Lifestyle

4 Ilustrator Perempuan Indonesia yang Konsisten Berkarya

  by: Givania Diwiya Citta       26/9/2019
  • Have you grab our September issue, girls? Dalam edisi anniversary Cosmo yang ke-22 tahun, empat ilustrator perempuan Indonesia mengkreasikan gagasan mereka tentang karakter-karakter yang dimiliki fun fearless female. Nyatanya, goresan ilustrasi mereka pun mencerminkan bahwa mereka memiliki jiwa fun dan fearless terutama dalam berkarya, lho. Mari kenali profil mereka lebih dekat!


    Ayang Cempaka





    Meski berbasis di Dubai, namun Ayang tak pernah berhenti berkarya sejak ia memulainya di kampung halamannya, Yogyakarta, pada 2013 lalu. Ia pun meniti hobi masa kecilnya dalam menggambar dan mendesain produk, menjadi bisnis sendiri yang ia rintis dengan sang adik. Studio kreatifnya, Ayang Cempaka, telah mengkreasikan berbagai produk crafted, mulai dari kreasi ilustrasi sampai tas yang beraksen. Karakter ilustrasinya pun kuat akan rasa vintage, warna-warna terang dan cerah, hingga membuat karyanya tampak whimsical.


    Katherine Karnadi



    Dengan darah seni yang mengalir dalam DNA-nya, Katherine akhirnya bulat untuk mengikuti passion sebagai ilustrator pada tahun 2013 meninggalkan pekerjaan full time kantor. Ia pun lantas dikenal sebagai ilustrator yang kerap live drawing di berbagai gelaran brand fashion, serta telah berkolaborasi dengan berbagai brand beauty internasional. Karakter ilustrasinya pun lekat akan perempuan, hingga karyanya kuat akan rasa feminin, melankolis, namun cantik, terasa effortless dan unfinished. Makes us all in the mood!


    Ykha Amelz





    Rasa excited yang didapatnya semasa kecil saat menggambar membawa langkahnya menjadi ilustrator sejak tahun 2008. Ykha pun memanjangkan portofolio karyanya dalam industri fashion, media cetak, musik, desain, bahkan merilis label fashion bersama seorang partner, dan menerbitkan buku perdananya yang berjudul Babbot: The Life of A Busy Frenchie. Karakter ilustrasinya pun eksperimental, menggugah emosi, dan kuat akan tekstur, seperti ia yang senang menggambar dengan pensil dan kertas. Put your eyes to her details, girls!


    Dinda Puspitasari



    Berangkat dari hobi, Dinda pun mendalami ilustrasi secara otodidak hingga bisa membesarkan namanya sendiri di industri seni. Tak hanya telah berkolaborasi dengan bermacam brand fashion dan beauty internasional, Dinda pun telah beberapa kali berkolaborasi dalam merilis buku, bahkan tak sedikit yang merupakan miliknya sendiri. Karakter ilustrasinya pun otentik akan permainan warna, bahkan ia bisa mengeksplorasi berbagai palet warna dari range terang hingga gelap. She shines!




    Psst, jika kamu sudah punya majalah Cosmo edisi September, kamu bisa menemukan karakter fun and fearless female versi kamu, dan memasangkannya dengan karya ilustrasi dari keempat ilustrator membanggakan ini. Jangan lupa untuk mengikuti insting kamu, dan warnai karya ilustrasi dengan kreasimu sendiri. Happy finding your true colors, girls!


    (Givania Diwiya / Image: Dok. Cosmopolitan Indonesia / Layout: S. Dewantara)