanmu untuk mengenakan model yang longgar. Akan tetapi, pilihlah bahan material yang terbuat dari katun, nilon, atau spandek, yang dapat memberikan pernapasan pada kulit bokongmu.





    Gunakan Sabun Antibakteri

    Bukan hanya mandi, kamu juga harus menggunakan sabun anti bakteri atau yang memiliki kandungan benzoyl peroxide. Formula tersebut bekerja membunuh bakteri yang mengendap di pori-pori dan menyebabkan jerawat. Saran Cosmo, pastikan kamu mencuci rambut dan bagian tubuh lainnya terlebih dulu, agar kotorannya tidak menetes ke area bokong. Jangan lupa untuk rutin mengeksfoliasi menggunakan body scrub minimal seminggu sekali.


    Jangan Mencoba Memecahkannya!

    Sama seperti jerawat di kulit wajah, memecahkan jerawat bokong berisiko menimbulkan infeksi yang dapat membuat kondisinya semakin parah. Selain itu, kebiasaan ini juga meninggalkan bekas luka yang membuat tampilan bokongmu tidak lagi seksi. Oh, no!



    Konsultasi Ke Dermatologis

    Merasa malu untuk memperlihatkan bokongmu ke orang lain? Keep these things in your mind: ahli dermatologi sudah melihat berbagai kondisi kulit dan ia akan membantumu mengatasinya hingga tuntas. Jika kamu merasa jerawat bokong bertambah banyak dan terasa sakit, Cosmo menyarankanmu untuk segera mengunjungi ahli dermatologi. 


    (Kissy Aprilia, images: Jakob Owens on Unsplash)