Beauty

5 Kesalahan Skincare Yang Sering Kamu Lakukan!

  by: Astriana Gemiati       5/9/2020
    • Tanpa disadari kamu banyak melakukan kesalahan saat melakukan rutinitas skincare.
    • Kira-kira apa saja kesalahan skincare yang sering kamu lakukan. Yuk, simak! 


    Tentu saja, merawat kulit sudah menjadi rutinitas wajib yang sering kamu lakukan. Namun, terkadang kita suka melakukan kebiasaan yang hingga tanpa disadari dapat mengakibatkan hal buruk untuk kulit wajah kita. 

    Kira-kira apa saja sih kebiasaan yang harus kamu hindari dan lakukan saat melakukan aktivitas merawat kulit!




    Kesalahan 1: Terlalu sering membersihkan wajah

    Kebanyakan berpikir bahwa semakin banyak mencuci wajah, akan terhindar dari jerawat, namun seringkali itu tidak akan terjadi! Jika kamu terus menerus membersihkan, sabun dari pembersih wajah dapat mengikis lapisan atas minyak pada kulit dan memicu pelepasan lebih banyak minyak. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, dan muncul whiteheads, serta komedo.


    Cosmo tips: Lakukan pembersihan dua kali sehari, lalu diikuti dengan penggunaan pelembap.


    Kesalahan 2: Memilih produk yang salah untuk jenis kulit kamu

    Meskipun tergoda untuk mencoba-coba produk kecantikan yang tengah tren tanpa tahu apakah ini cocok untuk jenis kulit kamu, hmm.. yang ada bisa berdampak buruk untuk kulit kamu, girls


    Cosmo tips: So, jika kamu ingin mencoba produk baru tersebut, ada baiknya pilih yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kamu. Jika kamu memiliki kulit kering, pilihlah perawatan yang memberikan kelembapan ekstra. Jika kamu rentan berjerawat, kandungan salicylic acid di dalamnya bisa jadi pilihan.


    Kesalahan 3: Menarik area mata

    Menggosok dan menarik kulit tipis dan halus di sekitar mata kamu bisa membuat garis halus lebih cepat muncul sebelum waktunya. 




    Cosmo tips: Saat kamu hendak menghapus riasan mata, tanpa menggosok kuat-kuat, tempelkan kapas yang telah dibasahi dengan eye remover pada kelopak mata kamu selama sekitar 30 detik sebelum kamu mengusapnya dengan lembut. Gunakan juga sentuhan ringan saat mengoleskan krim mata: Tepuk-tepuk di sepanjang kontur dengan jari manis kamu, yang memberikan tekanan lebih sedikit menggunakan jari manis.


    Kesalahan 4: Menerapkan terlalu banyak produk

    Menerapkan terlalu banyak produk, terkadang membuat kulit wajah kamu jadi sulit untuk bernapas dan terkesan sticky.


    Cosmo tips: Jika kamu ingin melakukan langkah perawatan skincare layering ala korea, ada baiknya sesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu dan gunakan produk dengan takaran yang secukupnya.


    Kesalahan 5: Melakukan rutinitas skincare segera sebelum tidur

    Nah, memang penting melakukan perawatan kulit di malam hari. Namun, yang sering kamu lakukan biasanya adalah segera menerapkan pada saat hendak menjelang tidur. Jangan lakukan hal itu! Kenapa? Pada saat kamu mengaplikasikan produk ke wajah, penyerapan krim skincare belum bekerja dengan baik. Yang ada semua krim yang kamu aplikasikan akan menempel ke sarung bantal dan rambut kamu (hufft..!).


    Cosmo tips: Aplikasikan produk perawatan kulit dan obat jerawat setidaknya satu jam sebelum tidur agar memiliki kesempatan produk untuk bekerja pada kulit. 




    ( Astriana Gemiati / Image: [email protected], GIPHY.com / Layout: Rhani Shakurani )