Love & Sex

Selain Selingkuh, Ini 5 Kesalahan Fatal dalam Hubungan Cinta

  by: Kezia Calesta       19/9/2019
  • Sebetulnya, tak ada aturan yang pasti dalam cinta. Tapi kalau kamu tahu beberapa prinsip berikut ini, hubungan cinta pun akan berjalan dengan lebih mulus!





    Apapun statusnya (pacar, tunangan, atau suami), pasanganmu adalah seseorang yang memiliki perasaan. Dia punya kepribadian, pemikiran, dan angan-agan sendiri. Perbedaan memang mempermanis hubungan dan seringkali melengkapi kepribadian satu sama lain, tapi ingat untuk tidak melewati batas. Hindari “lampu merah” alias hal-hal tabu yang bisa menimbulkan masalah dalam hubungan cintamu!


    1. Mengkritik ibunya

    Menurut Mick Copper, psikolog dan pengarang The Complete Man’s Guide to Life, pria yang kelewat dekat dengan ibunya pasti murka kalau ibunya “disenggol”, walau sedikit saja. Bila pasanganmu seperti ini, ingat untuk bersikap fleksibel – jangan langsung mengamuk saat ia membandingkan kamu dengan ibunya. Look at the bright side! Biasanya pria tipe ini adalah pelindung dan gentleman bagi wanita-wanita terdekat dalam kehidupannya. Jadi kalau dia maju ke depan untuk membela ibu, adik atau kakak perempuannya, dia pasti juga akan jadi pahlawanmu!



    2. Mengaku naksir orang lain

    Jangan pernah lakukan ini! “Pria bisa kehilangan kepercayaan setelah mendengar pengakuan dari pasangannya yang naksir orang lain,” ujar Dr. David Cowell, psikolog. Jangan pernah coba-coba bermain api kalau memang takut terbakar. Jika diam-diam kamu merasa tak enak hati mengkhianatinya, akhiri pikiran-pikiran nakal sebelum kamu merusak hubungan dengan si dia.



    3. Mengeluhkan dia di depan umum

    Pacar punya kelakuan aneh atau kebiasaan buruk yang sering bikin kamu sebal? Saat sudah tak tahan, rasanya kamu ingin bercerita saja pada teman-temannya. Well, mungkin tak semuanya, pada beberapa sahabat dekat saja. Tetapi hati-hatilah… kalau sampai keluhan itu sampai ke telinga si dia, bahaya! Menurut Dr. Marck McDermot, dosen psikologi kesehatan di University of East London, pasangan harus saling melindungi kredibilitas dan nama baik masing-masing. Lagipula, mengeluhkan pasangan di depan publik dianggap mengkhianati keluhuran hubungan. So, bila ada kelakuan yang tidak kamu sukai, bahas dengan pasanganmu saat sedang berdua saja.





    4. Gemar menggerutu

    Masalah yang datang sering kali membuat suasana hati buruk. Tapi bukannya membicarakannya dengan pasangan secara dewasa, kamu malah menyimpan rapat-rapat dalam hati karena mengira ia tak peduli. Maka, kamu pun melampiaskan kekesalan dengan menggerutu… tapi justru hal ini sering dianggap sebagai kelihaian wanita dan kadang jadi teknik pasif-agresif dalam berkomunikasi. “Pria tahu kalau mereka dimanipulasi dan dipermainkan. Dia bisa lebih galak, maka sebaiknya berhati-hatilah!” ujar Dr. Cowell.



    5. Sering bertemu mantan pacar

    Mantan pacar adalah bagian dari lembaran hidup seseorang. Tapi, itu masa lalu, Sekarang, kamu sudah menjalin hubungan dengan pasangan baru yang memercayai cintamu. “Tak ada gunanya bernostalgia dengan mantan, karena hal itu hanya akan menyakiti hati si dia,” ujar Dr. Cowell. Dia bisa cemburu dan kamu akan kena batunya, so, don’t make him lose his trust



    (Image: doc. @ryanmfranco via Unsplash.com / Sumber: Cosmopolitan Indonesia "Oh, I'm So In Love... Relationship And Romance Guide Book")