Beauty

4 Bahan Lip Balm Yang Harus Kamu Hindari

  by: Astriana Gemiati       11/9/2020
    • Menggunakan lip balm memang sangat penting untuk membantu agar bibir kamu terhindar dari rasa kering dan pecah-pecah.
    • Namun, beberapa bahan yang tedapat dari lip balm justru bisa memicu reaksi seperti iritasi pada bibir kamu.
    • Berikut empat bahan lip balm yang harus kamu hindari.


    Yup, kondisi cuaca yang dingin dan kering bisa membuat bibir kamu jadi lebih mudah pecah-pecah dan kering. Lip balm atau pelembap bibir bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. Namun, sebelum kamu berencana untuk membeli produk tersebut, penting untuk memeriksa dahulu beberapa bahan kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut.

    Beberapa bahan yang tersedia di dalam produk lip balm, terkadang justru bisa membuat kondisi bibir kamu semakin terliat kering. Untuk menjaga bibir kamu tetap lembut, periksa daftar kandungan yang ada pada lip balm kamu. 




    Berikut empat kandungan yang harus kamu hindari agar bibir terhindar dari rasa kering dan tampak pecah-pecah.

    #1. Memiliki aroma wangi

    Ini mungkin sulit bagi pecinta minty dan beraroma buah, namun wewangian ini justru bisa memicu iritasi bibir kamu —terutama jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif. Jika bibir kamu langsung mengalami reaksi, cobalah beralih ke lip balm tanpa pewangi untuk melihat perbedaanya.


    #2. Seimbangkan bahan pengering dengan oil dan butters

    Banyak lip balm mengandung humectants seperti hyaluronic acid dan glycerin, yang berarti dapat menghilangkan kelembapan dari bibir jika tidak diimbangi dengan zat oklusif, yang mencegah hilangnya kelembapan. Jadi, jika kamu melihat salah satu dari bahan-bahan di lip balm, pastikan juga terkandung zat oklusif seperti beeswax, shea butter, coconut oil, petrolatum, atau squalene.




    #3. Hindari lip balm dengan salicylic acid

    Bahan yang ditemukan di beberapa obat jerawat emang akan bantu mengangkat sel kulit mati dan bisa melembutkan bibir kamu. Namun, itu juga dapat mengiritasi kulit kamu dan menyebabkan peradangan, serta kekeringan dari waktu ke waktu.


    #4. Jauhi bahan fenol dan mentol

    Bahan mentol atau femol memang bisa memberi sensasi dingin pada bibir. Namun justru bahan ini dapat menyebabkan kekeringan dan mengiritasi bibir dalam jangka panjang. 




    ( Astriana Gemiati, Image:  freepik.com )