Lifestyle

Ini 10 Lagu Terpopuler di Spotify Indonesia September 2020

  by: Shamira Priyanka Natanagara       11/9/2020
  • Akhir-akhir ini, pernahkah kamu tidak sengaja mendengar sebuah lagu di tempat umum lalu berpikir, "Lagu apa ini? Mengapa saya belum pernah mendengar lagu ini sebelumnya? Am I getting old???". Well, kalau merasa belakangan ini kamu kurang mengenal lagu-lagu yang sedang trending, atau mungkin sekadar ingin mencari rekomendasi lagu baru untuk didengar, berikut ini adalah 10 lagu yang menduduki peringkat teratas di Spotify Charts Indonesia selama akhir Agustus hingga awal September 2020. Lagu-lagu ini adalah yang paling sering didengar pengguna Spotify Indonesia. Let's check it out! 

     

    10. “LATHI (ꦭꦛꦶ)” - Weird Genius ft. Sara Fajira




    Menempati posisi ke-10 adalah "LATHI (ꦭꦛꦶ)", lagu karya trio EDM lokal Weird Genius bersama Sara Fajira. Lagu yang mulai viral berkat aplikasi TikTok ini resmi dirilis pada akhir Maret 2020, dan hebatnya mampu bertahan di Top 10 Spotify Charts Indonesia hingga bulan September ini. "LATHI (ꦭꦛꦶ)" juga memegang rekor sebagai lagu Indonesia yang paling lama bertahan di tangga lagu 'Indonesia Top 50'.


    9. “Someone You Loved” - Lewis Capaldi



    Lagu mengharukan dari penyanyi asal Skotlandia Lewis Capaldi ini berhasil menduduki puncak tangga lagu Britania Raya selama tujuh minggu begitu dirilis pada Maret 2019, kemudian berhasil meraih peringkat pertama di tangga lagu AS 'Billboard Hot 100' pada akhir 2019. Sekarang, lagu yang dinominasikan untuk kategori "Song of the Year" di ajang Grammy Award 2020 ini menduduki peringkat kesembilan di Spotify Charts Indonesia untuk bulan September 2020. Mungkin pandemi ini membuat orang-orang merasa lebih mellow? Hmm... 


    8. “Not Shy” - ITZY



    Title track dari EP terbaru ITZY, Not Shy, berhasil meraih posisi kedelapan bulan ini. "Not Shy" merupakan lagu upbeat yang dikemas dengan gaya edgy dan 'berani' khas ITZY. Coba dengarkan sekali saja, pasti akan langsung nyangkut di kepala!


    7. “Lose” - NIKI



    Niki Zefanya alias NIKI, bintang digital cover Cosmo bulan ini, baru saja merilis album terbarunya Moonchild pada 10 September kemarin. Namun sekitar satu bulan yang lalu, lebih tepatnya pada 12 Agustus, ia telah meluncurkan single "Lose" yang langsung membuat para penggemar excited dengan karya terbarunya. Niki berhasil menunjukkan sisi emosional yang menyentuh hati para pendengar, membuat "Lose" berhasil menduduki posisi ketujuh di tangga lagu Spotify Indonesia bulan ini. 


    6. “Stuck with U” - Ariana Grande with Justin Bieber



    Mungkin berkat perpaduan vokal Ariana Grande dan Justin Bieber yang merdu, atau karena lagu ini terasa relatable di tengah pandemi, atau mungkin karena banyak orang mendengar lagu ini di TiktTok, kemudian langsung tertarik untuk mendengar versi aslinya. Ada banyak alasan untuk mendengar duet Ariana dan Justin yang satu ini, so wajar saja "Stuck with U" ada dalam daftar ini, empat bulan setelah dirilis.


    5. “Before You Go” - Lewis Capaldi





    Yup, tak hanya ada satu lagu Lewis Capaldi yang masuk dalam Top 10 Spotify Charts Indonesia untuk bulan September 2020. Selain "Someone You Loved", "Before You Go" pun merupakan salah satu lagu yang paling populer di Indonesia bulan ini. 


    4. “How You Like That” - BLACKPINK



    Fun fact: lagu oleh grup K-Pop BLACKPINK ini telah diputar lebih dari 182 juta kali secara global, dan di Indonesia sendiri lagu ini sempat menempati posisi pertama selama tiga minggu berturut-turut pada bulan Juli 2020!


    3. “Maafkan Aku #TerlanjurMencinta” - Tiara Andini



    Bulan ini, alumni musim ke-10 Indonesian Idol Tiara Andini menempati posisi ketiga di Spotify Charts Indonesia! Diproduseri oleh Yovie Widianto dan Adrian Kitut, "Maafkan Aku #TerlanjurMencinta" adalah single kedua Tiara sebagai penyanyi solo. Mendengarkan lagu ini, apalagi sambil menyaksikan video klipnya, pasti langsung terbawa perasaan! Setuju dengan Cosmo?


    2. “Ice Cream” - BLACKPINK ft. Selena Gomez



    Walaupun baru saja dirilis pada 28 Agustus, 2020, lagu kolaborasi antara BLACKPINK dan Selena Gomez ini langsung menempati posisi kedua! "Ice Cream" adalah salah satu pre-release single dari album pertama BLACKPINK yang akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang. Super excited! 


    1. “Dynamite” - BTS



    Ya, lagu yang paling populer di Spotify Indonesia bulan ini adalah "Dynamite" oleh BTS! Lagu ini menunjukkan sisi BTS yang fun dan cerah, sekaligus santai, dengan sentuhan disko. Dan kalau kamu belum tahu, yes, seluruh lirik lagu ini berbahasa Inggris. Sejak dirilis pada 21 Agustus kemarin, lagu yang dibawakan oleh RM, Jin, J-Hope, SUGA, Jimin, V, dan Jungkook ini langsung mendominasi Top 50 Spotify Charts Indonesia, membuat lagu ini yang paling banyak dimainkan pada hari pertama peluncurannya di Spotify sepanjang tahun 2020. Surprised? Not really... it's BTS!

     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/tiaraandini, Instagram/nikizefanya, Instagram/arianagrande, Big Hit Entertainment, YG Entertainment)