Beauty

Easy! Ini 5 Cara Mudah Merawat Rambut Keriting di Rumah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       15/9/2020
  • Rambut keriting memang tampak cantik, tapi bisa sulit untuk dirawat! Cosmo rasa semua orang perlu tahu bahwa rambut keriting butuh lebih banyak perawatan daripada rambut lurus, karena mudah terpengaruh oleh perubahan kelembapan, rambut bercabang juga lebih bermasalah, dan kamu tak pernah jauh dari rambut frizzy! Cara kamu merawat rambut tergantung dengan tipe ikal yang kamu miliki, so kalau kamu mencintai rambut keritingmu dan ingin tahu cara terbaik untuk merawatnya, inilah beberapa tips efektif dari Menaka Bhandary, pendiri salon BLOWN di India, tentang cara merawat rambut keriting.


    Mulai dari bawah ke atas

    Saat kamu mencuci rambut keriting menggunakan kondisioner, selalu mulai mengaplikasikannya dari bagian bawah rambut, lalu ratakan ke bagian atas. Terapkan juga peraturan ini ketika menyisir rambut. Memulai dari bagian bawah memudahkanmu untuk mengatasi rambut kusut.



    Cosmo recommends: Sachajuan Curl Conditioner (beli Sephora Indonesia, Rp375.000,-.)



    Jangan keringkan rambut keriting dengan handuk

    Lebih tepatnya, jangan pernah menggosok rambut keriting terlalu 'kuat' dengan handuk untuk mengeringkannya. Alasannya? Itu bisa membuat rambut mengembang alias frizzy. Tepukkan handuk pada rambut secara lembut, atau lebih baik, gunakan T-shirt lama untuk menggantikan handuk agar mengurangi kemungkinan rambut mengembang.


    Gunakan sisir bergerigi jarang

    Hindari menyisir rambut kering, karena ini bisa memisahkan ikal dan membuat rambut mengembang (told ya, kamu tak pernah jauh dari rambut frizzy!). Coba gunakan sisir bergerigi jarang agar rambut tidak terlalu frizzy, dan ingat: sisir rambut dari bawah ke atas, perlahan mengatasi rambut kusut. 


    Less is always best with curly hair

    Hindari menggunakan terlalu banyak produk styling jika memiliki rambut keriting. Berhati-hatilah saat kamu menggunakan produk, untuk memastikan bahwa kamu mengaplikasikannya secara merata dan dalam jumlah yang cukup. Jika tidak berhati-hati, jangan kaget jika kamu menemukan gumpalan produk berlebih pada satu bagian kepalamu. No one wants that, right?

    Cosmo recommends: L'Oréal Paris Extraordinary Oil - Gold (beli di Sociolla, Rp135.000,-.)






    Night serum selalu membantu

    Jaga ikalmu agar tetap utuh semalaman dengan menggunakan 8H Magic Night Serum dari Kérastase—cara terbaik adalah mencepol rambut di bagian atas kepala, lalu dipelintir untuk mengurangi gesekan selama kamu tidur.

    Cosmo recommends: Kérastase 8H Magic Night Serum (beli di Sociolla, Rp530.000,-.)


    Coba trik ini untuk memelihara rambut keritingmu, agar tetap bouncy dan berkilau dengan sehat. Percaya deh, setelah ini rambutmu tak akan lepek, mengembang, atau mengempis.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: ian dooley on Unsplash)