Beauty

Cara Membuat Gaya Floating Eyeliner dengan Sempurna

  by: Shamira Priyanka Natanagara       1/9/2020
  • Tak semua gaya makeup yang sedang trending sulit untuk dicontek, kok. Mungkin gaya dreamy eyeshadow dan watercolor eyeshadow yang warna-warni terlihat mengintimidasi—I mean, tidak mudah untuk membaurkan eyeshadow dengan sempurna, bukan? Nah, tapi belakangan ini ada gaya riasan mata yang tidak terlalu merepotkan untuk dibuat: floating eyeliner.

    Gaya riasan mata—lebih tepatnya gaya eyeliner—yang satu ini sedang diminati banyak orang, mulai dari para penggemar makeup, influencer, hingga beberapa seleb pun telah mencobanya. And it's so easy to make! Pada dasarnya kamu mengaplikasikan eyeliner di area lipatan kelopak mata, sehingga hasilnya seakan-akan eyeliner tersebut melayang. Ini dia produk-produk yang kamu butuhkan, serta langkah-langkah untuk menciptakan floating eyeliner yang sempurna.






    Step 1: Prep with primer

    Sebenarnya langkah ini tidak wajib, tapi kalau kelopak matamu berminyak—super berminyak hingga mampu membuat produk makeup apapun luntur—eye primer is a must! Aplikasikan primer khusus mata pada bagian kelopak matamu, mulai dari garis bulu mata hingga area tepat di bawah alis. 

    Cosmo recommends: Urban Decay Eyeshadow Primer Potion (beli di Sephora Indonesia, Rp350.000,-.)



    Step 2: Know your eye type

    Mungkin kamu telah meniru gaya floating eyeliner ala seleb atau beauty influencer, tapi kecewa karena hasilnya… gagal. Coba lihat bentuk matamu, apakah serupa dengan bentuk mata orang yang menjadi referensi gayamu? Gaya floating eyeliner ini cukup tricky jika kamu memiliki lipatan kelopak mata (crease) yang dalam, seperti tipe hooded eyelids. Triknya adalah: jangan aplikasikan eyeliner di atas garis lipatan kelopak mata, sehingga saat kamu membuka mata, eyeliner-nya tidak akan ‘tenggelam’ di dalam crease. Intip tips dari beauty influencer Vanessa (a.k.a @cutcreaser) berikut ini:






    Step 3: Draw guiding dots

    Mengenakan eyeliner pada garis bulu mata saja bukanlah hal yang mudah bagi beberapa orang, so tentu menarik garis rapi di atas crease bisa menjadi sebuah tantangan. Nah, coba buat titik menggunakan eyeliner sebagai panduan menggambar garis yang lurus. Yes, seperti permainan connect the dots! Jumlah titik yang kamu buat bebas sesuka hati, tapi setidaknya ada tiga titik: dua untuk menandakan bagian ujung garis, dan satu untuk menentukan bagian tengahnya.

    Cosmo recommends: ESQA Eyeliner (beli di Sociolla, Rp125.000,-.)



    Step 4: Connect the dots!

    Sambungkan titik yang telah kamu gambar secara hati-hati, and then you’re done! Kamu bisa menambahkan gliter di atas eyeliner untuk hasil yang lebih berkilau, atau menambahkan warna lain untuk membuat gradasi. 




    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/miyayeah / Images: Dok. Urban Decay, ESQA)