Lifestyle

Alasan Beberapa Orang Memboikot "Mulan" Versi Live Action

  by: Shamira Priyanka Natanagara       7/9/2020
    • Film Mulan versi live action dirilis di platform streaming Disney+ pada 4 September seharga USD29,99.
    • Orang-orang memboikot Mulan karena komentar yang diucapkan oleh aktris pemeran utamanya, Liu Yifei.


    Film Mulan versi live action telah dirilis di Disney+ untuk para pengguna yang bersedia untuk membayar USD29,99 (sekitar Rp442.000,-.) untuk menyaksikannya, sebelum bisa diakses secara gratis pada 4 Desmber mendatang. Mungkin kamu mengira aspek paling kontroversial dari film tersebut adalah keputusan Disney untuk mengenakan biaya ekstra kepada para pelanggan, atau perbedaan antara film asli dan film yang baru (seriously, ada banyak). Namun, tidak, itu bukanlah alasannya. Jika akhir-akhir ini kamu menghabiskan waktu scrolling Twitter, mungkin kamu bertanya-tanya: "Mengapa orang-orang memboikot Mulan?" Jawabannya agak rumit, tapi Cosmo akan mencoba menjelaskannya.





    Semuanya dimulai ketika aktris pemeran Mulan, Liu Yifei, menyatakan dukungannya kepada penegak hukum Hong Kong setelah polisi dituduh melakukan kekerasan terhadap pemrotes pro-demokrasi pada 2019. "Saya mendukung polisi Hong Kong. Kalian semua bisa menyerang saya sekarang. What a shame for Hong Kong," kata Liu di Weibo, platform media sosial Cina. Komentarnya telah muncul kembali sejak Mulan tayang dan beberapa orang marah padanya karena terkesan menentang protes demokrasi di Cina. 

    Banyak warga Cina percaya bahwa kekuatan yang berlebihan digunakan untuk mengontrol orang-orang yang protes. Itulah mengapa banyak orang kecewa dengan komentar Liu—terutama karena ia adalah warga negara Amerika Serikat.







    Produser Mulan dan eksekutif Disney Jason T. Reed baru-baru ini berkomentar tentang kontroversi terkait film tersebut. "Well, saya rasa pertama-tama, ini adalah situasi yang sangat rumit bagi para penampil yang tinggal di Cina dan bekerja di Cina," ia memberi tahu Yahoo Finance. "Tentu saja, ketegangan di antara dua pihak sangat rumit. Saya tidak memiliki kualifikasi untuk membahasnya lebih lanjut. Saya di sini untuk mewakili film."

    Ia melanjutkan, "Namun secara pribadi saya akan mengatakan, tidak ada yang bekerja keras dan memberikan usahanya lebih dari Yifei. Ia berlatih selama enam bulan sebelum memulai proses produksi—berkuda, seni bela diri, berlatih menciptakan karakter."

    Jika kamu masih belum bisa memutuskan ingin menonton Mulan versi live action atau tidak, masih ada opsi lain... 



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Outnow.ch)