Beauty

4 Fakta Menarik Seputar Manfaat Clay Mask untuk Kulit

  by: Shamira Priyanka Natanagara       4/9/2020
  • Kini kamu bisa menemukan beragam produk clay mask di pasaran—mulai dari yang diproduksi oleh brand lokal hingga luar negeri, dan beberapa juga telah disesuaikan dengan tipe kulit berbeda. Nah, sebelum membeli clay mask, perlu diketahui bahwa masker berbahan dasar tanah liat ini memiliki sejumlah manfaat bagi kulit. Dan bukan hanya kulit wajah saja, clay mask pun bermanfaat untuk kulit ketiak dan kulit kepala. Yes! Ini dia fakta tentang manfaat clay mask untuk perawatan kulit yang wajib kamu tahu.

     

     Mampu menyerap minyak 

    Kebanyakan produk clay mask dirancang untuk para pemilik kulit berminyak dan berjerawat, karena salah satu keunggulan masker ini ialah mampu menyerap minyak berlebih. Dan bahkan, disadur dari Healthline, rutin menggunakan clay mask satu atau dua kali dalam seminggu bisa mengontrol kadar minyak pada wajah.



     

     Mampu mengurangi jerawat 

    Sebum yang berlebih seringkali menyumbat pori-pori, menimbulkan berbagai tipe jerawat, salah satunya komedo. Luckily, clay mask mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati pada lapisan terluar, membersihkan pori-pori sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

     

     Bisa untuk merawat kulit ketiak 

    Yup, Cosmo tidak bercanda! Selain mampu merawat kulit di area wajah, clay mask juga ampuh untuk membersihkan ketiak. Selain keringat, sisa produk deodoran pun mampu menyumbat kelenjar keringat, dan clay mask mampu membersihkannya secara menyeluruh. Dan karena clay mask mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi ingrown hair yang muncul ketika folikel rambut tersumbat sel-sel kulit mati.

    Aplikasikan clay mask favoritmu pada area ketiak sebagaimana kamu menggunakannya pada wajah. Bilas dengan air hangat, and you’re done! Lakukan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

     

     Dapat mengurangi ketombe 

    Satu lagi fungsi clay mask yang menarik adalah kemampuannya untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Pilihlah tipe bentonite clay yang dapat menghilangkan toksin pada kulit, termasuk kulit kepala. Ketombe sendiri disebabkan oleh jamur Malassezia. Jamur ini menyukai minyak berlebih yang ada pada kulit kepala, menyerapnya sehingga kulit kepala kering.

    Nah, inilah di mana bentonite clay beraksi. Jenis tanah liat tersebut bisa menyerap minyak berlebih sehingga kulit kepala tidak disukai jamur, serta mengeksfoliasi ketombe yang ada pada kulit kepala. Simak video berikut ini untuk lihat cara pemakaiannya!




     Cosmo's Favorite Clay Masks 


    Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask (beli di Shopee Mall, Rp180.000,-.)





    Aztec Secret Aztec Indian Clay (beli di Sociolla, Rp270.000,-.)



    L'Oréal Paris Pure Clay Mask - Detoxify (beli di Sociolla, Rp170.000,-.)



    Sephora Collection Blue Clay Mask (beli di Sephora Indonesia, Rp102.000,-.)



    Freeman Cleansing Apple Cider Vinegar Clay Mask + Scrub (beli di Shopee Mall, Rp96.800,-.)


     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Shiny Diamond from Pexels / Images: Dok. Innisfree, Aztec Secret, L'Oréal Paris, Sephora Collection, Freeman)