Better You

Inilah Manfaat Merawat Tanaman Bagi Kesehatan Mental

  by: Shamira Priyanka Natanagara       8/9/2020
  • Sejak masa PSBB dimulai, mungkin kamu menyadari semakin banyak orang tertarik untuk berkebun di rumah. Tak hanya cara yang mudah untuk mempercantik ruangan dan memberi sentuhan warna, tapi juga dapat membersihkan udara yang kamu hirup, membantumu tidur lebih nyenyak, dan bahkan mengusir nyamuk yang mengganggu. Namun sudahkah kamu tahu bahwa kegiatan ini juga bagus untuk kesehatan mental?

    Menurut Samantha Patricia, pilot asal Filipina dan ibu dari lebih dari 100 tanaman di rumahnya, dalam episode My Day with Cosmo, ia merawat tanamannya kapanpun ia merasa anxious atau stres, terutama akibat pandemi. Sudah pasti ia tidak sendiri—semakin banyak orang mulai membeli tanaman dan berkebun selama mengisolasi diri di rumah sebagai cara 'bertahan'. Berikut ini adalah cara tanaman hias mampu membantu membebaskan kita dari rasa sedih dan jenuh:




    Mengurangi stres

    Menurut sebuah studi dari University of Hyogo di Jepang, memiliki tanaman di area kerjamu bisa mengurangi tingkat stres. Dalam eksperimen tersebut, para peserta diminta untuk mencatat nadi mereka sebelum dan setelah melihat tamnaman dan mengisi formulir yang mengukur kondisi psikologis dan level kecemasan masing-masing. Lebih dar 27 persen peserta memiliki denyut nadi yang jauh lebih rendah dan tingkat kecemasan pun berkurang.

    Jadi, lain kali kamu sedang bekerja keras, istirahatlah dengan merawat tanaman atau bahkan hanya menatapnya saja. Rasa lelahmu bisa berkurang dan tingkat konsentrasimu bisa bertambah.


    Membantu konsentrasi

    Salah satu manfaat yang dihadirkan tanaman adalah membantu konsentrasi kita. Menurut sebuah studi, ditemukan bahwa memiliki tanaman di area kerja bisa meningkatkan kreativitas, perkembangan ide, dan level fokus. So kalau kamu sedang merasa kurang terinspirasi, menambahkan beberapa tanaman mini di meja tulis bisa menjadi dorongan mental yang kamu butuhkan.


    Memperbaiki mood

    Merawat tanaman atau bahkan hanya memandagnya membuat pikiran Cosmo lebih tenang dari sebelumnya—apakah kamu mengalami hal yang sama? Dan sains pun setuju: sebuah studi Jepang dari tahun 2010 meneliti shinrin-yoku atau "mandi hutan", alias menghabiskan waktu di alam bebas, dan menyimpulkan bahwa kegiatan tersebut bisa menurunkan tingkat stres, mengurangi tekanan darah, dan membuat diri lebih relaks!



    Meski sekarang kebanyakan dari kita tidak berkesempatan untuk berpetualang di hutan untuk merasakan manfaatnya bagi kesehatan, tentu saja kamu bisa membawa alam lebih dekat dengan dirimu. Ini dia daftar tanaman indoor yang cocok untuk pemula dan mudah dirawat. Tanam, rawat, dan rasakan tingkat serotonin-mu meningkat. 


    Membantu daya ingat

    Selain mampu membantu konsentrasi, tanaman juga bisa membantu daya ingat. Tahukah kamu bahwa berada di sekitar tanaman bisa meningkatkan ingatan sebanyak 20 persen? Ini adalah alasan baik untuk membeli succulent untuk menghiasi meja kerjamu di rumah *wink*.


    Mampu menenangkan diri

    Jika belakangan ini kamu merasa lebih gelisah seiring berjalannya hari—mungkin karena jutaan hal yang perlu kamu selesaikan di rumah atau merasa tidak berdaya di tengah pandemi ini—jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Tanaman mampu menyediakan efek menenangkan selagi kamu merawatnya. Aktivitas ini dapat menjernihkan pikiran, membantu dirimu menghadapi anxiety.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Huy Phan from Pexels)