Beauty

Dove dan Kampanye Mengenai Stereotip Rambut

  by: Astriana Gemiati       22/9/2019
  • Setiap wanita itu unik! Pernah mendengar atau bahkan mengalami ketika kerabat atau lingkungan sekitar hanya menilai Anda dari penampilan? Misalnya, cara Anda mengenakan pakaian yang tidak biasa, ini sama berlakunya dengan Anda memiliki jenis atau bentuk rambut (seperti keriting, coloring hair, pixie cut, mohawk, dan lain sebagainya), tanpa melihat serta mengenal lebih dekat kepribadian utama orang tersebut. Namun, dalam hal ini kita tidak dapat menyangkal bahwa kita memiliki cara untuk menerimanya sebagai sarana ekspresi diri. Bagi wanita, bentuk rambut yang dimiliki bisa mengubah persepsi dan berkurangnya kadar kepercayaan diri berkat opini orang. Padahal kenyataannya, ini hanya sebuah rambut!


    My Hair is My Say

    Bergerak dari isu tersebut dan untuk membuktikannya, label Dove mengumpulkan sekelompok wanita dengan kisah-kisah uniknya yang diterjemahkan ke dalam sebuah video berjudul “Rambut Aku, Kata Aku”. Jika Anda lihat, video ini menceritakan bagaimana para wanita berbicara tentang stereotip yang melekat pada rambut mereka dan bagaimana mereka akhirnya melepaskan diri dari belenggu. Intinya, memiliki rambut berwarna bukan berarti memiliki kepribadian yang tidak serius dalam bekerja. Untuk tampil cantik, juga tidak harus mengubah rambut keriting menjadi tampak lebih lurus. Girls, kita semua berhak mencintai rambut kita dalam segala bentuk apapun. Dan, apapun yang Anda lakukan dengan rambut Anda adalah urusan Anda.




    Melalui kampanye ini, Dove ingin memperluas representasi pilihan rambut yang beragam, menghilangkan stereotip rambut, dan menggambarkan kecantikan dengan cara menentukan sendiri apa pilihan bentuk rambut Anda. Tanpa memecah belah, Dove juga berharap bisa membantu para wanita dengan menyediakan produk perawatan rambut untuk mengurangi kecemasan akan kerusakan.




    ( Astriana Gemiati, Image: Dok. Dove, Dok. Instagram, Layout: S.Dewantara )