Lifestyle

Ini 20 Tanda Kamu Sudah Jatuh Cinta dengan K-Pop!

  by: Giovani Untari       10/9/2020
    • Bagi kamu yang penasaran, ini dia 20 tanda yang menyatakan bahwa kamu tanpa sadar (atau sadar!) sudah jatuh cinta dengan K-Pop.
    • Tanda-tanda kamu sudah jatuh cinta dengan K-Pop tersebut di antaranya: kamu mulai mencari tahu bahkan hafal dengan seluruh personil dari grup K-Pop yang kamu suka dengar lagu-lagunya.


    Hello, welcome to all fangirl / fanboy in the world!

    Selamat bergabung di dunia K-pop yang dipenuhi dengan hal-hal seru seputar musik dan perfomance dari ranah musik Korea. “Dunia” ini juga akan mengajak kita berkenalan deretan oppa, onnie, dan dongsaeng yang keren dan menggemaskan.

    Beberapa di antara kita mungkin menyadari bahwa menjadi fangirl / fanboy seperti sebuah panggilan dalam hidup. Kita menyukai sebuah grup / seorang penyanyi, lalu tertarik untuk masuk ke dalam fandomnya. Dan voilaaa.. kita mulai mengikuti segala hal yang berhubungan dengan idol favorit kita tersebut.



    Tapi tak sedikit dari kita terkadang ragu dan tidak menyadari “Hmmm.. apakah sebenarnya saya sudah jatuh cinta dengan K-Pop?” “Ahh apakah saya benar-benar menyukai mereka?”

    In case, pertanyaan di atas masih membayangi kamu, ini dia beberapa tanda kamu sudah jatuh cinta dengan K-Pop, dear!

    Apakah di antara poin-poin ini kamu adalah salah satunya (atau bahkan lebih!)?


    1. Kamu mulai penasaran dan mencari tahu beberapa informasi tentang grup yang kamu dengar dan suka lagu-lagunya

    Tanpa sadar tanganmu mulai membuka halaman Google dan mengetik nama grup yang kamu sukai. Lalu kamu juga mulai mencari tahu siapa saja para personil dari grup K-pop yang kamu sukai. Apa saja video klip mereka? Dan setelah melihat-lihat kembali fotonya, kamu mulai menentukan siapa bias-mu di grup tersebut. Feel related with this situation?


    2. Kamu mulai menghafal nama seluruh personil dari grup K-pop yang kamu dengar lagu-lagunya!

    Mulai dari nama lengkap, nama panggung, tanggal lahir, zodiak, golongan darah, kebiasaan unik, hingga nickname imut. Kamu bahkan menghafal nama mereka di grup, dari personil yang berusia paling tua hingga maknae mereka. Jika sudah di tahap ini maka... welcome to the K-pop world, honey!




    3. Kamu mulai memanggil mereka dengan nama asli, nickname mereka atau bahkan kamu membuat julukan sayang tersendiri untuk idolamu

    That’s right! Ini salah satu pertanda kamu mulai jatuh cinta dengan Kpop saat kamu secara refleks mulai memanggil mereka dengan nama asli hingga nickname berimbuhan cute seperti “Sehuna...“Jendeukie”, "Seungwanie" atau “Kookoo”.


    4. Playlist musikmu perlahan tapi pasti mulai dipenuhi lagu-lagu Korea dari grup atau penyanyi yang kamu sukai

    Beberapa di antaranya bahkan kamu dengar lebih dari 2x dalam sehari! Dan rasanya belum lengkap jika tidak mendengar lagu tersebut sambil membaca dan menghafal liriknya.


    5. Saatnya mencari tahu arti lirik dari lagu yang kamu suka menggunakan Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia

    Karena... tidak ada salahnya bukan untuk mengetahui arti dari lirik lagu yang kita sukai? Siapa tahu... ada yang liriknya begitu related dengan kehidupan kita. Ehmm...



    6. Kamu mengganti wallpaper smartphone / laptop dengan foto grup atau penyanyi kesukaannmu

    Let’s save all the wallpaper-worthy pics! Dan sepertinya, menghias casing belakang smartphone kamu menggunakan sticker atau photocard di casing belakang smartphone-mu menjadi sebuah ide brilliant saat ini.


    7. Kamu mengikuti akun resmi dan juga akun personal dari grup atau penyanyi yang kamu sukai di media sosial.

    Atau kamu bahkan sudah menyalakan notifikasi yang akan berbunyi saat mereka update di media sosial? OF COURSE! Sebagai K-pop enthusiast kamu merasa tidak boleh ketinggalan satupun berita dan foto terbaru tentang mereka, bukan? Kamu juga mulai rajin membaca berita terbaru mereka di sejumlah situs news Korea dan Cosmopolitan Indonesia *wink



    8. Mulai berpikir untuk mengoleksi album, official merchandise, poster, lightstick dan hal yang related dengan segala hal dari idolamu.

    Kamu mulai mencari di e-commerce, toko yang menyediakan album dari penyanyi K-Pop kesukaanmu. Lalu dari sana kamu juga mulai rela untuk merogoh kocek demi membeli official merchandise mereka. Hingga berkenalan dengan teman baru di media sosial demi bisa bertukar photocard yang sesuai dengan bias-mu.


    9. Maraton menonton fancam, musik show, MV, reality show, hingga drama Korea yang dibintangi mereka

    Jelas ini sebuah ritual rutin yang harus dilakukan untuk semakin mengenal para idola K-Pop yang kamu sukai. Sama seperti hubungan, menjadi penggemar K-Pop pun dimulai dari tahap PDKT alias pendekatan, dear!



    10. Destinasimu impianmu saat ini tentu saja... Korea Selatan!

    Bahkan kamu sudah memasukkan itinerary untuk berkunjung ke kantor agensi dari artis K-pop favoritmu hingga lokasi di mana mereka sempat melakukan photoshoot / syuting variety show.


    11. Kamu menggunakan skincare / makeup / produk lainnya yang dibintangi oleh Kpop idol favoritmu

    Cosmo yakin sejumlah brand ini pasti sudah tak asing lagi buatmu: Nature Republic, Nacific, VT Cosmetics, Moonshot, Etude House, Innisfree, The Saem, Holika Holika, TONY MOLY, FILA, dan Samsung.  Tentu saja karena brand ambassador-nya adalah.... para bintang K-pop kesayanganmu!








    12. Kamu hafal jadwal setiap acara musik Korea demi tidak ketinggalan perfomance terbaru mereka!

    Dari mulai Kamis hingga Minggu, ini saatnya kamu mengosongkan jadwalmu sebab saat masa comeback K-Pop idol akan tampil di sejumlah acara musik Korea seperti M Countdown, KBS Music Bank, MBC Show Music Core, dan SBS Inkigayo. Ada juga MBC Show Champion dan SBS MTV The Show


    13. Kamu mulai mengikuti akun fanbase mereka di media sosial

    Sekali lagi... itu karena tidak boleh ada satu pun update tentang idol / penyanyi K-Pop kesayanganmu yang terlewatkan.




    14. Berpikir untuk mewarnai dan memotong rambutmu ala K-pop idol

    Kamu mulai berpikir untuk melakukan sejumlah mentransformasi pada area rambutmu. Dari mengikuti warna biru keren ala V BTS, memotong rambut kamu hingga medium-bob menyerupai Eunha GFriend, hingga mengubah rambut two-tone ala Jennie BLACKPINK yang stunning di MV How You Like That. Is it you?




    15. Tertarik untuk belajar bahasa Korea agar bisa mengetahui apa yang idola kamu ucapkan tanpa harus menunggu subtitle

    Karena prinsipnya: lebih cepat mengerti apa yang mereka ucapkan, lebih baik!


    16. Kamu tahu beberapa istilah Korea karena terbiasa mendengar kata tersebut dan mulai menggunakannya di kehidupan sehari-hari

    “Omo!” “Jinja!” “Yeppeo” “Oppa” “Onnie!” “Saranghae!” “Daebak!” “Jjang!” “Banjjak banjjak!” “Sunbaenim!”


    17. Bersemangat untuk ikut voting agar idolamu menang di sebuah acara music award

    Kamu bahkan mempunyai lebih dari 2 akun email, demi bisa memberi beberapa voting untuk idolamu dalam sebuah acara award. A true dedication!


    18. Kamu menonton video klip comeback dari idolamu lebih dari satu kali dan mendengarkan lagu mereka di situs streaming online

    REPLAY..... REPLAY... AND REPLAY...




    19. Kamu mengunduh aplikasi agar lebih dekat dengan para K-pop idol

    Mulai dari V LIVE, Lysn, Weverse, hingga TikTok. Inilah beberapa aplikasi yang bisa membuat kamu merasa lebih dekat dengan para K-pop idol!


    20. Salah satu mimpi terbesar kamu saat ini: bisa menonton konser mereka secara langsung dan melihat dari dekat!

    Hope to see you soon, onnie, oppa, and uri dongsaengie......



    Jadi dari 20 poin ini, ada berapa poin yang sesuai dengan kepribadianmu babes?


    (Giovani Untari / Images: Dok. YG Entertainment, Instagram @gfriendofficial, Nuna V, Tenor.com)