Love & Sex

26 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Gebetan Suka dengan Kamu

  by: Alvin Yoga       27/9/2019
  • Salah satu hal yang membuat kita gemas ketika menggunakan aplikasi kencan adalah kita sama-sama tidak berani mengutarakan apa yang benar-benar kita rasakan - bahkan setelah bertemu di kencan pertama. Dan menebak-nebak isi hati seseorang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

    Kabar baiknya: bahasa tubuh ternyata bisa menjadi tanda apakah seseorang menyukai kita atau tidak. Yes, faktanya, kita (betul-betul!) bisa mendapatkan petunjuk mengenai isi hati seseorang dari apa yang si dia lakukan selama kencan. Patti Wood, seorang ahli bahasa tubuh dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, sekaligus penulis dari Success Signals, A Guide to Reading Body Language, mengatakan bahwa kamu bisa menebak apa yang ada di dalam pikiran lawan kencanmu hanya dengan memperhatikan gerak-geriknya. Berikut ini adalah 26 bahasa tubuh yang bisa kamu temukan dari si dia ketika kencan. Have some clue!




    1. Pupilnya membesar

    Entah kalian berkencan di tempat yang super-gelap (really? For the first date?) atau ini adalah tanda bahwa si dia menyukai kamu. "Pembesaran di daerah pupil adalah respon otak yang menunjukkan bahwa seseorang sedang menyukai apa yang ia lihat, dan biasanya terjadi tanpa betul-betul ia sadari," ujar Patti.


    2. Alis matanya terangkat naik ketika ia melihatmu

    "Jika ia menyukai apa yang ia lihat begitu ia menatap kamu, tak hanya pupilnya yang bereaksi, bagian atas matanya pun akan bergerak, membuat alis matanya melengkung naik ke atas," ujar Patti. Perhatikan lagi, hal ini juga bisa menunjukkan bahwa ia sedang menyukai topik pembicaraan yang kalian bicarakan - kamu bisa menggunakan petunjuk tersebut untuk membicarakan topik yang mirip di kencan berikutnya.


    3. Ia menunjukkan gigi depannya ketika ia tersenyum

    "Pria berhenti tersenyum seperti ini di sekitar umur lima tahun - biasanya mereka hanya tersenyum kecil di banyak kesempatan. Satu-satunya pengecualian adalah ia sedang benar-benar bahagia," kata Patti. Ia mungkin tidak benar-benar menunjukkan giginya ketika sedang casually flirting, tapi kalau kalian benar-benar memiliki kencan yang menyenangkan dan si dia banyak tertawa hari itu, perhatikan apakah si dia tertawa lebar hingga menunjukkan gigi depanya. "Ketika seorang pria sedang benar-benar bahagia, ia tidak akan repot-repot menutupinya," lanjut Patti.


    4. Tak hanya bibirnya yang tersenyum, namun seluruh wajahnya

    Atau bisa dikatakan, ia benar-benar tersenyum dengan tulus. Real smiles extend well beyond the mouth. Di saat-saat seperti ini, daerah dahinya akan terangkat naik dan kelopak matanya sedikit menutup.


    5. Ia sering menjilat bibirnya dengan cara yang cute

    Ketika kamu sedang tertarik dengan seseorang, mulutmu akan memproduksi saliva dalam jumlah yang lebih banyak. Sebagai hasilnya, ia mungkin akan sering-sering menjilat bibirnya, atau menutupnya dengan erat. But remember, the slower he does it, the creepster.


    6. Matanya fokus pada wajahmu—bukan hanya matamu

    Kamu mungkin beranggapan bahwa seorang pria yang terpikat denganmu akan terus menerus melekatkan pandangannya padamu sepanjang kencan. Nyatanya, tidak seperti itu. Tak jadi masalah, kok, jika ia sesekali melirik ke layar handphone-nya demi melihat pesan terbaru yang muncul. Lagi pula, kontak mata secara terus menerus juga akan membuat orang lain merasa kurang nyaman. So, new rule: Jika ia menghabiskan kurang lebih 70% dari interaksi kalian sambil melihat mata atau hidung atau bibirmu, maka ia memang menyukaimu.


    7. Ia mengambil napas panjang ketika melihatmu

    Yes, men do require oxygen. Tapi jika tanpa sadar ia mengambil napas panjang—lalu mengempiskan perutnya dan membusungkan dadanya—ini merupakan tanda bahwa secara tak sadar ia berusaha untuk membuat bagian atas tubuhnya terlihat lebih lebar dan area pinggangnya terlihat lebih kecil, dua hal yang akanmembuatnya terlihat lebih fit dan (menurut perspektif perempuan) lebih menarik. Dengan kata lain, ia menyukai kamu dan berusaha untuk membuatmu terpikat. Awww!


    8. Ketika pertama kali melihatmu, ia terlihat ingin menyentuhmu atau benar-benar memperhatikanmu.

    "Hal pertama yang ia lakukan begitu ia melihatmu memiliki banyak arti, termasuk kepribadiannya," ujar Patti. Kalau ia memang menyukaimu, ia tak mungkin hanya membiarkanmu mendekat begitu saja. Ia akan mencari cara untuk menyentuh, memeluk, atau memandangmu.


    9. Ia mendekat maju ketika kamu berbicara

    Jika lokasi kencan kalian cukup ramai, bahasa tubuh yang satu ini mungkin tak berlaku. Tapi jika lokasi kencan kalian cukup sepi dan ia bisa mendengar suaramu dengan jelas, namun ia tetap mencondongkan badannya ke depan, ini berarti ia tertarik dengan apa yang kamu katakan—dan juga dirimu, in general.


    10. Ia meletakkan kedua tangannya di pingang, dan sikunya mengarah ke luar

    Posisi ini membutuhkan banyak ruang, dan berdasarkan Patti, pose ini menunjukkan bahwa sang pria sedang berusaha untuk menunjukkan kekuatannya. Biasanya pria akan melakukan pose ini untuk menunjukkan sisi superior yang ia miliki, atau ketika ia berusaha untuk mengintimidasi pria lain. Dalam situasi ini, jika ia melakukan pose tersebut sambil menghadap kamu, ini berarti ia sedang berusaha mencari perhatianmu.


    11. Ia menyentuh lututmu atau sisi tubuhmu yang lain

    Ketika ia melakukan kontak fisik sambil mencari-cari alasan (katakan saja, ia sedang memuji jaket yang kamu pakai sambil mengelus bagian pundakmu), ini merupakan sebuah tanda karena sebenarnya ia ingin melihat apa responmu ketika ia menyentuhmu. Kalau kamu tak berkomentar apapun, ini berarti kamu nyaman-nyaman saja dengan apa yang ia lakukan, dan mungkin ia akan meneruskannya dengan menyenggol pundakmu di lain kesempatan atau justru menyelipkan rambutmu ke belakang telinga. Namun kalau kamu jadi menjaga jarak, ini berarti ia harus mendekatimu lebih perlahan. Tips untukmu: berhati-hatilah kalau si dia terlalu sering menyentuhmu, karena pria yang melakukan hal tersebut biasanya hanya tertarik untuk membawamu ke ranjang. Sebaliknya, pria yang benar-benar menyukai kamu dan menghargai dirimu sebagai perempuan, hanya akan melakukannya sesekali sambil tersenyum manis.


    12. Ia duduk dengan posisi kaki terbuka lebar

    Posisi ini akan mengekspos bagian vitalnya, yang berarti ia berusaha untuk menunjukkan seluruh sisi dirinya (literally and emotionally) untuk mengetahui lebih banyak soal dirimu. (Atau mungkin tempat duduk kalian terlalu sempit sehingga ia harus melebarkan kakinya)


    13. Bagian pinggulnya mengarah padamu

    Bagian ini merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling seksi, dan seringkali menunjukkan sexual interest. Jika ia mengarahkan pinggulnya ke bagian samping, ini berarti ia mungkin kurang menyukai kamu.




    14. Ujung kakinya mengarah padamu

    Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki respon paling cepat ketika seseorang sedang dalam bahaya, dan biasanya mengarah pada sisi tertentu tanpa disadari oleh orang tersebut—hal ini bisa memiliki banyak arti, terutama dalam interaksi sosial. "Ujung kaki biasanya mengarah ke mana hatimu tertuju," ujar Patti. Psst, kamu bisa mengetesnya dengan cara seperti ini: Ketika sedang bercanda, tepuk lengannya perlahan, atau sentuh bagian tubuhnya yang lain ketika kalian sedang mengobrol. Kemudian lihat posisi kakinya, jika ujung kakinya tidak mengarah padamu, maka sebenarnya ia tidak tertarik padamu.


    15. Ia menyilangkan kakinya

    Jika ia melakukan hal tersebut sambil mengarahkan bagian atas tubuhnya menjauh darimu,berarti mungkin ia tidak tertarik padamu. Tapi jika ia menyilangkan kakinya ke arah samping namun mengarahkan bagian atas tubuhnya padamu, ini artinya ia agak malu.


    16. Ia menggeser tubuhnya maju ke arahmu

    Duh, he obviously wants to get closer to you.


    17. Ia berbicara padamu tanpa melihatmu

    Posisi ini bisa menunjukkan banyak hal. Pertama, sedari awal ia memang tidak terpaku padamu. Kedua, bisa jadi ia tipikal orang yang senang mengobrol namun tidak bisa fokus pada satu orang saja karena ia cepat bosan. Ketiga, jika ia banyak melempar pertanyaan, namun jarang melirik matamu ketika berbicara, maka bisa jadi ia termasuk orang yang pemalu dan sulit berbicara dengan orang baru—terutama di hadapan perempuan yang ia sukai.


    18. Ia beberapa kali menyentuh bagian depan lehernya

    "Bagian tenggorokan merepresentasikan komunikasi sekaligus titik lemah seseorang," ujar Patti. Jika ia menyentuh bagian ini beberapa kali ketika kalian sedang mengobrol, ini berarti ia tertarik padamu dan khawatir apakah kamu menyukainya juga. Tapi perhatikan juga: kalau ia adalah seorang playboy, menyentuh bagian leher bisa berarti ia sedang tidak jujur. Jadi, perhatikan juga tanda lainnya ketika ia sedang berbicara untuk mengetahui isi hatinya yang sebenarnya.


    19. Ketika ia menggenggam tanganmu, ia melakukannya dengan erat

    Bahasa tubuh yang satu ini menyiratkan keinginannya untuk terus bersamamu. Di sisi lain, jika ia menggenggam tanganmu hanya dengan jari-jarinya—tanpa menyentuhkan telapak tangannya pada telapak tanganmu, ini berarti si dia tak nyaman dan mungkin sedang berusaha untuk menjauh darimu.


    20. Ia menggenggam bagian bawah lenganmu, atau menyentuhnya perlahan

    The message is loud and clear: He wants your attention. Pria biasa melakukan hal ini untuk meraih atensi perempuan yang ia sukai, atau untuk memastikan bahwa kamu mendengarkan apa yang ia katakan.


    21. Ia berjalan di sisimu

    Jika ia terus menerus melangkah lebih dulu di depanmu, ini berarti ia lebih mementingkan dirinya dibandingkan kamu. Tapi kalau ia tidak berusaha untuk menuntunmu ke arah tertentu, ini berarti ia berusaha untuk menyamakan langkah kakinya denganmu.


    22. Ia duduk di sampingmu, bukan di depanmu

    Semisal kalian berdua masuk ke sebuah restoran untuk makan siang. Alih-alih duduk di kursi kosong di hadapanmu, ia lebih memilih untuk duduk di sampingmu. Secara simbolis, ini menunjukkan bahwa ia ingin dekat denganmu. "Tanpa sadar, ia berkata bahwa ia berada di 'tim' yang sama denganmu," ujar Patti.


    23. Ia memainkan kacamatanya

    Patti menjelaskan bahwa hal ini merupakan pertanda bahwa ia sedang gugup—atau bisa dikatakan ia tertarik padamu. Jika ia melakukannya berulang kali, hal tersebut menandakan bahwa sejujurnya ia ingin menyentuhmu, namun ia takut melakukannya.


    24. Ia mengubah cara bicaranya menjadi tidak terlalu cepat

    Selain itu, ia juga akan mengubah nada bicaranya menjadi lebih "manis". Menurut Patti, dengan melakukan hal tersebut, ia berusaha untuk menunjukkan bahwa ia sedang menunjukkan sisi lemah lembutnya padamu.


    25. Ia berusaha sebaik mungkin untuk meminimalisir gangguan apapun di sekitarnya

    Mulai dari meletakkan handphone-nya jauh-jauh—seperti di sisi meja atau di dalam tas (atau tidak menyentuhnya sering-sering ketika kalian sedang berinteraksi, ini aturan paling dasar ketika sedang kencan!), sampai tidak memotong pembicaraanmu (meski makanannya terlalu pedas dan ia ingin kamu tahu soal hal itu) karena kamu sedang bercerita soal hobimu. Meskipun begitu, kalau pun ia memotong pembicaraanmu (we're all human and we make mistakes sometimes), pria yang tertarik denganmu akan segera meminta maaf dan mencari cara agar kamu bisa kembali meneruskan topik tersebut.


    26. Ia menghormati keberadaanmu

    Coba ingat-ingat kembali ketika kalian sedang kencan kemarin, apakah ia memperlakukan barang-barang di sekitarnya dengan baik? Semisal, apakah ia mengambilkan jaketmu yang jatuh dengan cara mengembalikannya baik-baik ke tanganmu dengan tangan kanannya, atau ia melemparnya ke pangkuanmu? Ataukah ia sempat mengambil struk belanjanya lalu membuangnya sembarangan? Patti mengatakan bahwa gestur-gestur kecil yang ceroboh seperti ini menunjukkan seperti apa ia akan memperlakukan orang-orang di sekitarnya dan sejauh apa ia menghargai kehadiran kamu di sisinya.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Mirko Vitali©123rf.com)