Beauty

Cara Alami Menghindari Penipisan Pada Rambut

  by: Kissy Aprilia       15/9/2020
    • Penipisan rambut diawali dari kondisi kerontokan yang terjadi semakin parah.
    • Hal ini dapat dihindari secara alami, salah satunya dengan memijat kulit kepala. 


    Ada sejumlah faktor penyebab kerontokan yang berujung pada penipisan rambut. Di era teknologi yang serba canggih ini, sebenarnya kamu bisa saja melakukan perawatan transplantasi dan mendapatkan rambut tebal secara instan. Tapi jika ingin mencoba perawatan yang natural, cara ini dipercaya efektif dapat menghindari penipisan pada rambut.




    Mulai dari makananmu!

    Makan hingga kenyang belum tentu berarti tubuhmu menerima asupan dengan tepat. Pastikan kau mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk merangsang pertumbuhan dan kekuatan rambut, seperti protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12. Kombinasikan sajian tersebut dengan daging tanpa lemak, sauran hijau, kacang-kacangan, serta ikan, agar asupan gizi dalam tubuhmu lebih seimbang. 


    Rutin memijat kulit kepala. 

    Ya, sesimpel itu! Saat memijat kulit kepala, peredaran darah ke folikel rambut menjadi lebih lancar, dan hal ini akan memperpanjang siklus pertumbuhannya. Aliran darah itu pun juga menyediakan lebih banyak oksigen serta nutrisi, seingga folikel rambut berfungsi efektif memperbaiki kerusakan sel-sel di dalamnya. Jika kamu melakukan rutinitas ini setiap sehabis keramas, akar rambut akan tumbuh lebih kuat, tidak mudah rontok, dan tentu saja tidak mengalami penipisan rambut. 


    Belajar mengelola stres.

    Saat mengalami stres, folikel rambut memasuki fase resting (beristirahat). Kondisi ini menyebabkan penurunan pada pertumbuhan rambut dan menjadi rontok. Selain menggunakan produk perawatan rambut, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengelola stres. Singkirkan hal-hal toxic dari hidupmu secara perlahan dan lakukanlah segala sesuatu yang menyenangkan hatimu. Jika rasa stres itu muncul dikarenakan pandemi yang masih berlangsung sampai artikel ini ditulis, temukan langkah baru untuk memulai hidup baru.




    BACA JUGA: Panduan Memulai Hidup Kembali di Masa Pandemi


    Hindari penataan rambut tak sehat.

    Menggunakan hair dryer atau flat iron secara berlebihan dapat membuat rambutmu lebih rapuh dan mudah rontok! Kamu juga sebaiknya tidak mengikat rambut terlalu keras karena dapat membuat kerusakan pada akar rambut. Jika rambutmu tergolong tipis, pilih potongan pendek atau medium dengan sentuhan volume yang membuatnya tampak tebal.


    BACA JUGA: Rekomendasi Potongan Rambut Pendek untuk Rambut Tipis


    (Kissy Aprilia, image: Unsplash)