Celebrity

12 Fakta Unik Tentang Freddie Mercury, Sang Legenda Rock

  by: Kezia Calesta       5/9/2020
  • Happy birthday, Freddie! Lahir pada tanggal 5 September 1946, vokalis dari band Queen ini telah menciptakan banyak lagu ikonis yang terus dinikmati oleh dunia hingga kini: mulai dari Bohemian Rhapsody, We Are The Champions, Under Pressure, hingga We Will Rock You. Hari ini, Cosmo ingin mengenang rock legend ini dengan 13 fakta unik tentang Freddie Mercury yang wajib kamu ketahui. Simak!


    1. Ia sendiri yang merancang logo Queen

    Logo untuk band Queen dirancang sendiri oleh Freddie, dan lambang tersebut merupakan gabungan dari zodiak semua member - ditambah burung phoenix untuk melambangkan kebangkitan.





    2. Ia seorang filatelis

    Mulai dari usia 9 hingga 12 tahun, Freddie gemar mengoleksi prangko dari berbagai macam negeri, mulai dari Zanzibar, Inggris, Selandia Baru, hingga Monaco. Kini, koleksi tersebut dipanjang di London’s Postal Museum di samping koleksi prangko John Lennon.


    3. Ia memajang lukisan Picasso asli di kamar mandinya

    Fakta tersebut dikonfirmasi oleh Dave Clark, rekan yang cukup dekat dengan Freddie. “Saya selalu harus dikelilingi dengan karya seni, maka saya mengoleksinya. Rumah saya dipenuhi dengan karya seni Jepang dan barang-barang antik,” jelas Freddie.



    4. Ia sangat menghargai giginya

    Freddie terkenal memiliki senyum yang ikonis, karena vokalis ini memiliki empat gigi lebih di bagian belakang gusinya. Namun, ia tidak ingin membetulkannya ke dokter gigi, karena Freddie takut bahwa tindakan tersebut dapat berdampak terhadap kemampuannya untuk bernyanyi.


    5. Ia tidak memerlukan banyak waktu untuk tidur

    Meskipun sangat sibuk dan suka berpesta, Freddie pernah mengungkap bahwa ia bisa bertahan lama tanpa tidur. “Saya bisa menjalankan aktivitas setelah tidur selama 2-3 jam saja. Saya tidak tahu mengapa, tapi itu benar. Saya hanya perlu recharge selama waktu singkat, dan saya berenergi lagi.”



    6. Ia pernah mengajak Princess Diana ke gay bar

    Menurut komedian Cleo Rocos, ia pernah bekerja sama dengan Freddie dan Kenny Everett untuk menyeludup Princess Diana ke Royal Vauxhall Tavern pada tahun 1988. Mereka mendandani Princess Diana dan meminjamkannya jaket serta topi, dan mengajaknya pergi menikmati sebuah malam yang seru secara diam-diam.




    7. Ia memanggil Elton John “Sharon”

    Semua sahabat terdekat Freddie diberikan nama panggilan perempuan olehnya, dan ia memanggil Elton “Sharon”. Mereka berdua sangat suka berpesta, namun Elton mengakui bahwa Freddie bisa mengalahkannya. Sebelum Freddie meninggal dunia akibat HIV, ia menyempatkan diri untuk membungkus hadiah natal untuk Elton: sebuah lukisan yang sangat disukainya, dibungkus dengan sarung bantal, dan disertai dengan catatan: “Dear Sharon, saya pikir kamu akan menyukai ini. Love Melina.


    8. Ia sangat menyukai kucing

    He’s a cat person! Ia mendedikasikan solo album miliknya, Mr Bad Guy, untuk kucing peliharaannya. “Album ini saya dedikasikan untuk kucing saya, Jerry. Juga untuk Tom, Oscar, Tiffany, dan semua pecinta kucing di dunia. Masa bodoh dengan yang lain!”



    9. Ia mahir dalam bertinju

    Saat bersekolah di India, Freddie muda jago bermain tenis meja. “Saya membenci olahraga cricket dan lari jarak jauh, karena saya sangat payah. Tapi saya bisa berlari cepat, cukup baik dalam hockey, dan saya sangat jago bertinju,” ungkap Freddie.



    10. Ia mengakui lagu Bohemian Rhapsody tidak memiliki makna

    Lirik Bohemian Rhapsody memang cukup rumit dan membingungkan, dan banyak orang suka menerka-nerka arti di balik lagu tersebut. Padahal, Freddie mengakui bahwa lagu tersebut tidak memiliki arti. “Saya hanya menulis omong kosong yang bersajak.”


    11. Ia mencintai tari balet

    Pada tahun 1977, Freddie pernah tampil di sebuah gala di London Coliseum. Ia mengenakan leotard berwarna silver, dan menampilkan tarian yang dikoreografi oleh penari utama Royal Ballet, Wayne Eagling.


    12. Ia merekam lagu The Show Must Go On sebelum meninggal dunia

    Saat Brian May menulis lagu tersebut, Freddie sudah sakit keras dan ia takut bahwa Freddie tidak kuat menyanyikan lagu dengan vokal yang cukup sulit. Namun, saat waktunya tiba, Freddie meminum satu teguk vodka dan berkata, “I’ll f*cking do it, darling,” dan berhasil menyelesaikan lagunya dalam satu kali rekaman. 


    (Image: doc. various)